Tanaman buah di halaman rumah

Halaman atau pekarangan rumah meliputi tanah di depan, samping, dan belakang, di sekitar rumah. Apalagi di pedesaan, tanah pekarangan yang cukup luas, alangkah sayangnya jika di sekitar rumah itu tidak dimanfaatkan.

Untuk itu bisa dimanfaatkan sebagai tanaman buah di halaman rumah yang dapat memberikan hasil yang mampu meningkatkan gizi makanan. Tidak saja sayur-sayuran, tetapi buah-buahan, ternak yang dipelihara, dan ikan di kolam pekarangan serta telur.

Kesemuanya itu untuk kesehatan, terutama untuk anak-anak. Pekarangan di depan rumah dapat ditanami tanaman hias. Tanaman hias adalah semua jenis tanaman yang menarik, baik itu batangnya, bentuk atau warna daunnya, bentuk dan warna buahnya, dan kewangian bunganya dapat memberikan keindahan.

Dengan tanaman,udara menjadi segar, sehat, dan bersih. Pekarangan mempunyai berbagai macam manfaat. Kita dapat menanam menanam tanaman yang menghasilkan obat-obatan secara sederhana, misalnya kencur, jahe, kunyit, laos, temu lawak, dan lain-lain.

Anggaplah tanaman di pekarangan kita itu semacam apotek hidup. Sayur-sayuran selama ini ditanam orang untuk diambil hasilnya. Walaupun demikian, ada juga tanaman sayur yang berfungsi sebagai tanaman hias yang dapat dinikmati keindahannya.

Penempatan jenis sayuar-sayuran dapat diatur dengan memperhatikan tinggi rendahnya tanaman, kasar dan halusnya daun, komposisi warna buah, dan sebagainya. Tanaman sayur-sayuran yang ditanam di halaman rumah, antara lain, adalah labu, pare, mentimun, ketela, cabai dan cabai rawit, tomat, bayam, kangkung dan terung.

Sayur-sayuran kaya akan mineral, protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin dapat membantu pencernaan makanan, merangsang napsu makan, dan mengaktifkan kelenjar air ludah, pankreas, dan hati di samping dapat juga merangsang pengeluaran cairan lambung. Sayuran membantu proses kimiawi pencernaan daging, ikan, dan lemak.

Protein sayuran ternyata sama baiknya dengan protein hewani. Daun pisang, daun tebu, kubis, dan sayuran hijau lainnya, dapat dipergunakan sebagai sumber protein murah. Beberapa macam sayuran, seperti labu dan mentimun, berkhasiat memperlancar pengeluaran air seni sehingga bisa mencegah penyakit oedema, ginjal, jantung, dan hipertensi.

Berbagai meneral dalam kacang-kacangan dan sayuran buah, penting untuk pembentukan darah. Makan sayuran mentah membuat awet muda dan selalu segar. Serat sayuran mengembangkan usus sehingga sembelit bisa di cegah. 

Serat selulosa dalam kubis, wortel, mentimun, dan kacang polong dapat membantu mengatasi gangguan kolesterol. Sayur-sayuran, seperti labu, tomat, daun slada, dan kentang dapat membantu menyembuhkan peradangan usus. Di samping itu, sari sayur-sayuran juga berkhasiat besar.

Berikut ini beberapa contoh kegunaan dan manfaat sayur-sayuran.

manfaat buah dan sayuran untuk kesehatan

1. Wortel

Wortel mengandung enzim pencernaan dan berfungsi diuretik. Mengunyah wortel sesudah makan, berkhasiat membunuh kuman yang berbahaya dalam mulut, dan membersihkan gigi. Wortel juga menyembuhkan sembelit, menghilangkan bau busuk dalam perut, mencegah pendarahan dan kerusakan gusi.

Makan wortel secara teratur mencegah pembentukan tukaklambung dan penyakit pencernaan yang lain. Daun wortel kaya akan gizi. Jika minum segelas sari daun wortel segar, ditambah dengan sejimpit garam dan sesendok teh sari jeruk nipis, kebutuhan sehari akan vitamin A, B, C, Zat kapur, zat besi, dan sebagainya telah terpenuhi.

Selain itu, wortel juga berkhasiat mempengaruhi pencernaan makanan, mencegah pembentukan endapan dalam saluran kencing, memperkuat mata, paru-paru, jantung, dan hati. Daun wortel segar dikunyah, dapat menyembuhkan luka dalam mulut, menghilangkan napas bau, mencegah pendarahan gusi dan sariawan.

Sari daun wortel dapat dioleskan sebagai pengobatan luar untuk gatal-gatal pada kulit kering. Sesendok teh sari daun wortel dicampur dengan sejimpit bubuk kunyit dipijatkan di seluruh wajah dapat menyembuhkan jerawat dan noda-noda hitam. Bila hal itu dilaksanakan secara teratur, kulit wajah kita menjadi lebih bersih dan tidak kering.

Cara membuat resep wortel

  • Segelas sari wortel yang dicampur dengan madu sesendok makan dan sesendok teh sari jeruk nipis, diminum sebelum makan pagi, manfaatnya akan menanggulangi gangguan mual-mual pagi hari pada wanita hamil, gangguan empedu, radang lambung, kencing sedikit, dan tubuh letih lesu.
  • Wortel juga menambah daya tahan tubuh, melawan dingin, mencegah infeksi, mencegah rabun malam, memperlambat penuaan, mencegah lemah saraf, membantu ingatan yang kurang berfungsi dengan baik, dan sebagainya.
  • Di samping memperkuat organ tubuh yang vital, seperti jantung, otak, hati, dan paru dengan menambahkan segelas sari buah pare pada ramuan tadi dan diminum selama 6 bulan, konon dapat menyembuhkan penyakit kencing manis, terutama pada masa pencegahan sejak dini.


2. Mentimun

Mentimun kaya akan gizi dan mudah dicerna, bersifat diuretik, mencegah rasa haus, serta membantu pencernaan.

Cara membuat resep mentimun

Segelas sari mentimun dicampur dengan sesendok teh madu dan sesendok teh sari jeruk nipis segar, diminum 2 kali sehari, bermanfaat memperlancar pembuangan air kecil, pada penderita penyakit darah tinggi, keracunan saat hamil, kencing yang sedikit yang disebabkan oleh kekurangan cairan.

Setiap hari minum secangkir sari mentimun dicampur dengan segelas yoghurt cair serta sejimpit garam, akan mencegah pengaruh buruh sinar matahari yang akan menyebabkan kita segar, berseri sepanjang hari.

Untuk kecantikan

  • Oleskan parutan mentimun di wajah dan leher, biarkan selama setelah jam, lalu bersihkan. Pemakaian secara teratur, dapat mencegah jerawat, noda hitam, wajah cepat berkerut, kekeringan kulit, dan dapat menyebabkan awet muda. 
  • Biji mentimun yang diratakan pada telapak kaki, konon bisa membuat orang mudah tidur nyenyak dan dapat menyembuhkan rasa panas pada telapak kaki dan mata.


3. Pare

Pare banyak digunakan dalam ramuan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit kencing manis. Daunnya juga berfungsi sebagai obat.

Resep pare

  • Tiga sendok teh sari buah pari dicampur dengan segelas yoghurt cair, dimunum setiap pagi selama satu bulan, konon merupakan obat yang efektif untuk wasir atau ambeien. Ramuan itu juga dapat digunakan untuk mengatasi mabuk dan kerusakan pada hati karena terlalu banyak minum alkohol.
  • Dua sendok teh ramuan tadi dicampur sari bawang putih segar dalam takaran yang sama dan satu sendok teh sari jeruk sitrun konon bisa mencegah diare. Cara serupa juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit kuning dan batuk rejan.
  • Sari daun pare segar sebanyak 27 gram dicampur dengan 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih, dan 27 gram gula jawa jika diminum setiap hari selama tiga sampai empat bulan dapat berfungsi sebagai obat yang efekif untuk mengobati kemandulan pada wanita.
  • Sebagai obat luar, sari daun pare juga dapat digunakan sebagai antiseptik. Daun pare dipanaskan lalu dikompreskan pada payudara berkhasiat menambah produksi air susu ibu. Sari daun pare dioleskan di sekitar mata, konon dapat menyembuhkan rabun malam.
  • Secangkir sari daun pare segar yang dicampur dengan satu sendok teh sari limau dan diminum seteguk demi seteguk ketika perut kosonng dan diminum setiap hari selama empat sampai enam bulan dapat menyembuhkan aneka gangguan penyakit yang dikarenakan oleh darah kurang bersih, misalnya kudis, gatal-gatal, cacing gelang, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kulit.
  • Secangkir sari pare segar dicampur dengan madu satu sendok makan dan diminum sekali sehari, selama tiga bulan, dapat menyembuhkan asma, bronkhitis, anemia, radang perut, sakit pada hati, nyeri, haid, rematik, dan kegemukan. Jika dimakan dengan teratur berkhasiat menguatkan jantung dan otot, sistem urat saraf, melindungi hati, mencegah parasit usu, dan sebagainya.


Bawang merah

Bawang merah mempunyai efek antiseptik. Pada masa lalu konon bawang merah dimakan, sesudah kita makan nasi, merupakan tindakan pencegahan terhadap kolera, disentri, dan diare. Umumnya bawang merah digunakan sebagai obat untuk mencegah dan menyembuhkan radang usus dan lambung.

Bawang merah goreng dianggap sebagai obat disentri basiler, menurut pengobatan tradisional di india. Mengunyah daun bawang setelah makan dapat menghilangkan bau napas yang tidak enak. Daun bawang juga dapat memperbanyak air ludah, membantu pencernaan, menyembuhkan penyakit kuning, memperkuat hati dan membantu menyembuhkan wasir.

Membuat resep herbal bawang merah

  • Bawang merah digoreng menggunakan minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat gosok untuk mengurangi rasa sakit karena bengkak pada persendian tulang, rematik, atau tulang yang tergeser.
  • Bawang merah yang dipanggang bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit pada penderita wasir. Jika telapak kaki belah-belah, olesi dengan bawang merah yang dimemarkan, niscaya cepat sembuh.
  • Beberapa iris bawang merah mentah direndam dalam cuka atau sari jeruk sitrun dan dimakan setelah makan nasi, dapat mencegah kerusakan gigi, sakit pencernaan, dan keracunan makanan.
  • Satu sendok teh sari bawang merah dengan madu 4 sendok teh dan dua buah telur setengah matang, dimakan sehari sekali selama 2 sampai 3 bulan, konon memperkuat sistem urat saraf dan mencegah datangnya uban yang terlalu dini.
  • Bawang merah rebus dicampur gula jawa berkhasiat menambah berat tubuh. Makan bawang merah rebus dengan cuka atau sari jeruk sitrun, garam, dan daun ketumbar yang segar dimakan setiap hari selama dua minggu, dapat menyembuhkan wasir, pembesaran hati dan limpa, kejang usus, sakit empedu, gangguan pencernaan, dan kebanyakan gas dalam perut.
  • Untuk mengobati batuk rejan dan bronkhitis, potonglah sebuah bawang merah menjadi potongan kecil, tambahkan gula dan sisihkan selama 10 jam, kumpulkan bagian yang berair dan minumlah satu sendok teh dua kali sehari secara teratur hingga penyakit itu sembuh.
  • Satu sendok teh sari bawang merah segar dicampur dengan jeruk sitrun dalam takaran yang sama diminum dua kali sehari, konon dapat menyembuhkan pembesaran limpa.
  • Menghirup aroma bawang merah segar yang dimemarkan dapat meringankan gangguan pilek, radang selaput lendir hidung, dan sakit kepala bagian depan dan menyembuhkan gejala sakit ayan dengan cara meneteskan 3-5 tetes sari bawang merah yang dipanaskan pada hidung.
  • Sari bawang merah dapat menyembuhkan sakit telinga yang disebabkan oleh angin dingin. 
  • Sari bawang merah segar dioleskan pada kening sebagai obat untuk sakit kepala yang disebabkan oleh influenza dan hidung tersumbat.
  • Sari bawang merah juga efektif untuk mengobati bekas gigitan kalajengking dan sengatan lebah jika dioleskan sebagai obat luar.
  • Sari bawang merah yang dicampur dengan sedikit bubuk kunyit, efektif untuk pengobatan sakit kudis, gatal-gatal pada bagian tangan dan kaki karena kedinginan.

Bawang putih

Selain sebagai bumbu, bawang putih berfungsi sebagai obat yang manjur. Sejak zaman kuno bawang putih merupakan obat untuk mengeluarkan gas dari dalam perut, mencegah timbulnya gas dalam perut dan merupakan tonikum untuk urat saraf.

Minyak dalam bawang putih berkhasiat memberihkan darah dalam tubuh dan menahan rasa sakit. Di samping itu, bawang putih juga baik untuk pelumas pada bagian-bagian yang dipijat. Bau busuk karena bisul atau radang kulit, dapat diatasi jika dicuci dengan cairan sari bawang putih.

Sesiung bawang putih yang dihaluskan, juga dapat untuk mengobati luka sengatan kalajengking dengan cara megoleskan bagian yangluka. Disamping itu, juga dapat mencegah keracunan karena gigitan binatang piaraan.

Resep herbal bawang putih

  • Tiga siung bawang putih yang direbus dalam segelas susu, dimakan setiap malam, dapat menyembuhkan asma.
  • Sebutir bawang putih dikupas, dipotong kecil-kecil dan direbus dalam 108 gram cuka murni, setelah dingin, saringlah dan tambahkan madu dalam takaran yang sama, campurkan dengan sempurna dan simpanlah dalam botol yang bersih. Siapkan air rebusan biji dan daun klabet, ambillah dua sendok teh cairan bawang putih tadi dan campurlah dengan satu sendok teh ramuan klabet tadi, hasilnya dapat digunakan sebagai obat asma.
  • Cairan bawang putih yang sama dicampur dengan satu sendok teh sari jahe, berkhasiat menyembuhkan aneka gangguan pencernaan makanan, kejang usus, diare, dan disentri.
  • Bawang putih dimakan tiap hari dalam keadaan perut kosong, konon dapat membatu menurunkan berat badan, mencegah kolesterol.
  • Bawang putih yang dipanggang dapat digunakan untuk obat mengatasi keputihan pada wanita.
  • Bawang putih dan lada hitam ditumbuk halus lalu dioleskan pada leher, dapat mengatasi gangguan suara serak.
  • Sari bawang putih yang direbus dalam segelas air dan diminum 3 kali sehari (27 gram setiap kali) dapat menyembuhkan penyakit mengantuk, nyeri haid, selesma, kencing sedikit, demam, dan lain-lain.
  • Sari bawang putih segar juga membantu mengobati batuk rejan dan TBC.
  • 10 -30 tetes sari bawang putih ditambah sedikit madu berkhasiat mengusir cacing gelang dan cacing pipih pada anak-anak.

Bayam

Sayuran hijau ini mengandung banyak gizi. Setengah cangkir sari bayam segar sama nilainya dengan 2 cangkir susu murni atau 5 butir telur. Benar-benar menguntungkan bagi orang yang kurang mampu. 

Satu cangkir penuh sari bayam segar, diminum dua atau tiga kali sehari merupakan sumber vitamin dan tonikum terbaik untuk merawat orang yang kurang gizi, anemia, sakit liver, sakit kuning, dan sebagainya. Makan sayuran ini berkhasiat mengatasi kekurangan vitamin A, B, C, kalsium, zat besi, dan kalium.

Sampai dengan batas tertentu bayam juga berkhasiat melindungi mata dari akibat pernapasan, pertumbuhan badan yang jelek, kemandulan, dan serangan panas dingin. Makan bayam yang dimasak dengan madu dapat menyembuhkan tukak lambung, sembelit yang kronis, keputihan, dan kelainan pada liver.

Sari bayam segar dicampur dengan madu, merupakan obat untuk bronkhitis yang kronis, asma, dan TBC. Jika minum sari bayam segar satu cangkir setiap hari, dicampur dengan madu dan sejimpit bubuk kepulaga, selama masa hamil, pertumbuhan bayi akan terjamin, melenturkan otot rahim, mencegah pemborosan penggunaan kalsium, zat besi dalam tubuh, dan memudahkan persalinan.

Daun bayam juga berkhasiat mengurangi komplikasi sesudah persalinan. sebagai tonikum, bayang juga dapat menambah jumlah air susu ibu. Satu sendok teh sari bayam segar dicampur dengan beberapa tetes madu, diberikan sehari sekali kepada bayi, setelah 2 minggu sesudah kelahiran, akan membantu sembelit dan mempermudah proses pertumbuhan giginya.

Proses menua yang cepat dapat ditanggulangi atau diperlambat dengan cara minum sari daun bayam segar secara teratur.

Resep dari bayam

  • Satu mangkuk sari daun bayam dicampur dengan satu sendok sari jeruk sitrun, diminum setiap malam, merupakan tonikum pencegah pendarahan hidung, gusi, dan paru, serta pendarahan berlebih pada masa haid.
  • Sari bayam yang sama juga memperlancar pengeluaran air seni, mengurangi kolesterol darah, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan jantung dan urat saraf.


Bayam untuk kecantikan

  • Sari daun bayam yang dioleskan pada kulit kepala dan rambut merangsang pertumbuhan rambut, membantu mempertahankan warna hitam, dan mencegah rambut cepat beruban.
  • Sari daun bayam segar dicampur sejimpit kunyit, dioleskan ke seluruh wajah berkhasiat memutihkan kulit, mencegah kekeringan dan kerut-kerut, membantu menyembuhkan jerawat, dan menjaga kesegaran kulit.
  • Susu murni dicampur dengan sari jeruk sitrun, ditambah sari bayam, dioleskan pada wajah serta leher, selama setengah jam lalu dicuci dengan air hangat, yang dilakukan setiap malam sebelum tidur, berkhasiat menyegarkan atau menguatkan kulit.
  • Gatal-gatal karena kekeringan, penyakit kudis, eksim, dan lain-lain, oleskan sari bayam segar dicampur dengan sejimpit belerang selama setengah jam sebelum mandi setiap hari sampai ada perbaikan.
  • Biji bayam direbus dengan gula jawa, bisa diminum sebagai obat keputihan dan pendarahan yang berlebihan selama haid. Ukurannya adalah setengah sampai satu sendok teh diminum sekali atau dua kali selama satu bulan.
Sejak zaman dahulu, buah-buahan merupakan salah satu makanan manusia. Kitab suci Alquran menyebutkan bahwa buah-buahan, seperti kurma, anggur, zaitun, delima, dan sebagainya adalah buah-buahan surgawi yang dihadiahkan Tuhan kepada manusia. 

Bahkan, Adam manusia pertama di dunia, telah makan buah surgawi itu. Orang-orang Yunani dan Romawi makan buah-buahan untuk kesehatan dan kekuatan. Hal ini menunjukan bahwa buah-buahan penting untuk kesehatan.

Buah-buahan mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, asam minyak yang mudah menguap, pektin, serat, gula, dan lain-lain. Bahan-bahan kimia dalam bentuk murni inilah yang menentukan nilai gizi dan daya penyembuh dalam buah-buahan.

Buah-buahan berperan penting terutama bagi mereka yang banyak memeras otak, orang-orang jompo, anak-anak muda, dan bagi mereka yang baru sembuh dari sakit. Makan buah dengan teratur langsung berpengaruh pada susunan saraf, mempertinggi daya tahan tubuh sehingga mencegah penyakit.

Buah-buahan dapat membantu agar jantung berfungsi dengan baik, menyeleraskan pencernaan makanan, urat saraf, dan peredaran darah. Selain itu, makanan buah-buahan dengan teratur akan mempertajam ingatan, meringankan tekanan mental, mengatasi kelelahan urat saraf dan mengatasi kesulitan tidur.

Sari buah dan nasi berkhasiat mengurangi tekanan darah tinggi. Infeksi yang disebabkan oleh jasad renik tertentu dan kekurangan gizi, dapat dicegah dengan makanan buah-buahan secara teratur. Melihat manfaatnya, buah-buahan pantas disebut mekanan dewa-dewi.

Pisang

Buah pisang langsung dapat dimakan begitu saja dan tidak perlu dimasak. Selain mudah dicerna, pisang juga memberikan energi. Sebuah pisang ambon mengandung energi sama banyak dengan tiga buah apel.

Pisang dapat diberikan sebagai bahan penguat tubuh. Pisang yang dilembutkan dan dicampur dengan kurma, madu, dan susu, setiap hari merupakan cara alamiah terbaik memperkuat daya tahan tubuh.

Selain kaya energi, pisang juga memberikan makanan kepada sel-sel tubuh yang sudah tua. Pada wanita hamil, dan memperlancar kelahiran. Sebuah pisang yang masak mengandung serotonin, suatu bahan kimia yang menghambat pengeluaran yang berlebih dari asam hydrochlorik di dalam perut.

Jadi, pisang dapat membatu pengobatan gangguan pencernaan tukak lambung dan sebagainya. Biasanya, pisang dimakan bersamaan susu sehingga asam lambung itu dinetralkan oleh susu yang diminum.

Pengeluaran asam lambung selanjutnya dicegah oleh serotonin. Zat pektin yang terdapat dalam pisang bertindak sebagai perisai yang menutupi permukaan lambung dan usus yang meradang.

Pisang juga membantu mengatasi penyakit kekurangan zat besi dan memperlancar penyerapan vitamin B-kompleks ke dalam usus. Pisang hanya sedikit mengandung lemak dan sama sekali tidak mengandung kolesterol.

Pisang sebagai obat

  • Lumatkan sebuah pisang sampai halus, campurlah dengan segelas air kelapa muda dan sedikit madu. Saringlah campuran tadi dengan bahan yang tipis. Hasil saringan itu berkhasiat bagi penderita campak, hepatitis, tuberkulose, radang tonsil, dan sebagainya. 
  • Pisang dicampur madu dan yoghurt berkhasiat mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit TBC.
  • Penderita sakit bronkhitis yang kronis dapat memakan pisang yang di dalamnya berisi dua butir cengkih dan lima butir merica yang didiamkan semalam. Silahkan makan setiap pagi selama 2 minggu, mudah-mudahan akan kelihatan hasilnya.
  • Makanan sebuah pisang ditambah dengan minum segelas susu setiap malam merupakan pengobatan terhadap sembelit, wasir, pendarahan, sariawan, dan yang mengalami penyakit kesulitan tidur.


Pisang untuk perawatan kecantikan

Sebuah pisang yang dimasak dilumatkan dan dicampur dengan satu sendok teh air tawar dapat digunakan sebagai masker wajah, kerjakan sekali sehari selama 1 jam. Kemudian cucilah muka dengan air suam-suam kuku. 

Jika hal itu dilakukan dengan teratur, wajah akan menjadi lebih halus. Campuran itu juga akan menghilangkan bintil-bintil pada wajah, jerawat, mencegah wajah kering dan kerut-kerut yang muncul sebelum waktunya. Jerawat akan cepat sembuh jika diolesi dengan ramuan masker ini.

Pepaya

Pepaya mentah kaya akan papaine, yaitu enzim pencerna makanan yang hebat. Pepaya muda dimakan dengan garam dapur, jintan, dan sari jeruk, sangat berkhasiat untuk mengatasi sembelit, dyspepsia, cacing gelang, kesulitan mencerna karbohidrat, dan kekurangan air susu ibu.

Jika memasak daging dicampur dengan beberapa iris buah pepaya, dagingnya akan mudah dicerna karena empuknya. Pepaya muda dicampur biji jinten dan lada hitam dimakan setiap hari sekali, berkhasiat menyembuhkan pembesaran limpa yang disebabkan oleh penyakit malaria.

Beberapa tetes sari buah pepaya muda yang masih segar, dicampur dengan madu, akan berkhasiat memperlancar air susu ibu. Beberapa tetes sari getah pepaya muda yang keputih-putihan seperti susu dapat merupakan obat jerawat, melenyapkan noda hitam, cacat, kurap, dan sengatan serangga.

Pepaya yang sudah masak, banyak mengandung gizi, pencahar dan sumber vitamin A, berguna untuk mencernakan makanan, ribollafine, dan enzim papaine. Beberapa iris pepaya yang dimakan segera setelah makan utama, membantu pencernaan dan memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan setiap hari, di samping dapat mengusir cacing dari dalam usus.

Makan pepaya setiap hari, dapat mencegah pembengkakan dalam kandung kemih. Pepaya dicampur dengan kuning telur rebus merupakan obat yang ampuh untuk menyembuhkan stomatis (radang mulut), hati yang kurang berfungsi, bisul, ingatan yang lemah, kekurangan air susu ibu, dan daya tahan tubuh secara menyeluruh.

Baca juga : Pepaya banyak manfaat untuk kesehatan

Resep buah pepaya

  • Jika resep tadi dicampur dengan sari bawang putih, campuran itu akan menjadi obat penguat hubungan intim untuk orang yang gugup dan lemah. 
  • Pepaya yang sudah masak dicampur dengan madu, berkhasiat mengatasi ketidakberesan saluran air seni, berbagai gangguan jantung, hati, otak, urat saraf, darah, wasir, dan sembelit.
  • Pepaya dicampur susu dan madu merupakan tonikum yang baik sekali untuk pertumbuhan anak, wanita yang sedang hamil, dan yang sedang menyusui.
  • Pengompresan dengan daun pepaya yang dipanaskan dapat merangsang produksi air susu ibu.
  • Membersihkan kulit dengan remasan daun pepaya, konon dapat memutihkan kulit wajah.
  • Pengompresan dengan perasan daun pepaya di daerah yang terkena wasir, mengecilkan dan menghentikan pendarahan.
  • Secangkir perasan daun pepaya efektif sebagai obat pencahar dan membinasakan cacing. Namun, pepaya mentah harus dihindarkan dari wanita yang sedang hamil muda.


Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, zat besi, kalium, gula, dan asam sitrat. Dari semua jenis buah-buahan, jeruk adalah yang paling sesuai dimakan untuk segala usia. Sari buahnya merupakan makanan cair yang paling ideal untuk menambah tenaga, meningkatkan pengeluaran air kencing, menggalakkan daya tahan tubuh, melawan infeksi dan mempercepat kesembuhannya.

Makan jeruk secara teratur akan terhindar dari serangan selesma, influenza, dan pendarahan. Di samping itu, jeruk akan membuat kita sehat dan berusia panjang. Sari jeruk berfungsi sebagai pelancar pembentukan air seni dan tonikum bagi jantung, mengatur pengeluaran cairan empedu, memberi efek pendinginan, dan mengurangi keasaman darah.

Manfaat jeruk

  • Konon jeruk peras ditambah dengan madu, dapat membatu mengatasi gangguan jantung. 
  • Segelas air jeruk ditambah sejimpit garam dan sesendok madu, berkhasiat mengobati tuberkulose, asma, masuk angin, dan bronkhitis.
  • Air jeruk juga memperlancar pengeluaran lendir dan melindungi paru dari infeksi tulang. 
  • Sari jeruk dicampur dengan sedikit lada dan garam bermanfaat sebagai obat gangguan pencernaan makanan yang disebabkan oleh makanan yang terlalu berlemak, mual-mual yang disebabkan oleh pengeluaran empedu berlebihan.
  • Sari jeruk juga berkhasiat menyembuhkan pendarahan karena wasir, rasa haus yang berlebihan, dan demam. 
  • Air jeruk dicampur dengan air kelapa muda, memperlancar pengeluaran air seni dan mengurangi perasaan seperti terbakar pada waktu buang air.
  • Minum sari jeruk dengan teratur akan mempertinggi daya tahan tubu terhadap semua penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin C.
  • Minum sesendok teh sari jeruk segar setiap hari, berkhasiat bagi pertumbuhan tubuh seorang bayi, mencegah timbulnya kelainan pencernaan sampai batas-batas tertentu.
  • Minyak yang terdapat pada kulit jeruk dapat berfungsi sebagai kosmetika. 
  • Gosokkan kulit jeruk itu pada wajah sebelum tidur secara teratur, mudah-mudahan jerawat akan hilang. Kulit jeruk juga bisa menyembuhkan gangguan kulit kronis, seperti eksim kering, kudis, dan sebagainya.
  • Untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe dapat mempergunakan air hasil remasan bunga jeruk sebagai tonikum rambut.
  • Harum bunga jeruk yang masih segar menggugah kekuatan metal dan kepekaan perasaan.
  • Bunga jeruk yang segar dicampur dengan madu merupakan tonikum yang efektif untuk jantung dan saraf.
  • Makan bunga jeruk segar juga menambah stamina dan membantu pencernaan.
  • Air perasan bunga jeruk yang dioleskan pada payudara sambil dipijat-pijat, akan membantu mengurangi lemak yang ada sekaligus mengencangkan payudara.

Nanas

Sari buah nanas mengandung enzim bromelin yang bermanfaat bagi pencernaan makanan. Oleh karena buah nanas kaya akan serat, buah itu bermanfaat untuk mengobati sembelit. Nanas banyak mengandung zat kalium sehingga dapat mengobati gangguan pada saluran air kencing.

Makan nanas secara teratur dapat mengurangi pengaruh jelek karena terlalu banyak merokok dan dapat menurunkan demam. Segelas sari nanas segar dicapur dengan sejimpit lada dan garam, diminum sekali sehari, konon bisa menyembuhkan mual-mual pada pagi hari, pengeluaran empedu berlebihan, selesma, wasir, sariawan, dan kurang darah.

Jika tenggorokan kena infeksi, berkumur dengan sari buah nanas segar, mudah-mudahan sembuh. Nanas juga berkhasiat menyembuhkan penderita sakit kuning, gangguan ginjal, dan jantung. Pengobatan tradisional untuk mengurangi rasa gatal karena penyakit eksim dan kudis, adalah dengan cara mengoleskan sari nanas segar pada daerah yang diserang penyakit itu.

Semangka

Dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, semangka mengandung paling banyak air. Semangka juga kaya akan garam kalium sehingga mempunyai khasiat mengobati gangguan pada saluran kencing, meniadakan batu dalam kandung kemih, dan ginjal.

Segelas sari buah semangka segar dicampur dengan sesendok makan madu, bermanfaat untuk mengobati keluhan jantung, pembuluh darah, ketidak beresan ginjal, dan tekanan darah. 

Makanan semangka secara beraturan dalam musim kemarau dapat menghilangkan rasa haus, mencegah kehilangan mineral karena keringat yang terlalu banyak keluar, dan mencegah pengaruh buruk radiasi panas.

Jika anda menderita demam, sari buahnya yang dicampur madu cepat mengurangi penderitaan anda karena mengandung banyak gizi dan air. Segelas sari buah semangka dicampur dengan air jeruk, berfungsi mengatasi dihidrasi akibat radang usus, gangguan lambung, disentri, kejang usus, mual-mual, dan bronkhitis kronis.

Jika sembelit selalu mengganggu, makan buah semangka secara teratur tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, tetapi juga membantu gerakan alamiah otot dubur dengan memberikan kelembapan dalam usus.

Segelas sari buah semangka dicampur dengan yoghurt encer dalam jumlah yang sama ditambah sejimpit garam, berkhasiat menyembuhkan penyakit kuning, gangguan pada empedu, mulut yang terasa kering, dan rasa panas pada saluran kencing.

Mangga

Mangga yang masih hijau merupakan sumber vitamin C, B1, B2 dan niacin yang lumayan. Di India, mangga yang hijau dipergunakan sebagai obat gangguan pencernaan, gangguan empedu, dan gangguan darah.

Satu atau dua buah mangga muda yang kecil bermanfaat mengatasi diare, disentri, wasir, mual-mual pagi hari, dyspepsia kronis, gangguan pencernaan makanan, dan sembelit. Rasa asam yang terdapat dalam mangga hijau (muda) menambah banyak pengeluaran air empedu dan berfungsi sebagai antiseptik usus.

Oleh karena itu, jika anda makan mangga muda dicampur dengan madu dan lada setiap hari, Anda akan terhindar dari gangguan empedu dan mual-mual. Mangga muda juga mempunyai daya penyembuh kelenturan pembuluh darah, membantu penyerapan zat besi, mencegah pendarahan, dan menyembuhkan penyakit sariawan.

Jika anda makan sebuah mangga mentah setiap hari, anda akan terhindar dari penyakit infeksi, dan daya tahan tubuh anda bertambah. Mangga, juga meniadakan rasa lelah yang timbul akibat suhu tinggi selama musim kemarau.

Resep dari buah mangga

  • Buah mangga yang dipukul serta dikupas dapat digunakan sebagai kompres kelopak mata untuk menghilangkan rasa panas pada mata. 
  • Buah mangga yang dimasak dengan daun asam muda, merupakan obat bagi penderita penyakit kuning, keluhan pada ginjal, wasir, dubur yang terasa panas, dan mengurangi suhu tubuh selama musim kemarau.
  • Getah ranting mangga dipakai untuk obat luar, bagi penyakit eksim kronik, kudis, gatal-gatal, cacingan, dan sebagainya.
  • Jika mengunyah kulit mangga yang masih muda, konon napas yang busuk akan hilang dan gusi yang berdarah akan sembuh.
  • Kulit mangga yang digoreng merupakan obat pendarahan yang berlebihan selama masa hair.
  • Sesendok teh pasta yang terbuah dari kulit mangga, dicampur dengan segelas yoghurt cair, diminum tiga kali sehari, dapat mengobati diare, disentri, dan wasir.

Mangga masak

Makan sebuah mangga yang masak memberikan energi (tenaga) kepada seseorang, menambah nafsu makan, membantu pencernaan makanan, dan menyembuhkan sembelit. Bahkan, mangga juga efektif untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi. 

Jika makan buah mangga masak secara teratur, kita terhindar dari penyakit rabun malam dan penyakit mata yang lain. Pembentukan epithelium yang sehat akan terangsang dan serangan penyakit infeksi pada saluran pernapasan, seperti pilek dan sebagainya dapat dicegah.

Selain itu, mangga juga berkhasiat memperkecil gangguan mental, kelemahan pendengaran, kehilangan daya penciuman, tidak bisa tidur, dan penyakit saraf. Penyakit kurang darah konon juga dapat disembuhkan karena mangga banyak mengandung zat besi.

Resep mangga matang

  • Segelas sari mangga dicampur dengan madu dan susu berkhasiat sebagai tonikum untuk merangsang nafsu makan, ingatan, dan menambah berah tubuh.
  • Sari mangga masak dicampur dengan sari mangga yang belum masak dan sesendok makan sari daun ketumbar yang masih segar, jika diminum secara teratur oleh wanita hamil, akan berkhasiat membina daya tahan janin terhadap infeksi.
  • Ramuan itu, juga membantu pertumbuhan janin dan mempermudah kelahiran bayi.
  • Segelas sari mangga dicampur dengan setengah gelas sari wortel, diminum sekali atau dua kali setiap hari selama beberapa bulan, berkhasiat menghancurkan batu dalam kandung kemih dan ginjal. Ramuan itu juga berkhasiat mencuci bersih zat yang tersisa di tubuh sehingga warna kulit jadi lebih sehat dan dapat mencegah tumbuhnya jerawat.
  • Sari daun mangga yang masih muda, diminum sehari tiga kali satu sendok makan, dapat menyembuhkan kencing manis tahap dini. Ramuan ini dicampur dengan sesendok makan sari pare segar, diminum setiap pagi, juga bermanfaat sebagai obat penyakit kencing manis.

Sumber : Poppy sudjana


No comments for "Tanaman buah di halaman rumah"