Yuk Mengenal Lebih Jauh Tentang Live Worksheet!

mengenal trend komunikasi digital

Sebagai seorang guru Anda pasti banyak menggunakan aplikasi untuk mengetahui kemampuan kognitif dari para murid. Biasanya aplikasi yang sering digunakan ialah quiziz atau google form, yang mana keduanya mampu membantu permasalahan Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa bukan hanya kedua aplikasi tersebut yang dapat membantu Anda. Pada zaman modern ini banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan, salah satunya live worksheet.

Lalu, apa itu live worksheet? Bagaimana cara menggunakannya? Apa kelebihan dan kekurangan? Kenapa harus live worksheet? Semua pertanyaan itu bisa Anda dapatkan pada penjelasan berikut!

Baca juga : Teknologi IOT untuk lansia

Apa Itu Live Worksheet?

Live worksheet merupakan sebuah website yang akan membantu Anda dalam mengubah lembar kerja tradisional ke dalam latihan online yang dapat mengoreksi diri sendiri.

Yang mana dengan kemampuan yang dimiliki oleh website satu ini, dapat membantu siswa, guru maupun lingkungan. Kenapa demikian? Karena website ini akan membantu siswa untuk lebih termotivasi.

Sedangkan, untuk guru akan membantunya dalam menghemat waktu dan untuk lingkunagan sangat membantu dalam menghemat kertas. Jadi semua komponen yang terlibat akan mendapatkan keuntungannya masing-masing.

Apa Kegunaan Live Worksheet?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa website satu ini akan membantu Anda untuk mengubah lembar kerja tradisional menjadi latihan soal interaktif. Yang mana hal ini sangat berguna bagi Anda, para murid dan lingkungan.

Dengan begitu, Anda tetap bisa memantau pengetahuan kognitif dari para murid daat sekolah daring. Yang mana lembar kerja ini juga sering disebut “Lembar kerja interaktif”.

Apa Manfaat Live Worksheet?

Nah, untuk manfaat live worksheet sangat banyak, salah satunya ialah akan menghemat waktu guru untuk mengoreksi latihan para siswa. Selain itu, dengan menggunakan website ini akan membantu lingkungan untuk lebih menghemat kertas.

Bukan hanya itu saja loh, para siswa juga akan lebih termotivasi untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Mengapa demikian? Karena website ini berbeda dengan aplikasi-aplikasi lain yang sudah tersebar.

Yang mana website ini memanfaatkan sepenuhnya teknologi yang diterapkan pada pendidikan. Yang mana Anda bisa membuat latihan soal yang beraneka ragam, bukan hanya pilihan ganda saja.

Anda bisa meminta siswa untuk melakukan latihan berbicara dengan mikrofon, membuat latihan seret dan lepas, pilihan ganda, menggabungkan dengan panah, menggunakan suara dan video.

Kekurangan dan Kelebihan Live Worksheet

Walaupun memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi lainnya, website satu ini juga memiliki kekurangan. Sebelum menggunakannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya? Yuk cek di bawah ini!

• Kekurangan

- Tidak semua guru mengetahui cara penggunaan live worksheet

- Worksheet masih memerlukan kajian ulang, supaya semua fitur dapat digunakan

- Hanya dapat di setting pembelajaran dalam kelas

- Desain yang belum banyak berkembang

• Kelebihan

- Lebih efektif melakukan proses pembelajaran interaktif

- Memiliki respon yang baik terhadap produk yang dihasilkan

- Pembelajaran tidak monoton kepada penjelasan guru

- Bisa Diakses kapanpun dan dimanapun

Baca juga : Trend teknologi tahun 2021

Bagaimana Cara Menggunakan Live Worksheet?

Untuk menggunakan woksheet sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini!

- Buka website resmi live worksheet yaitu https://www.liveworksheet.com/

- Di bagian kanan atas terdapat menu “Teacher Acces”, klik menu tersebut kemudian klik “Register”

- Lengkapilah data yang diminta, kemudian klik register seelah Anda mengisi data dengan lengkap dan benar

- Klik link aktivasi yang dikirimkan live worksheet pada email yang sudah Anda daftarkan

- Setelah itu, silahkan kembali ke website-nya lagi, lakukan cara pertama dan kedua. Namun, pada cara kedua Anda tidak perlu klik “Register”. Anda cukup memasukkan “Pasword” dan “Email” yang sudah terdaftra.

- Kemudian klik “Enter”

- Anda bisa mengubah bahasa melalui setting bahasa

- Pada menu “Interactive” Anda bisa mengambil soal atau memodifikasinya

- Kemudian klik “Make Interactive Worksheet”

- Lalu, klik “Get Started”

- Upload LKS yang sudah dibuat di Microsoft Word dengan ukuran maximal 5 MB dan sudah dalam format pdf

- Modifikasilah file yang sudah ter-upload dengan format interaktif

- Anda bisa klik “Preview” untuk meninjau LKS tersebut.

- Jika sudah selesai, Anda bisa menyalin link html kepada blog Anda.

Bagaimana informasi mengenai live worksheet? Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk menggunakannya? Jika iya, Anda bisa mencobanya mulai dari sekarang. Selamat mencoba!


Penulis : Tini


No comments for "Yuk Mengenal Lebih Jauh Tentang Live Worksheet!"