Breaking News

Destinasi Wisata Air Terjun Blawan Bondowoso

Destinasi Wisata Air Terjun Blawan Bondowoso - Bondowoso adalah sebuah kabupaten yang dikelilingi oleh pegunungan. Hal ini memberikan udara sejuk di Bondowoso. Bondowoso memiliki banyak tempat wisata alam yang masih alami. Lokasinya yang bersebelahan dengan Gunung Ijen dan Gunung Argopuro menyatukan wisata alamnya. Air Terjun Blawan adalah salah satu air terjun utama di Bondowoso.

keindahan air terjun blawan bondowoso

Keistimewaan Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso terletak di bawah Kali Pahit. Bagian hilir sungai merembet keluar dari Kawah Ijen. Keistimewaan air terjun ini adalah warna airnya yang kuning. Berbeda dengan yang lain karena sebagian besar air terjun memiliki air yang jernih. Warna kuning air meningkatkan kandungan belerangnya. Pohon macadamia dan lumut Jackiela SP mencerahkan warna sekitarnya.

Baca juga : Wisata kerajinan bondowoso

Selain airnya yang berwarna kuning, ada hal lain yang membuat air terjun ini istimewa. Keunikan air terjun ini adalah dari mulut air terjunnya. Daerah aliran sungai air terjun ini mengalir langsung ke tanah di muara Air Terjun Niagara.  Curug Blawan sangat dalam, setinggi 30 meter, dan Anda dapat mendengar suara gemuruh pengunjung di kejauhan dengan arus yang sangat deras. 

Sayangnya, airnya sangat deras sehingga pengunjung tidak bisa mandi di bawah Air Terjun Blawan. Tapi jangan khawatir, ada juga pemandian air panas untuk para tamu. Biasanya digunakan para tamu untuk merendam kaki. Menurut penduduk, mata air menyembuhkan penyakit kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Berendam di kolam hangat ini bisa menyegarkan dan meremajakan tubuh Anda.

Lokasi Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso terletak di sekitar Kawah Ijen. Lokasi tepatnya berada di sebuah desa bernama Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Anda bisa mengikuti jalan menuju Ijen untuk sampai ke Air Terjun Blawan. Jika Anda menemukan Cafe Ijen, Anda bisa berkendara selama 30 menit menuju Kabupaten Sempol. Jika Anda telah sampai di Kecamatan Sempol. 

Apa Saja Destinasi Wisata Air Terjun Blawan Bondowoso?

Maka hal yang harus Anda lakukan adalah menuju kearah Perkebunan Blawan dan juga mengikuti petunjuk untuk menuju Air Terjun Blawan. Wisatawan juga dapat menggunakan transportasi desa dari Kabupaten Bondowoso menuju Blawan. Transportasi ini akan memudahkan para pemudik yang tidak menggunakan kendaraan sendiri. Jarak dari Bondowoso adalah 52 km.

Setelah menempuh jarak 52 km, Anda harus naik ojek dan berganti kendaraan. Di pintu masuk Kawasan Wisata Blawan, lanjutkan dengan berjalan kaki. Jaringnya sangat curam, karena jaring naik dan turun di antara dua tebing. Anda akan melihat dan menikmati pepohonan hijau. 

Taman Blawan

Tidak cukup hanya melihat air terjun dan kolam hangat di sekitar Blawan. Ada sebuah taman yang dikelola oleh Pabrik Pengolahan Kopi Blawan. Banyak pengunjung yang mampir ke taman saat mengunjungi Air Terjun Blawan. Ada juga banyak tempat menarik untuk berfoto. 

Baca juga : Destinasi kawah ijen bondowoso

Jam Operasional Air Terjun Blawan Bondowoso

Biasanya jam buka dan tutup berbeda untuk setiap objek wisata. Mirip dengan kunjungan ke Air Terjun Blawan Bondowoso. Air Terjun Blawan buka mulai pukul 17.00 hingga 18.00.

Harga Tiket Masuk 

Harga tiket masuk Air Terjun Blawan cukup terjangkau. Pada hari normal harganya berkisar antara RP 3.00. Hari libur atau hari Sabtu biaya masuk naik sekitar Rp. 5,000.00.Itulah ulasan tentang destinasi wisata Air Terjun Blawan Bondowoso yang perlu Anda ketahui. Semog a bermanfaat.


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close