Breaking News

Manfaat Daun Kenikir

manfaat daun kenikir untuk kesehatan

Tumbuhan kenikir berasal dari Amerika Latin, namun saat ini sudah banyak dijumpai di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Daun dengan pemilik bahasa latin Cosmos caudatusI banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lalapan. Selain itu,  daun kenikir sering dijadikan tanaman penghias pagar disertai bunga-bunga yang indah. Di dataran rendah, tanaman kenikir mudah untuk ditanam.

Kandungan dalam daun kenikir meliputi protein, serat, air karbohidrat, vitamin B, C dan bera karoten. daun kenikir juga memiliki kandungan asam fenolat, senyawa aktif quercetin dan asam klorogenat dalam jumlah yang besar. Zat tersebut memiliki efek antidiabetes, antibakteri, antiradang dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pada tulang. Berikut khasiat dari daun kenikir bagi kesehatan.

Baca juga : menurunkan stroke dengan buah apel

1. Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang mana tekanan darah menjadi tinggi melebihi normalnya. Di dalam daun kenikir mempunyai efek diuritek yang biasa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi dosis dan efektivitas  daun kenikir untuk mencegah atau mengobati hipertensi masih belum jelas, dengan demikian belum ada kepastian yang jelas mengenai obat untuk hipertensi

2. Mampu Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes dapat disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh yang terlalu tinggik karena insulin tidak mampu bekerja secara efektif. Salah satu tumbuhan yang dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja pada insulin dan mampu menjadi penghambat glukosa dalam pencernaan adalah daun kenikir.  Apabila penyerapan glukosa tidak terlau cepat maka kadar gula dalam tubuh dapat terkendali. Dengan demikian, daun kenikir dianggap sebagai tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes.

3. Sebagai Pelindung Tulang

Memasuki usia senja kita akan dihantui oleh ancaman osteoporosis. Apabila dikonsumsi secara berkala daun kenikir dapat digunakan untuk melindungi volume, struktur dan komposisi pada tulang. Pada daun kenikir memiliki kadugan mineral yang dapat digunakan untuk memajukan volume osteoblas dan osteoid. Hal ini dapat memperbaiki tulang apabila sudah tidak muda.

4. Mampu Mangatasi Peradangan

Apabila kita mengkonsumi daun kenikir dapat menyebabkan adanya histamine dan serotoninpada tubuh. Kemudian, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan badan kita memproduksi prostaglandin. Zat ini merupaakan zat yang dibutuhkan pada saat proses penyembuhan luka, ketika ada zat tersebut maka perdangan dapat segera pulih.

5. Sebagai Antioksidan

Pada 1000 g daun kenikir memiliki 2500 mg vitamin c yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat dari daun kenikir dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas. Di mana unsur dalam radikal bebas mampu menjadikan berbagai sumber penyakit yang berbahaya menyerupai kanker.

6. Dapat mengobati mag

Di dalam daun kenikir memiliki kandungan tokoferel, dimana kandungan tersebut memiliki manfaat untuk memgobati mag. caranya dengan merebus daun kenikir untuk selanjutnya digunakan sebagai lalapan atau dapat juga menggunaan air dari rebusan daun kenikir untuk diminum. 

7. Mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh

Tubuh kita membutuhakan kethahan untuk mengahapi kuman dan bakteri yang berbahaya. Apabila imun kita turun maka tubuh kita akan mudah terkena penyakit. Terutama di masa pandemic COVID-19 kita wajib untuk terus meningkatkan imun agar tubuh kita dapat terhindar dari virus.

Baca juga : Mengatasi infeksi dan peradangan 

 Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi daun kenikir. Pada daun kenikir memiliki vitamin A, E dan C yang sangat efektif untuk meningkatkan metabolism dalam tubuh. Apabila imun kita kuat maka kita akan terhindar dari penyakit.

Mengingat banyaknya manfaat daun kenikir dan tumbuhan ini merupakan tumbuhan yanh banyak dijumpai dengan demikian, alangkah secara berkala kita merebus daun kenikir meskipun bagi yang tidak suka rasanya pahit namun banyak manfaat yang dapat kita peroleh apabila kita mengkonsumsi daun kenikir  


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close