Breaking News

Daun kenikir ( Cosmos Caudatus) / Mengatasi Bau mulut


Kenikir berasal dari Amerika Latin dan dibawa ke Asia Tenggara. bagian daun dari tanaman kenikir bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Asia Tenggara sejak dulu. kenikir bisa juga untuk santapan makanan dengan citra rasa yang khas wanginya bisa membuat tambah selera.

kenikir bisa juga dikenal dengan nama ulam raja, tanaman kenikir memiliki nama latin Cosmos caudatus yang termasuk ke dalam keluarga asteraceae. Kandungan kenikir mempunyai manfaat terdapat zat-zat yang ada didalam daun kenikir. pengujian di laboratorium menunjukan bahwa daun kenikir terdapat asam askorbat dan asam klorogenik.

selain itu ada beberapa kandungan kenikir lainnya yaitu, Kalsium, Magnesium, Flavonoid, Tokoferol, Polifenol, Saponin, Terpenoid, Kuersetin, Alkohol Koniferit, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan protein.

Manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh :
  • meningkatkan nafsu makan. didalam daun kenikir terdapat kandungan kuersetin yang mampu meningkatkan nafsu makan. daun kenikir juga bisa diberikan kepada anak-anak yang mengalami masalah berat badan karena susah makan.
  • mengatasi masalah bau mulut. pada daun kenikir terdapat kandungan alkohol koniferil. alkohol koniferil ini berfungsi sebagai antibakteri yang bisa membersihkan lidah dan air liur dari kuman-kuman.
  • menigkatkan sistem kekebalan tubuh. didalam daun kenikir juga terdapat kandungan beberapa vitamin, yaitu seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C. kandungan vitamin-vitamin tersebut bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh.
  • meningkatkan kerangka tulang. manfaat kenikir juga bisa untuk meningkatkan kerangka tulang. hal ini dikarenakan di dalam daun kenikir terdapat kandungan beberapa mineral seperti kalsium dan magnesium.
  • mengatasi payudara karena menyusui. masalah payudara yang biasanya muncul karena terjadi peradangan atau karena air susu ibu (ASI) yang keluar tak henti-henti. cara mengatasinya membakar daun kenikir dengan api kecil, dibakar hingga layu kemudian mengusapkan daun kenikir tersebut disekitar area payudara.
  •  mengobati penyakit maag. daun kenikir terdapat kandungan tokoferol di dalam daun kenikir tersebut yang mampu menetralkan asam lambung. tokoferol pada daun kenikir juga bisa menguatkan otot-otot sfingter yang ada di perut.
  • menperkuat organ jantung. manfaat daun kenikir juga bisa untuk memperkuat organ jantung. dikarenakan di dalam daun kenikir terdapat kandungan flavonoid yang bisa menguatkan arteri dan otot jantung.
  • melawan penyakit kanker. kandungan saponin, flavonoid, dan terpenoid yang terdapat didalam daun kenikir mimiliki sifat antikarsinogenik ini bersifat melawan kanker. daun kenikir bermanfaat untuk melawan beberapa jenis kanker seperti kanker perut, kanker hati, kanker payudara, kanker lambung.
  • mengobati gondogan. cara mengobati penyakit gondogan dengan menggiling dau kenikir sampai halus. daun tersebut yang sudah halus dicampur dengan cuka dan diaduk. campuran daun tersebut dogosokan pada area yang terdapat penyakit gondogan.
  • membersihkan darah dari racun. kandungan vitamin E, vitamin C, dan flavonoid berfungsi sebagai detoksifikasi alami, membersihkan darah dari racun-racun yang ada di dalam tubuh

Type and hit Enter to search

Close