Breaking News

Pesona Destinasi Wisata Pantai Oetune

pantai oetune NTT

Pesona Destinasi Wisata Pantai Oetune - Kabupaten Timor Tengah tidak pernah berhenti menampilkan keindahan alamnya, banyak sekali tempat wisata yang sangat indah yang wajib anda kunjungi. Diantaranya ada beberapa pantai yang wajib kamu kunjungi yaitu Pantai Kolbano dan Pantai Oetune. 

Kedua pantai ini terletak berdekatan, hanya berjarak sekitar 30 menit. Pantai Oetune wajib anda kunjungi saat berada di Kabupaten Timor Tengah, pantai ini memiliki hamparan pasir pantai yang luas.Lokasi Pantai Oetune

Lokasi dari Pantai Oetune ini sendiri berada di Desa Tufanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : pantai gili trawangan

Rute Menuju Pantai Oetune

Rute menuju Pantai Oetune jika berangkat dari Kota Kupang adalah dengan mengendarai kendaraan melintasi jalan lintas selatan, dengan kondisi jalan berkelok-kelok. Jarak yang harus ditempuh sekitar 115 km atau memakan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan. 

Meski memakan waktu lama, panorama alam di sepanjang perjalanan tidak akan membuat Anda bosan. Terdapat rambu-rambu jalan yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Oetune yang terletak tidak jauh dari Pantai Kolbano.

Daya Tarik Pantai Oetune

Pantai-pantai di Timor memiliki ciri khas atau pesona tersendiri, begitu juga dengan Pantai Oetune. Pantai ini memiliki daya tarik seperti:

Hamparan Gurun Pasir

hamparan pasir pantai oetune

Hal pertama yang menarik pengunjung untuk mengunjungi Pantai Oetune adalah adanya gurun pasir yang sangat luas seperti di Timur Tengah. Gurun pasir ini memiliki karakteristik pasir yang sangat lembut dan luasnya yang cukup luas, mencapai beberapa ratus meter persegi.

Kehadiran hamparan gurun pasir menambah eksotisme Pantai Oetune yang indah. Ada banyak jenis wisata seru yang bisa kamu lakukan di sini. Salah satunya seperti sandboarding, gurun pasir di Pantai Oetune memiliki banyak gundukan pasir yang akan membuat aktivitas sandboarding Anda semakin seru.

Seperti apa Pesona Destinasi Wisata Pantai Oetune?

Bermain Sandboarding

Sandboarding adalah olahraga yang menggunakan papan selancar dengan medan gumuk pasir. Olahraga ini sama dengan snowboarding, yang membedakan hanya lokasinya. Area yang tepat untuk sandboarding adalah area gurun pasir, beberapa spot sandboarding favorit diantaranya adalah Desert di Namibia, Australia selatan dan barat, area di Mesir, dan beberapa tempat lainnya. Salah satu tempat snowboarding yang ada di Indonesia yaitu di Pantai Oetune. 

Baca juga : Pasir putih pantai gili nanggu

Dimana pantai ini memiliki hamparan gurun pasir yang cukup luas dan terdapat gumuk pasir yang akan membuat kecepatan snowboarding meluncur dengan cepat. Gumuk pasir merupakan fenomena alam berupa tumpukan pasir yang terbawa oleh hembusan angin. Lama kelamaan pasir yang terbawa angin terus menumpuk, kemudian terbentuklah gumuk pasir. 

Karakteristik gumuk pasir di Pantai Oetune berbukit-bukit, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sandboarding. Dimana Anda akan merasakan sensasi meluncur dengan cepat dari satu gumuk pasir ke gumuk pasir lainnya. 

Ketinggian gumuk pasir di pantai ini bervariasi, mulai dari 1 meter hingga yang tertinggi yaitu sekitar 7 meter. Bagi pemula, lebih baik memulai dari level terendah terlebih dahulu.

Indahnya Pantai Oetune

Pantai Oetune masih sangat indah dan sangat bersih, serta memiliki pantai yang cukup luas. Lokasinya tidak terlalu ramai, cocok untuk anda yang ingin menyendiri. Air lautnya berwarna biru indah, ombaknya saling berkejaran. 

Menyenangkan menunggu ombak menyentuh kaki Anda. Namun Anda harus berhati-hati karena pasirnya sangat lembut, sehingga dapat menarik Anda ke arah laut.


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close