Breaking News

Pesona Destinasi Wisata Pantai Kolbano

pasir putih pantai kolbano

Pesona Destinasi Wisata Pantai Kolbano - Hamparan pasir pantai bisa dikatakan paronama wisata terbaik. Bermain air adalah wisata yang paling menyenangkan di antara semua permainan alam yang ada. Tua, muda, laki-laki, dan perempuan selalu tersenyum ceria saat bersentuhan dengan air.

Legenda Pantai Kolbano

Pariwisata tidak akan lengkap tanpa cerita dan legenda menarik yang berkembang di masyarakat. Termasuk Pantai Kolbano, memiliki legenda yang menarik untuk disimak. Alkisah di suatu tempat bernama Balka ma Laepun. 

Hanya ada seorang kepala suku dari warga Sole yang juga diakui sebagai raja sebuah kerajaan bernama PneFaifnome. Dimana kerajaan ini memiliki wilayah yang meliputi, Hu moen, Pah nai, Balka dan juga Laepun. Suku Tunggal menjadikan faifnome sebagai simbol suku. 

Dimana arti dari faifnome adalah bintang pagi. Raja Sole memerintahkan anak buahnya untuk membuat Etu atau taman raja di daerah yang disebut Noe Sop. Etu ditanam dengan Sain. 

Baca Juga : pemandangan puncak ketep pass di jawa tengah

Adakah yang tahu apakah itu sain? Sain adalah tanaman jemawut yang bijinya halus, bulat dan kecil. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan rumpun, dimana bentuk daunnya seperti padi, dari jenis rerumputan

Pada suatu ketika, para pelayan ini ceroboh sehingga dosa dimakan oleh kolsain, yaitu burung-burung yang suka memakan dosa. Jadi, mereka bingung. Apalagi terdengar bahwa raja ingin datang melihat ilmu ini. 

Para pelayan ini akhirnya berbohong. Namun, raja memahami ketakutan pelayannya dan akhirnya menamai daerah ini dengan nama kolbano yang artinya, burung yang berbunyi seperti lonceng.

Seperti apa Pesona Destinasi Wisata Pantai Kolbano?

Rute Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

pantai kolbano NTT

Tempat wisata yang satu terletak di Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Dimana jaraknya itu sendiri cukup fantastis, jaraknya sekitar 135 kilometer. 

Untuk waktu yang ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dengan jalan yang super menarik. Jalan berbukit, naik turun, tanjakan bergelombang dan turunan yang sangat curam menjadi keharusan untuk kawasan pantai ini.

Keunikan Pantai Kolbano

bukit pantai kolbano

Setelah mengetahui bagaimana cerita rakyat berkembang tentang daerah ini, saatnya Anda mencari tahu apa yang ada di daerah pesisir ini. Keunikannya, dan keindahannya mampu membuat Anda semua terbius dan enggan meninggalkan tempat ini.

Seperti pantai lainnya, pantai Kolbano memiliki pasir yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Pasir di sini tidak halus tetapi sedikit kasar. 

Karena ini adalah bebatuan yang mengelompok menjadi pasir antik dan masa depan. Batuan ini seolah mampu menggantikan peran pasir sehingga pantai ini terlihat lebih menggoda. Jika dilihat dengan seksama, bebatuan di tepi pantai ini memiliki warna yang beragam. 

Bukan hanya putih. Namun ada juga warna peach, abu-abu kehijauan, oranye, coklat hingga pink yang bisa menarik perhatian Anda. 

Baca juga : Pemandangan di atar gunung merbabu di jawa tengah

Hanya untuk tetap berada di tempat dan bermain dengan batu-batu tersebut. Beberapa orang merindukan matahari terbenam. Memang, berada di pantai tanpa matahari terbenam itu seperti sayur tanpa garam. 

Sunset di sini memiliki keindahan yang luar biasa. Cahaya aurora memang tidak ada yang bisa mengalahkannya. Anda akan terpesona dan terus melongo melihat keindahan sunset ini. 

Butuh keberuntungan yang tinggi, untuk bisa melihat keindahan ini. Selain sunset, Pantai Kolbano juga menyuguhkan sunrise yang tak kalah indahnya. Sejauh yang saya tahu, matahari terbit ini akan menjadi yang pertama di sepanjang perjalanan saya. 

Keindahannya hampir sama dengan keindahan matahari terbenam. Unik bukan? Dapat hidup berdampingan sebagai satu dalam suatu daerah.


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close