Breaking News

Destinasi Wisata Religi di Gunung Raung

wisata religi gunung raung di jawa

Destinasi Wisata Religi di Gunung Raung - Gunung Raung adalah titik tertinggi yang berada di ketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung berapi berbentuk kerucut yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Secara administratif, kawasan Gunung Raung terbagi menjadi tiga kota yaitu: Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. 

Gunung ini terletak di antara Pegunungan Ijen. Gunung Raung merupakan gunung tertinggi keempat di pulau Jawa. Gunung Raung adalah tujuan wisata yang populer bagi pecinta alam. Gunung ini terkenal dengan keindahannya. Ada tempat untuk mengambil foto keindahan dan daya tarik pegunungan.

Fasilitas yang Ditawarkan

Sebelum turis Anda perlu tahu dukungan apa yang disertakan. Ada tempat parkir yang luas di kawasan Gunung Raung. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu khawatir ketika datang untuk bersantai di sana. Ada juga restoran yang bisa memuaskan rasa lapar bagi para wisatawan. Toilet umum juga disediakan jika wisatawan ingin buang air kecil atau besar.

Selain itu, Gunung Raung memiliki pemandangan yang sangat indah. Maka tak heran jika gunung ini selalu ramai dikunjungi para pendaki dan wisatawan yang berlibur. Bagi yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan pemburu spot selfie kekinian, cobalah gunung ini.

Baca juga : Keindahan kawah ijen bondowoso

Wisata Pinus Songgon

Lokasi wisata dengan luas 7 hektar ini terletak di lereng Gunung Raung. Pemandangan yang indah dan udara sejuk sangat cocok untuk bersantai dan menyegarkan pikiran. Wisata ini menawarkan beberapa kegiatan seperti flying fox, paintball, berkuda, dan arung jeram. Destinasi ini dapat dicapai dengan berkendara selama 40 menit dari Bandara Blimbingsari, dan 60 menit dari pusat kota Banyuwangi.

Seperti apa Destinasi Wisata Religi di Gunung Raung?

Air Terjun Raung Jari Telunjuk

Air Terjun Telunjuk Raung terletak di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Penduduk setempat percaya bahwa siapa pun yang mandi di Air Terjun Telunjuk Raung akan berusia muda. Dibutuhkan 90 menit berkendara dari Kota Banyuwangi. Selama perjalanan, wisatawan akan melewati Observatorium Gunung Raung dan perkebunan tebu.

Wisata Religi

Perjalanan ini terletak di hutan di kaki Gunung Raung. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus melewati Desa Sumber Gondo. Kilometer terakhir adalah ujian bagi para pelancong dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. 

Wisata religi dimulai ketika penduduk setempat menemukan mata air di bawah pohon besar di tengah hutan. Penduduk setempat percaya bahwa air dapat menyembuhkan semua penyakit. Pada tahun 2010, sebuah gereja dibangun termasuk Patung Kwan-im dan Bunda Maria. 

Baca juga : Objek wisata kawah wurung bondowoso

Terlepas dari keindahan alamnya, Gunung Raung sering meletus. Letusan pertama terjadi pada tahun 1586, berdasarkan Database Gunung Api Indonesia. Letusan serupa terjadi pada tahun 1597. 

Erupsi gunung berapi disertai aliran lahar berdampak pada Kali Stail dan Kali Klatak. Insiden itu menewaskan ribuan orang. Antara 1593 dan 1903 Gunung Raung telah meletus sebanyak 20 kali.  Pada puncaknya pada tahun 1903, ada batubara Warkham. Gunung Raung terus meletus. 

Satelit Landsat 8 NASA telah menemukan dua lubang magma. Pada tanggal 26 Juni 2015, kembang api mulai meletus, dan sejak 4 Juli 2015 telah terjadi serangkaian ledakan. Ada abu dan gempa bumi di sekitar Gunung Raung. Pada hari-hari setelah serangkaian ledakan, lalu lintas udara tampaknya terganggu. Hingga tahun 2021, Gunung Raung masih bisa dilihat. 


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close