Destinasi Wisata Kawah Wurung Bondowoso

Destinasi Wisata Kawah Wurung Bondowoso - Kawah Wurung Bondowoso telah lama menjadi tujuan wisata yang populer, namun masih terus berkembang. Alhasil, masih banyak wisatawan yang belum mengetahui banyak tentang gunung berapi ini. 

Kawah Wurung Bondowoso bukanlah gunung berapi, sebuah gunung berapi yang tidak terdaftar. Hanya ada satu bidang tanah dengan rumput hijau dan bukit-bukit kecil, seperti perbukitan hingga 1500 meter di atas permukaan laut. 

destinasi kawah wurung bondowoso

Kawah Wurung Bondowoso

Meski Kawah Wurung Bondowoso merupakan padang rumput pegunungan dan perbukitan, bisa dibilang destinasi wisata ini penuh dengan pemandangan indah di mana-mana. Saat tiba di pintu masuk untuk pertama kalinya, pengunjung dapat melihat ladang dan hutan pinus yang rindang.  Kawah Wurung Bondowoso belakangan ini digunakan sebagai wahana latihan lepas landas dan latihan paralayang. 

Baca juga : Destinasi air terjun blawan bondowoso

Kawah Wurung juga bagus untuk penggunaan off-road. Karena lokasinya yang luas dan jalan setapak yang sulit. Pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor dapat memarkir kendaraannya langsung di kaki gunung. Anda bisa melanjutkan ke puncak gunung. 

Perjalanan menuju puncak gunung memakan waktu sekitar 30 menit. Jalan menuju puncak gunung cukup terjal, sehingga perjalanan cukup melelahkan. Tidak ada tiket atau biaya untuk pergi ke tujuan ini. Akibatnya, transportasi sangat buruk. Hal ini dikarenakan kurangnya dana pemerintah  tentunya.

Akomodasi di Kawah Wurung Bondowoso

Akan menyenangkan untuk berkunjung ke sini. Ada banyak tempat di dekatnya. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir soal akomodasi. Jampit Guest House dan Catimore Homestay Blawan  menjadi tempat palimg utama untuk bermalam. Harga menginap semalam juga cukup murah.

Seperti apa Destinasi Wisata Kawah Wurung Bondowoso?

Lokasi Kawah Wurung

Banyak orang yang salah paham dengan lokasi Kawah Wurung. Banyak orang mengira gunung berapi ini ada di Banyuwangi dan ada juga yang mengira berada di Situbondo. Kawah Wurung terletak di Kabupaten Sempol, Desa Jampit, tepatnya Bondowoso. Wisatawan harus menggunakan kendaraan sendiri, seperti sepeda motor atau mobil, karena tidak ada angkutan umum ke tempat tujuan.

Rute Perjalanan Menuju Kawah Wurung

Dari arah Surabaya dan Probolinggo kita akan menuju terminal Bondowoso, dari terminal Bondowoso kita akan menuju desa Sempol, dari desa Sempol menuju Kawah Wurung yang terletak di PTPN XII Kalisat Jampit, kecamatan Sempol. 

Kawah Wurung (Wrung Crater) artinya kawah yang belum selesai, itu benar sesuai dengan artinya karena kawah biasanya mengandung endapan air tetapi di kawah Wurung sejauh mata memandang hanya ada sabana dan rumput hijau dan bukit-bukit yang indah.

Baca juga : Destinasi kawah ijen bondowoso

Harga Tiket Kawah Wurung

Nama Kabupaten Bondowoso memang kurang terkenal dibanding tetangganya Banyuwangi. Namun siapa sangka Bondowoso memiliki banyak sekali tempat wisata yang keren? Salah satunya Kawah Wurung Kawah Wurung merupakan sebuah bukit dengan pemandangan yang sangat sejuk dan menarik. Ini adalah tempat yang sepertinya tidak kita percayai di Jawa Timur. 

Kawah Wurung sendiri baru-baru ini menjadi objek bersua foto yang beredar di Instagram. Awalnya, kawasan itu tidak ditetapkan sebagai tujuan wisata.  Para tamu yang ingin menikmati indahnya pemandangan Kawah Wurung kini diharuskan untuk membayar sedikit biaya. Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang terlalu mahal. Jika tidak ada perubahan, tiket hanya akan sekitar RP 3.000.

Mendengar kata "kawah" pasti langsung terbayang emisi belerangnya. Namanya Kawah Wurung, tetapi Anda tidak akan pernah melihatnya karena tidak ada gunung berapi di sini. Itulah  ulasan tentang destinasi wisata Kawah Wurung Bondowoso. Semoga bermanfaat untuk Anda.


Penulis : Novita


No comments for "Destinasi Wisata Kawah Wurung Bondowoso"