Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi

bisnis menulis onling
ilustrasi : Pixabay

Anda memiliki hobi menulis puisi atau mempunyai bebrapa karya puisi sendiri namun hanya tersipan dibuku saja. Taukah anda jika dari tulisan pusi bisa menghasilkan pundi-pundi uang? tentunya ini sangatlah lumayan mendapatkan income tambahan. 

Cara mendapatkan uang dari menulis puisi yang dibayar ,tentu saja menarik bukan.segera cari media yang membayar kiriman puisi anda.

Apa saja Media yang akan membayar puisi anda?

Dibawah ini  adalah daftar media juga emailnya yang menyediakan kesempatan dimuatnya kiriman puisi anda :

1. KoranTempo

Anda bisa mengirimkan karya puisi anda ke email di Koran tempo melalui email ktminggu@tempo.co.id,dan Koran tempo akan memberikan 

Honor dari karya  puisi anda sebesar  Rp. 600.000.

2. Jawa pos

Anda bisa mengirimkan puis-puisi karya anda ke email ari@jawapos.co.id  dan fee  yang anda peroleh adalah sekitar Rp.500.000  baru akan ditranfer  2 minngu.

3. Lampung pos

Anda bisa mengirimkan puisi karya andake alamat email  lampostminggu@yahoo.com honor menulis puisi di lampung post jika blum berubah masih Rp.200.000.

4. Padang Ekspres

Anda bisa mengirimkan karya puisi anda melalui email yusrizal_kw@yahoo.com honor dari menulis puisi di padang ekspres adalah Rp.75.000.

5. Kompas

Anda bisa mengirimkan karya puisi anda melalui alamat email opini@kompas.co.id  untuk honor menulis puisi dikompas adalah  Rp. 500.000.

6. Suaramerdeka

Anda dapat mengirimkan puisikarya anda ke alamat email swarasastra@gmail.com

Kirimkan karya-karya puisi anda dan dapatkan honor menulis puisi  Rp. 190.000

Selain itu juga ada syarat dan ketentuan naskah puisi ,tidak semua karya puisi bisa masuk, Namun jangan patah semangat untuk mencobanya ya karena redaksi justru akan tertarik jika anda sering mengirimkan karya puisi anda.

Baca juga : dasar belajar menulis

Langkah-langkah mendapatkan uang dari menulis puisi

Jika sudah menemukan  media yang tepat  apa yang harus anda lakukan : 

1. Mulai menulis puisi

Sebaiknya anda mulai mempersiapkan bahan-bahan tulisan terlebih dahulu sambil mempelajari ketentuannya  seperti apa yang diinginkan. Karena bias saja mood menulis itu hilang begitu saja sehingga anda justu tidak memiliki keinginan untuk menulis.

2. Menciptakan suasana nyaman saat menulis

Saat sedang asik menulis tiba-tiba terganggu dengan suara bising maupun kegaduhan yang terjadi pastinya menjengkelkan bukan. Segera cari lokasi untuk menulis yang tepat  dan bawa perlengkapan yang sering anda gunakan menulis dan jauhi keramaian. 

3. kirim karya anda sekarang juga

Setelah anda yakin dengan berbagai ketentuan yang sudah ada pada naskah puisi anda. Anda bias langsung mengirimkanya melalui email,pastikan email tersebut masih aktif ya. Jangan lupa untuk melampirkan nomer rekening anda ya,jika karya anda dimuat honor bisa langsung masuk ke rekening anda.

4. Jangan mengirimkan naskah puisi secara bersaman.

karena masing-masing punya kebijakan yang harus dipatuhi yaitu hasil karya belum pernah di publikasikan dimanapun. Jika anda mengirimkan satu karya di 2 tempat maka media tersebut  akan memblack list nama anda sebagai kontributor penulis.  

Baca juga : Mengenal kategori tulisan

Cara mengirimkan karya puisi ke media  

Cara mengirimkan karya puisi ke media melalui email adalah seperti berikut ini :

1. Pastikan anda mengetikan alamat email dengan benar karena jika terjadi kesalahan satu huruf saja makan email tidak akan terkirim.

2. Hasil karya yang dikirim hendaknya hasil yang sudah benar-benar yang terbaik artinya tidak ada susulan revisi.

3. Pada bagian email terdapat tulisan subjek jangan lupa untuk mengisi dengan judul puisi karya anda.

4. Unduh file dengan benar agar tidak terjadi kekeliruan karena bisa saja anda kurang cermat sehinnga judul dengan isi berbeda.

5. klik kirim 

Bagaiman cukup mudah bukan cara mendapatkan uang dari menulis puisi. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak lagi keuntungannya  selain dengan honor.


Penulis : Tini Yagierra


No comments for "Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi "