Breaking News

Bahan Alami Penghilang Ketompe

cara menghilangkan ketombe membadel di kepala

Ketombe merupakan kotoran putih lembut yang berada di rambut. Adanya ketompe di rambut biasanya disebabkan oleh adanya jamur kulit pada kepala yang berminyak. Hal itu menyebabkan sel kulit menjadi mati dan menimbulkan ketombe. Faktor lain yang dapat menyebabkan ketombe adalah rasa stress, cuaca panas yang dapat mengakibatkan keringat berlebihan, kita jarang menysir tambut dan salah dalam memilih shampoo.

Adanya ketombe tentunya membuat kita tidak nyaman karena ketombe juga menyebabkan gatal-gatal pada rambut seperti ada kutu. Menggunakan shampoo pun terkadang ada yang cocok dan ada pula yang tidak cocok. Sehingga kita perlu tahu selain shampoo bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk membasmi ketompe. Bahan alami tesebut antara lain sebagai berikut :

Baca juga : Mengobati imsomnia menggunakan tanaman putri malu

1. Lidah Buaya

manfaat lidah buaya

Tumbuhan ini sudah banyak dipercaya oleh banyak orang untuk menghilangkan ketombe. Bahkan bukan hanya ketombe saja melainkan masalah rambut lainnya seperti rontok. Caranya pun cukup mudah denfan cara memisahkan antara gel dan daging dari kulit buaya. 

Kemudian hancurkan hingga lembut. Setelah itu oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Apabila sudah 15 menit bilaskan menggunakan air. Sari yang ada pada lidah buaya dapat membunuh jamur, kulit kepala menjadi dingin dan mampu mengangkat sel-sel mati.

2. Jeruk Nipis

kasiat jeruk nipis untuk kesehatan

Terdapat dua cara yang dapat kita lakukan apabila ingin membasmi ketombe dengan jeruk nipis yaitu dicampur dengan gula pasir atau dapat juga dicampur dengan menggunakan madu. Akan tetapi, jeruk nipis yang dicampur dengan madu biasanya digunakan oleh anak-anak atau orang tua yang memiliki kulit kepala sensitif. 

Langkah yang dapat dilakukan untuk membasmi ketombe adalah dengan cara memeras jeruk nipis (satu atau dua sesuai kebutuhan) lalu campurkan dengan air yang hangat. Setelah itu, balurkan pada kulit kepala dan rambut dan bilas menggunakan air dingin setelah didiamkan selama 3 – 5 menit.

3. Minyak Almond

manfaat minyak almond

Dalam minyak almond terdapat kandungan vitamin B5 dan E yang dapat menghilangkan ketombe. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan cara mengoleskan minyak almond pada ubun-ubun dan pijat-pijat selama kurang lebih 15 menit. Tunggu hingga meresap dan bilas dengan menggunakan air yang hangat.

4. Lemon

buah lemon untuk ketombe

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga dapat menghilangkan ketombe. Caranya dengan memotong lemon menjadi dua bagian serelah itu gosokan lemon tersebut pada kulit kepala tunggu hingga meresap. Lalu bilas menggunakan air dingin sampai rambut bersih.

Baca juga : Tanaman kenikir berfungsi mencegah hipertensi 

5. Bawang Putih dan Bawang Merah

rempah bawang putih dan bawang merah

Pada bawang putih terdapat kandungan antibakteri yang mampu membunuh kuman dan jamur pada kulit kepala. Jamur yang dapat menyebabkan ketombe dapat hilang bersama dengan kulit mati yang masih tersisa. 

Menghilangkan ketombe dengan menggunakan bawang putih dengan cara menghaluskan bawah putih yang sudah terkupas (satu atau dua suing) kemudian campurkanlah madu dan jahe. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala. Pijat dan gosok dengan perlahan hingga campurannya meresap dan bilas menggunakan air yang hangat.

Selain bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Apabila ingin menghilangkan ketombe dengan menggunakan bawang merah. Pastikanlah rambut sudah bersih. Setelah itu hancurkan bawang merah dan oleskan pada kulit kepala. Tunggu hingga meresap dan bilas rambut hingga bersih.

Itulah ulasan jenis bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Terlihat sangat mudah, bukan ? Memang mudah, akan tetapi apabila ketombe sudah hilang bukan berarti debu-debu tersebut tidak dapat kembali.  Untuk itu perlu kita menjaga rambut kita agar tetap bersih dan sehat. 


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close