Breaking News

Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan

kasiat tanaman putri malu

Putri malu merupakan tanaman liar yang pasti sering kita jumpai dijalanan.  Tanaman ini juga sering dibuat mainan oleh anak-anak karena daunnya yang bereaksi apabila terkena sentuhan. Karena hal tersebutlah tanaman tersebut dijuluki putri malu. Meskpin tertaman secara liar namun tanaman ini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan, diantaranya :

1. Dapat menyembukah luka

Tanaman putri malu dapat dimanfaatkan untuk memperhentikan pendarahan dan dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Yang digunakan biasanya adalah bagian akar dari putri malu, bahkan sudah ada yang melakukan penelitian mengenai ekstrak  akarnya yang ada [ada salem. Selain itu dalam putri malu juga memiliki kandungan mineral dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan pada kulit dan melawan infeksi pada kulit.

2. Dapat Membunuh Parasit

Biji putri malu mampu menangkap parasit yang ada diusus lalu dapat dibuang saat kita BAB.  Bahkan bukan hanya pada parasit dewasa yang dibunuh melainkan juga larva. Ekstrak biji pada putri malu menyebabkan cacing lumbuh dan mati.  Parasit tersebut dapat permanen dimatikan dalam waktu satu jam sedangkan obat lain dapat membutuhkan waktu 3 sampai 5 hari.

3. Dapat Mengobati Batuk

Tanaman putri malu juga dapat digunakan untuk mengobati batuk yang disertai dahak. Caranya dengan merebus 10 sampai 15 gram dau putri malu yang dididihkan dan dapat diminum. Selain batuk, tanaman putri malu juga  ampuh digunkakan untuk mengobati masalah pernapasan lainnya

4. Untuk Mengatasi Imsomnia

Bagi kalian yang  mengalami susah tidur atau biasa disebut imsomnia kalian bisa merebus 50 gram putri malu dan dapat diminum sebelum beranjak tidur.

5. Dapat menangkal racun dari ular

Dalam daun putri malu bukan hanya mendung anti inflamasi, anti bakteri dan aktioksidan. Daun putri malu juga memiliki siat anti bisa yang dapat mengkal racun ular misalnya ular kobra. Caranya yang bisa dilakukan adalah mengerikan akar dari putri malu lalu direbus.

Baca Juga : Herbal menurunkan darah tinggi

6. Mengobati Rematik

Rematik merupakan masalah peradangan yang biasa terjadi diwailah persendian yang disebabkan autoimun di dalam tubuh rendah. Tanaman putri malu juga dapat digunakan untuk mengobati rematik dengan cara meredam tanaman putri malu dalam arak putih dalam jangka waktu dua minggu. Kemudian, putri malu yang sudah direndam selama dua minggu tersebut dapat dikompreskan pada bagian tubuh merasa sakit.

7. Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Dari zaman dahulu cabang dari tanaman putri malu dapat dimanfaatkan untukmembersihkan gigi dan menghilangkan bau yang tidak sedap. Pada tamanan putri malu juga dapat mengurangi atau menghambat pertumbuhan bakteri periodontitis.

8. Dapat menyembuhkan Wasir

 Tanaman putri malu  dapat digunakan untuk mengobati wasir dengan cara daunnya dibuat bubuk ekstrak. Kemudian dapat diminum dengan susu dua atau tiga kali dalam sehari seukuran sendok the

9. Untuk Mengobati Hepatitis

Rebusan air dari tanaman putrid malu dapat digunakan untuk meminimalisir penyakit hepatitis dan juga gelaja peradangan yang ada pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis yang menyerang

10. Dapat mencegah Disentri

Ekstrak tanaman puri malu mempunyai kandungan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang dapat menyebakan disentru.

Baca juga : Akar pepaya untuk batu ginjal

11. Mengobati Demam

Apabila kita sedang demam, kita dapat memanfaatkan putri malu. Di dalam tanaman putri malu memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengontrol suhu agar tubuh kita normal sehingga panas ataupun demam yang menyerang tubuh dapat turun. 

Itulah 11 manfaat yang bisa kita temukan dari tumbuhan putri malu yang saat ini liar tumbuh dijalanan.


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close