Breaking News

10 Bidang UMKM yang Paling Menjanjikan Saat Ini

Apa sih itu UMKM itu adalah singkatan dari usaha mikro kecil menengah. UMKM ternyata bisnis yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia dan akhir-akhir ini. UMKM menjadi perhatian pemerintah, ini karena ternyata meningkatkan perekonomian Indonesia. 

Salah satu ciri UMKM adalah modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan risiko kerugian sangat kecil juga. UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk masyarakat sekitar sehingga sangat wajar bila semakin hari semakin berkembang dan menjadi tumpuan perekonomian Negara Indonesia.

Saya rasa pemerintah harus benar-benar fokus pada sektor UMKM karena hampir Sebagian besar masyarakat Indonesia terutama di daerah pedesaan mengandalkan UMKM sebagai sumber perekonomian mereka. berikut ini dengan bidang usaha UMKM yang memiliki prospek menyajikan siapa tahu bisa kamu amati ditiru dan modifikasi.

Baca juga : Bisnis yang menghasilkan jutaan per minggu

1. Bisnis bidang pengantar atau kurir 

bisnis umkm dibidang kurir

Dulu memang belum terlalu banyak diperlukan, seperti sekarang ini sejak bisnis online mulai menjamur berkembang dengan baik pada bisnis pengantar antar pulau dan luar negeri ada juga pengantar khusus di daerah kota yang mengantar barang dari satu Kecamatan Kecamatan lain. Kita bisa melihat objek dalam aplikasi go-send atau bisnis lainnya dalam hal tersebut.

Anda tidak bisa lakukan ketika memang belum memiliki modal yang besar tentang bisnis kurir antar pulau dengan modal sekitar 25 juta untuk membeli 3 unit motor tersebut. Itu tidak bisa kamu lakukan, estimasi diatas hanya sebagai gambaran semata. kamu bisa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Oh ya jika skala kamu masih di sekitar Desa atau Kecamatan kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan pribadi untuk memulai bisnis ini. 

2. Bidang otomotif 

jasa serfis mobis dan motor

Bisnis bidang otomotif pun perlu kamu pertimbangkan karena semakin hari dunia otomotif di Indonesia semakin berkembang dengan pesat. tentunya bisa mendatangkan prospek yang lebih baik, semisal keluarga dan tetangga kamu memiliki motor atau mobil.

Peningkatan pembelian kendaraan roda empat dan roda dua oleh masyarakat semakin hari semakin meningkat maka sangatlah wajar apabila di kota-kota besar. hal ini sering terjadi kemacetan yang cukup panjang. dari meningkatnya penjualan otomotif kamu bisa membuka usaha bengkel atau penjualan onderdil kendaraan bermotor. 

3. Bisnis di bidang fashion 

bisnis umkm dibidang fashion

Spesialis ini selalu berkembang dengan baik karena fashion menjadi kebutuhan utama yang tidak pernah habis dimakan oleh waktu. tentunya bisnis fashion ini menjadi bisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan. kamu bisa memasarkan secara online lewat sosial media. dan tentunya kamu harus mempromosikan produk walaupun itu tidak semua orang menjadi kebutuhan utama untuk mereka. 

Usaha fashion ini adalah tren yang sedang berkembang pada zamannya, Selain itu perhatikan pula yang dituju Apakah fashion yang akan dijual diperuntukan bagi anak-anak remaja, pria dewasa atau wanita. dengan begitu produk yang kamu jual lebih tertarget.

4. Bisnis dibidang kuliner 

peluang bisnis umkn kuliner

Sama halnya dengan bidang fashion akan selalu dibutuhkan.  Bisnis kuliner ini sangat menjanjikan, jika ingin bisnis kuliner mempunyai keuntungan yang cukup maka harus memperhatikan rasa, pelayanan makan dan juga promosi makanan tersebut. 

Rasa sama dan juga penyajian biasanya akan semakin banyak dicari oleh banyak orang contohnya kuliner seperti bakso, soto, mie ayam. karena memiliki cita rasa yang kuat. jika anda ingin membuat berbeda tinggal Anda inovasi yang membedakan dengan produk-produk kuliner yang lain. 

Atau jika kamu belum memiliki keahlian memasak namun memiliki modal lebih, kamu bisa menanam modal usaha kuliner. karena perhitungan bahan baku dan persiapan modalnya  jelas dan terencana dengan baik yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha tersebut.

5. Bidang kecantikan 

usaha UMKM kecantikan

Populasi penduduk di Indonesia jenis kelamin wanita lebih banyak dari laki-laki. seperti yang diketahui bersama wanita selalu memiliki kedudukan lebih daripada laki-laki dari mulai rambut hingga kaki, mereka akan mengusahakan banyak cara. 

Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah membuka salon, kemudian membuka spa, menjual peralatan-peralatan kecantikan, menjadi penata rias dan lain sebagainya. bisnis ini pun akan menjadi hal yang menjanjikan, kamu tidak perlu ragu jika ingin segera ambil peluang bisnis ini.

Baca juga : Peluang usaha di bulan ramadhan

6. Produk kerajinan tangan 

Umkn kerajinan tangan

Kekayaan alam di Indonesia sangat banyak kita manfaatkan kekayaan-kekayaan ini menjadi produk-produk yang manfaat. Seperti produk kerajinan tangan berupa tas dari anyaman bambu, celengan boneka, sarung dan lain sebagainya. 

Anda bisa memasarkan lewat toko online dengan membuka akun atau media sosial yang bisa semakin dikenalnya produk maka semakin banyak pula keuntungan yang anda peroleh kemudian.

7. Tour dan Travel 

bisnis umkn tour dan travel

Kamu bisa mencoba bisnis dibidang Tour dan Travel, seperti yang kita ketahui bersama berjalannya waktu banyak tempat wisata baru bermunculan dan selalu ramai dikunjungi. Biasanya tempat destinasi baru tersebut belum banyak dipromosikan dengan baik maka kamu bisa mengambil peluang tersebut dengan membuat usaha Tour dan Travel. 

Membuka usaha ini bisa dimulai dengan memasarkan kepada sekolah-sekolah yang ada di daerah kamu. karena di sekolah biasanya memiliki program study tour ke beberapa tempat yang ada di Indonesia. Bisa juga memasarkan kepada organisasi yang berada di bawah pemerintah ataupun kantor-kantor swasta. jangan lupa pula ketika membuka usaha ini kenyamanan dan pelayanan terbaik sangat diperlukan agar mereka bisa menggunakan jasa kamu lagi di lain waktu.

8. di bidang agribisnis

peluang usaha UMKM bidang perternakan

Bidang ini bisa meliputi bidang peternakan dan pertanian. seperti yang kita ketahui bersama Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah kita bisa menjadikan ini sebagai mata pencaharian dan umumnya masih dipenuhi oleh orang tua. 

Sedikit sekali anak muda yang mau berbisnis pada sektor ini, padahal dalam pengembangannya diperlukan anak muda yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif. Seperti penjual sayur organik, jual ayam potong, ternak sapi, tanaman obat dan lain sebagainya.

9. Bidang pendidikan

UMKM dibidang pendidikan

Kamu yang ingin membuka bisnis UMKM dalam bidang pendidikan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. karena kemampuan utama yang diperlukan adalah cara mengajak, berkaitan dengan pendidikan pasti tidak jauh dengan mengajarkan. 

Dan hal tersebut bisa dijadikan lahan bisnis yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. misalnya membuka les privat atau tempat belajar untuk anak SD yang biasanya membutuhkan les baca dan bisa pula membuka les bahasa asing untuk ujian nasional SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. 

10. Toko kelontong

peluang usaha UMKM toko kelontong

Toko yang menjual bahan pokok untuk kebutuhan layaknya supermarket ini mencirikan kas masyarakat Indonesia. biasanya banyak dijumpai setiap Gang atau komplek perumahan. Bisnis ini sangat menjanjikan karena setiap orang membutuhkan barang-barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Itulah 10 ide bisnis UMKM yang bisa kamu coba, sebenarnya apapun bisnis UMKM yang terpenting adalah  jangan berputus asa Yakinlah bahwa setiap usaha yang dijalankan apabila diawali niat yang baik tentu akan mendatangkan keuntungan yang baik pula semoga bermanfaat.


Editor penulisan : Dwi

Sumber : Folder bisnis


Type and hit Enter to search

Close