Breaking News

Jus buah dan sayuran mencegah virus corona

jus buah mencegah virus

Jus buah dan sayuran sangat penting untuk manusia, kandungan yang terdapat dari buah dan sayuran sangatlah banyak manfaatnya untuk tubuh. Siatem kekebalan tubuh manusia atau sistem imun terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. 

Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi seperti sekarang virus corona. Merebaknya virus corona atua novel coronavirus (ncovid-19) membuat masyarakat resah. 

Virus yang pertama kali mucul di Wuhan, Virus ini bisa menyebabkan kematian. Organisasi dunis WHO menyebutkan salah satu pencegahan virus tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi atau yang dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

1. Ubi jalar

Jenis tumbuhan satu ini banyak mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, bagian tubuh terluar yang menjaga tubuh secara keseluruhan. Dengan Vitamin A kulit dengan cepat membentengi dari berbagai virus yang menempel dikulit.

Dengan cara mengkukus ubi jalar membuat anak-anak menyukai makanan sehat ini. Apalagi diolah dengan cara yang kreatif. Hasilnya tidak hanya enak tetapi kandungan didalamnya juga banyak untuk kesehatan tubuh.

2. Buah Kiwi

Dari banyak buah yang memberikan manfaat untuk kesehatan. buah kiwi merupakan salah satu yang paling berpengaruh saat tubuh terserang virus penyebab flu, pilek, batuk, dan lain sebagainya.

Saat tubuh sudah menunjukan gejala-gejala terserang flu, mengkonsumsi buah kiwi bisa segera menghentikan gejala tersebut. Ini disebabkan buah kiwi mengandung vitamin dan mineral dalam buah tersebut. Buah tersebut bekerja membangun kekebalan tubuh agar kuat melawan dan mematikan kerja virus.

3. Kacang tanah

Kacang tanah juga tidak kalah dari segi kesehatan ketimbang makanan lainnya yang kita pilih. Lebih baik makan cemilan kacang tanah ketika terserang infeksi virus. Kandungan yang terdapat didalam kacang tanah adalah vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengatasi infeksi gangguan pernapasan.

4. Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk manis, lemon, jeruk nipis dan sebagainya merupakan sumber vitamin C yang sangat populer. Buah jeruk sangat baik, mengandung nutrisi yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan penyakit, seperti flu atau infeksi virus. 

5. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis, buah ini memiliki serat dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melawan penyakit. Pepaya mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk sistem kekebalan. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki fungsi anti inflamasi.

Pepaya juga memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup semuanya itu bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Pepaya juga memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan resiko beberapa penyakit.

6. Jambu biji

Jambu biji memiliki kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat memberikan perlindungan alami terhadap infeksi dan penyakit. Kadar vitamin C yang terdapat pada jambu berfungsi mencegah resiko infeksi dan penyakit.

Bahkan, jambu memberikan sekitar dua kali lipat jumlah asupan harian untuk vitamin C. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari jumlah yang didapatkan dari buah jeruk. Vitamin C membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

7. Tomat

Tomat adalah sumber makanan utama antioksidan lycopene yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan resiko penyakit jantung dan kanker. Tomat sangat kaya akan folat, yang membantu menurunkan resiko infeksi dan peradangan.

Tomat juga memberikan sumber antioksidan tinggi. Antioksidan melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Tomat memeberikan tiga vitamin antioksidan terutama beta- karoten, vitamin C dan vitamin E untuk kekebalan tubuh.

8. Mangga

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Mangga mengandung vitamin A yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang baik, karena membantu melawan infeksi. Satu cangkir mangga menyediakan sekitar seperempat dari jumlah harian untuk vitamin A.

Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B, yang membantu sistem kekebalan tubuh. Tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi ini dikaitkan dengan kerentanan yang lebih besar terhadap infeksi.

9. Semangka

Semangka tidak hanya menyegarkan, saat matang, semangka juga mempunyai banyak antioksidan yang disebut glutathione. Kandungan ini memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi. Likopen juga memberikan beragam manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan pernapasan, yang membantu mencegah infeksi.

Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi, likopen dan vitamin C. Sebagai antioksidan, likopen juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak.

10.Delima

Buah delima berkhasiat sebagai antioksidan. Buah ini efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit juga. Ini mendorong pertumbuhan limfosit dalam tubuh, yang melawan infeksi virus penyakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Satu gelas biji delima dicampur dengan dua gelas air, disaring dan dikomsumsi.


Type and hit Enter to search

Close