Breaking News

Cara membuat kremes ubi jalar gula merah

Cara membuat kremes ubi jalar gula merah, penambahan gula merah selain untuk menambah citra rasa juga untuk memperbaiki warna kremes. Umumnya ubi jalar dimakan dalam bentuk ubi rebus, ubi goreng, keripik atau dipakai sebagai campuran membuat kue tradisional.


Keuntungan mengolah ubi jalar menjadi kremes yaitu :
  • Meningkatkan nilai ekonomis ubi jalar.
  • Menambah macam-macam hasil olahan ubi jalar.
  • Memiliki simpan yang relatif lebih panjang.
  • Relatif mudah dalam pengangkutannya.
  • Mudah dalam pembuatannya

Bahan dasar


Bahan dasar untuk membuat kremes adalah ubi jalar. Di Indonesia terdapat bermacam-macam jenis ubi jalar. Agar kita mendapatkan bahan dasar yang baik, akan lebih baik jika kita mengenal lebih dahulu tentang ubi jalar.

1. Ubi jalar atau ketela rambat

Ubi jalar ditemukan oleh rombongan columbus pada waktu rombongan tersebut melakukan pelayaran ke India bagian barat. Untuk beberapa negara di wilayah benua Asia dan beberapa negara di Samudra Pasifik ubi jalar termasuk bahan makanan penting.

Ubi jalar dinamakan demikian karena secara fisik dapat dilihat bahwa batangnya menjalar. Tanaman ubi jalar itu termasuk dalam keluarga dengan tanaman kangkung. Ubi jalar termasuk tanaman yang hanya tumbuh di daerah tropis, seperti di Indonesia.

Jika diliat dari kandungan airnya pada dasarnya ubi jalar ada dua jenis, yaitu jenis basah dan jenis kering atau empur. Pada jenis basah kandungan air di dalamnya mencapai 70%. Jenis basah ini kalau direbus daging umbinya menjadi lembek.

Jenis yang kedua adalah jenis kering atau empur. Ubi jalar disebut kering atau empur karena kalau direbus, air yang terkandung di dalam daging ubi hanya sedikit dan daging umbinya (empur). Jenis kering ini kadar air rata-rata yang terkandung di dalamnya kurang lebih 60%.

Menurut usianya ubi jalar dibagi dalam dua jenis, yaitu jenis ubi berumur pendek dan jenis ubi berumur panjang. Jenis ubi berumur pendek hasilnya sudah dapat dipungut pada umur 4-6 bulan. Dan ubi jalar jenis umur panjang dapat dipungut hasilnya setelah 8-9 bulan.

Kue kremes yang bahan dasar utamanya adalah ubi jalar tidak menuntut terlalu banyak pesryaratan. Misalnya untuk warna dapat diberi bermacam-macam. Ciri-ciri ubi jalar yang baik untuk keremes adalah sebagai berikut.
  • Ubi jalar tidak berasa, misalnya rasa manis.
  • Warna yang diberikan boleh apa saja, tetapi untuk daya tarik dapat dipilih warna kuning kecokelat-cokelatan. Kalau warna putih supaya tidak pudat dapat ditambahkan pewarna makanan yang berwarna orange. Warna kuning yang tidak ada unsur warna merahnya dapat ditambahkan pewarna makanan unsur warna merah.
  • Ubi jalar yang dipilih adalah jenis empur, yaitu jenis yang kandungan airnya sedikit.
  • Ubi jalar harus sudah cukup tua, yaitu yang dipanen antara umur 4-6 bulan.
  • Ubi yang berukuran besar akan lebih mudah dikerjakan, baik dalam pencucian, pengupasan, maupun pengirisan.

Peralatan 

Peralatan yang diperlukan dalam pembuatan kremes ubi jalar ini adalah sebagai berikut :
  1. pisau.
  2. pemotong ubi.
  3. wajan penggorengan.
  4. solet.
  5. serok.
  6. panci.
  7. pengaduk.
  8. baskom atau wadah untuk ubi setelah dipotong
  9. cetakan kremes

Langkah pembuatan

Pencucian

Pencucian harus dilakukan supaya ubi terlepas dari tanah ataupun kotoran lain yang dapat menyebabkan kremes tidak sehat atau tidak layak untuk dimakan. Pencucian dilakukan sebelum kulit ubi dikupas. Hal itu bertujuan agar getah tidak banyak keluar. Di samping itu, ubi akan lebih bersih karena waktu dikupas ubi telah bersih dari tanah ataupun kotoran lainnya.

Pengupasan

Pengupasan dilakukan setelah ubi jalar dicuci bersih. Pengupasan harus dilakukan sampai kulit keduanya terkelupas. Maksud pengupasan sampai pada kulit kedua ini adalah untuk mendapatkan kualitas kremes yang baik.

Karena jika kulit keduanya masih menempel pada ubi, pada waktu digoreng kremes tidak akan sempurna. Disamping itu, jika kulit keduanya dikupas, kremes akan memiliki warna yang seragam sehingga lebih menarik.

Setelah ubi dikupas jangan dicuci karena jika dicuci akan menyebabkan ubi mengeluarkan getah dan basah. Ubi yang bergetah dan basah tidak tahan lama. Hasil penggorengannya juga kurang renyah.

Pengirisan

Pengirisan ini dimaksudkan untuk memotong ubi jalar sesuai dengan yang diinginkan. Umumnya ukuran pemotongan kecil-kecil memanjang, kira-kira sebesar lidi daun kelapa. Karena memerlukan ukuran yang kecil, penggunaan pisau yang tajam sangat diperlukan.

Untuk tingkat pemula atau percobaan, dapat digunakan pisau dapur, tetapi bila untuk membuat kremes dengan skala yang cukup besar maka dapat digunakan alat pemotong ubi jalar. Besarnya hasil irisan harus seragam, hal ini dimaksudkan agar pada waktu digoreng nanti hasil gorengannya juga seragam atau matang serentak.

Pisau yang digunakan untuk mengiris diusahakan pisau yang tidak mudah berkarat atau anti karat. Jika menggunakan pisau yang mudah berkarat, setelah dipakai untuk mengiris pisau harus dicuci dengan menggunakan minyak goreng. Pisau yang dicuci dengan air, akan menjadi berkarat.

Jika pisau yang berkarat digunakan kembali untuk mengiris ubi, karat akan menempel pada ubi. Ubi yang terkena karat menjadi beracun. Dan akan membahayakan kesehatan dan keselamatan manusia. 

Apabila sulit mendapatkan pisau yang anti karat karena harganya cukup mahal, dapat juga digunakan pisau biasa, asal jangan lupa setiap kali selesai dipakai dicuci denan minyak goreng supaya tidak berkarat.

Penggorengan

Penggorengan merupakan pekerjaan pembuatan kremes tahap berikut. Setiap orang tua tentunya telah mengetahui bagaimana cara menggoreng, baik menggoreng untuk membuat kue, maupun menggoreng untuk membuat lauk. Akan tetapi, pada pembuatan kremes ubi jalar itu ada persyaratan tertentu yang harus diperhatikan agar mendapatkan kue kremes yang baik dan enak. 

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :

Minyak goreng
Minyak goreng yang digunakan harus memenuhi syarat yaitu:
  • Jenih.
  • Sewaktu digunakan untuk menggoreng minyak tidak berbuih.
  • Tidak berbau.
  • Tidak berasa.


Api

Api yang digunakan untuk memanasi penggorengan dapat dari berbagai bahan bakar, misalnya kayu, minyak tanah, gas alam, dan listrik. Api yang berasal dari bahan bakar kayu untuk tempat-tempat yang mudah mendapatkannya akan lebih baik dari pada menggunakan bahan bakar lain. Hanya saja untuk mendapatkan api yang tetap memerlukan perhatian khusus.

Api yang berasal dari bahan bakar minyak tanah akan mudah dikendalikan dibandingkan dengan api yang berasal dari bahan bakar kayu.

Api yang berasal dari gas alam akan lebih panas dibandingkan dengan bahan bakar minyak tanah dan kayu bakar. Namun, gas alami ini harganya lebih mahal jika dibandingkan bahan bakar lain.

Api atau panas yang berasal dari tenaga listrik dapat pula digunakan untuk menggoreng kremes. Listrik ini sudah dapat diperoleh di mana-mana, tetapi disamping alat pemanasnya masih sulit diperoleh harganya akan menjadi lebih jika dibandingkan dengan bahan bakar lain.


Alat penggoreng
  • Wajan yang biasa untuk menggoreng makanan lain.
  • Serok atau peniris.
  • Solet berjari dua, yaitu solet khusus berbentuk seperti sendok garpu tetapi berjari dua. Alat itu berjari dua dimaksudkan untuk mempermudah dalam memisahkan ubi jalar (telah diserut atau diiris) yang sedang diproses, baik sebelum maupun setelah penambahan gula karena pada waktu digoreng ubi jalar sering mengumpul menjadi satu dan perlu dipisah-pisahkan.

Bumbu

Untuk menambah citra rasa manis atau asin diperlukan adanya penambahan bumbu pada kue kremes. Bumbu yang diperlukan untuk membuat kremes ubi jalar gula merah ini diberikan dalam bentuk larutan yang terdiri atas gula merah (gula aren atau gula kelapa), gula putih, garam, dan air. 

Gula merah dimaksudkan untuk menambah citra rasa manis dan menahbah selera pembeli karena warnanya menjadi lebih menarik. Gula merah yang baik untuk membuat kremes adalah gula merah yang tidak terlalu banyak kotoran dan warna merahnya merah tua. 

Gula putih untuk menambah kemantapan rasa. Penggunaan gula putih yang terlalu banyak akan menyebabkan karamelisasi atau mudah gosong pada waktu digoreng dan lebih buruk lagi kremes akan tampak kehitam-hitaman pada bagian luarnya.

Gula putih yang baik untuk kremes ubi jalar adalah gula yang bersih dan benar-benar putih. Penambahan garam juga untuk memantapkan rasa agar tidak hambar. Air diperlukan untuk melarutkan ketia bahan tersebut. 

Disamping itu, bila bumbu ditambahkan dalam bentuk larutan, penyebaran bumbu akan lebih merata. Perbandingan antara bahan-bahan tersebut dipengaruhi oleh selera konsumen atau pembeli. Berikut ini adalah salah satu contoh perbandingan dari larutan bumbu kremes ubi jalar gula merah :
  1. gula merah (gula aren atua gula kelapa) 10 bagian misal 1 kg.
  2. gula putih 1 ons.
  3. 10 gram garam 
  4. 2 gelas air .

Cara menggoreng

Segera setelah diiris ubi jalar dimasukkan ke dalam penggorenan yang minyakknya telah panas. Tanda-tanda minyak telah panas dapat diketahui dengan cara memasukkan sepotong ubi jelar ke dalam minyak tersebut. Jika terdengar bunyi sreng maka minyak telah panas dan siap untuk menggoreng.

Masukkan ubi jalar yang telah diiris ke dalam penggorengan. Banyakknya ubi yang dimasukkan ke dalam wajan disesuaikan dengan banyaknya minyak, yang penting bahwa ubi terendam dalam minyak panas. Selama menggoreng perlu dilakukan pembalikan dengan menggunakan solet berjari dua.

Hal ini dimaksudkan agar seluruh ubi memperoleh panas yang merata dan tidak menyatu. Setelah ubi dalam keadaan setengah masak, tambahkan larutan bumbu ke dalam ubi yang sedang digoreng.

Tanda-tanda ubi jalar sudah masak adalah :
  • Seluruh permukaan ubi terlihat kering.
  • Larutan bumbu telah tampak menempel pada ubi.
Setelah ubi masak, kemudian diangkat dengan menggunakan serok dan ditiriskan.




Pencetakan

Pencetakan diperlukan untuk membentuk kremes menjadi bentuk yang lebih menarik. Kremes ubi jalar dapat dibentuk sesuai dengan keinginan. Saat pencetakan yang baik yaitu saat ubi masih dalam keadaan panas karena pada saat masih panas ubi belum mengeras. Setelah dingin ubi akan mengeras dan sulit untuk dibentuk. Pencetakan umumnya dibuat dalam bentuk bundar dengan ukuran tutup gelas dan tebal 1,5 cm.


Pengemasan

Agar kremes ubi jalar memiliki daya tarik, tahan disimpan, memudahkan dalam pengangkutan dan tetap bersih dari debu, kremes perlu dikemas atau dibungkus. Kemasan dapat terbuat dari plastik, kertas atau wadah lain seperti stoples. 

Pemilihan kemasan ini sangat ditentukan oleh rencana pangsa pasar. Kalau rencana pangsa pasar untuk kalangan menengah ke atas orang kaya, kemasan yang paling tepat adalah menggunakan stoples. 

Sebaliknya, jika rencana pangsa pasar untuk kalangan menengah ke bawah, dapat digunakan kemasan plastik atau kertas. Bila menggunakan kertas tanpa lapisan plastik, kremes ubi jalar mudah lembek dan tidak renyah.

Kremes ubi jalar gula merah yang akan dikemas sebaiknya disusun rapi agar tampak menarik dan mudah dalam penataannya. Kemasan yang menarik akan mengundang pembeli ingin mencoba produk kita. Disamping itu, kemasan yang menarik akan meningkatkan harga jual produk dan daya tahan relatif lebih lama atau lebih awet.

Kremes ubi jalar gula merah yang sudah dikemas dalam kemasan kecil-kecil, kemudian dikemas dalam karton atau dus yang memuat paling tidak 10 bungkus kantong plastik. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan dalam pengangkutan dan kremes ubi jalar tidak mudah hancur serta aman dalam penyimpanan.

Cara menyusun kremes ubi jalar gula merah biasanya disusun miring. Cara ini baik sekali untuk menghindari rusaknya kremes pada waktu pengangkutan. Di dalam kardus kremes ubi jalar di kemas dalam plastik dan disusun lima tumpukan.


Pemasaran

Karena kremes ubi jalar merah disukai maka dapat dipasarkan di desa-desa atau dikota. Pada tahap awal perlu dilakukan uji coba produk sambil menjelaskan produk kremes ubi jalar kepada masyarakat. Misalnya, dijelaskan apa itu kremes, manfaatnya, dan keistimewaannya dari produk yang kita buat sendiri. Bagai mana cara penyimpanan, berapa lama kremes dapat disimpan dan apa saja syarat penyimpanan makanan kremes ubi jalar tersebu.

Pertama kita perkenalkan kepada tetangga, sekaligus minta saran apakah kremes ubi jalar yang kita buat. Apabila ada tanggapan dari mereka, perbaiki produk seseuai dengan saran. Setelah itu, kremes dapat ditawarkan ke berbagai toko atau penjaja makanan di tempat anda berada.


Sumber : Drs. Hawignyo, Ir Sri Rini Dwiari

Type and hit Enter to search

Close