Breaking News

Tangkahan, Destinasi Indah di Bumi Andalas

wisata tangkahan di medan

Tangkahan merupakan destinasi wisata terbaik di Sumatera. Ini merupakan destinasi wisata zoo sekaligus wisata alam yang aduhai. Bahkan, di tengah-tengah hutan terdapat penangkaran gajah serta beberapa destinasi edukasi yang lainnya. 

Tak hanya itu, di Tangkahan juga terdapat sungai yang berair sangat jernih. Sehingga pengunjung bisa bermain air sepuasnya sedangkan kalau ingin berenang harus sepengetahuan pihak pengelola terlebih dahulu. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang Tangkahan, silakan baca ulasan berikut:

Destinasi Wisata Tangkahan Sumatera

Tangkahan merupakan alam bebas yang sebagian besar hewan di dalamnya adalah gajah. Nah, jika pengunjung ingin mengetahui gajah di alam bebas, maka datang saja ke tempat ini. Di sini, pengunjung akan melihat gajah yang sedang makan maupun yang sedang mandi di sungai berair dangkal di tengah hutan. 

Destinasi Tangkahan merupakan ekowisata yang cukup populer di Sumatera. Area ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Kabupaten Langkat. Maka dari itu, lokasi ini sangat asri dan permai karena berada tepat di tengah-tengah hutan. 

Pengunjung ekowisata Tangkahan tidak hanya datang dari seputar Langkat saja. Tetapi juga ada pengunjung yang datang dari luar kota. Bahkan pengunjung dari manca negara juga ada. Tentunya mereka berkunjung hanya ingin menikmati pesona Tangkahan yang sangat eksotis. 

Baca : Istana Maimun Medan

Keunggulan Berwisata di Tangkahan

tangkahan medan

Ada banyak keunggulan berwisata di Tangkahan. Di antaranya ialah bisa mempelajari aneka macam flora dan fauna. DI sini, pengunjung bisa menemukan bunga langka yaitu rafflesia serta beberapa orang utan yang jumlahnya sudah terus berkurang. Tak hanya itu, di ekowisata ini juga terdapat aneka pohon yang telah berusia ratusan tahun. 

Keunggulan yang berikutnya adalah, banyak destinasi lain yang terdapat di Tangkahan. Seperti air terjun yang dikelilingi oleh spot foto yang memukau. Sungai dangkal bermula dari air terjun dengan tebing yang tidak terlalu tinggi. Sehingga pengunjung bisa melakukan hiking ke puncak dengan mudah. 

Di Tangkahan juga terdapat pemandian air panas yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Area ini juga berada di tengah hutan, sehingga kalau berendam di sini, kesegaran akan terasa karena di sekeliling pemandian terdapat aneka tumbuhan yang asri dan hijau. 

Aktivitas Wisata di Tangkahan

Terdapat beberapa aktivitas wisata yang bisa pengunjung lakukan di Tangkahan bersama seluruh keluarga. Aktivitas yang pertama ialah melakukan arung jeram dengan instruktur profesional. Sungai yang menjadi rutenya tidak terlalu ekstrem tetapi bisa untuk memacu andrenalin. 

Pengunjung juga bisa mempelajari aneka spesies hewan yang banyak di hutan Tangkahan. Kurang lebih ada 129 spesies termasuk gajah dan orang utan yang termasuk spesies hewan terbanyak di hutan ini. Untuk itu, silakan datangi Tangkahan bersama si kecil supaya perbendaharaan informasi tentang hewan semakin banyak. 

Bagi pengunjung yang menyukai aktivitas panjat tebing, maka Tangkahan juga bisa menjadi kontur yang harus ditundukkan. Sekalipun tidak terlalu tinggi, tetapi cukup untuk membuat nyali pengunjung teruji. Dan jangan khawatir, pihak pengelola telah membuat akse hiking yang aman. 

Baca : Keindahan lebah harau sumbar

Rute Menuju Tangkahan Langkat

Rute menuju Tangkahan tidak sulit. Jalur tercepat menuju The Hidden Paradise Sumatera Utara ini adalah melalui Terminal Pinang Baris, yang bisa langsung ke arah lokasi wisata. Sedangkan jarak perjalanan adalah 4-5 jam yang menandakan kalau dari terminal ke Tangkahan tidak terlalu jauh.

Kalau pengunjung luar kota, bisa naik pesawat dan turun di Bandara Kualanu lalu cari akses ke Terminal Pinang Baris. Jangan khawatir, Anda tidak akan tersesat karena di pinggir jalan sudah terdapat papan nama ke arah lokasi Tangkahan.  

Itulah ulasan singkat tentang destinasi wisata Tangkahan yang berada di Sumatera Barat. Silakan kalau ingin mendatanginya saat liburan nanti dan jangan lupa tamasya-nya bersama seluruh keluarga supaya lebih seru. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close