Breaking News

Pesona Gunung Singgalang untuk Para Pendaki Indonesia

keindahan gunung singgalang untuk para pendaki

Di Sumatera Barat terdapat satu gunung yang eksotis bernama Gunung Singgalang. Ini merupakan destinasi yang tidak pernah sepi dari pengunjung terutama pada pendaki yang datang dari seluruh Indonesia. Maka dari itu, Gunung Singgalang pun menjadi primadona yang terkenal hingga ke mancanegara. 

Untuk traveller artikel saat ini, kami akan mengulas tentang pesona Gunung Singgalang. Silakan menyimak sampai selesai, utamanya bagi Anda para hiker yang ingin menaklukkan gunung tertinggi di Kabupaten Agam tersebut. Ini dia ulasan pesona yang dimaksud:

Baca : Tempat wisata di sumatera barat

Pesona Gunung Singgalang

Pesona Gunung Singgalang yang pertama adalah keindahan panoramanya yang tiada tara. Di sini, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dan jajaran pohon yang tersusun dengan rapi. Tak hanya itu, untuk mencapai puncak gunung pengunjung harus menyusuri hutan hujan yang lebat dan rindang. 

Pesona impian pendaki ketika tiba di puncak Gunung Singgalang ialah adanya telaga indah yang bernama Telaga Dewi. Ini merupakan telaga bekas kawah gunung yang sudah tidak aktif tetapi mampu memancarkan keindahan yang luar biasa. Apalagi di sekitar telaga terdapat spot alam yang luar biasa elegan layaknya sedang berada di dalam taman yang indah. 

Setiap pendaki Gunung Singgalang memang ingin melihat telaga tersebut dari dekat. Serta untuk mengabadikan momennya menjadi swa foto yang akan mereka sebar ke Facebook dan Instagram. Untuk itu, kalau sedang ke Gunung Singgalang jangan lupa untuk membawa kamera tercanggih. 

Rute Perjalanan Menuju Gunung Singgalang

Jalur tercepat menuju Gunung Singgalang yaitu melalui jalur Koto Baru. Biasanya, pendaki melalui jalur ini untuk tiba di titik awal pendakian. Posisi Koto Baru sendiri berada di antara Bukit Tinggi dan Padang Panjang sehingga mudah untuk diakses. Kalau berangkat dari Bukit Tinggi, jarak menuju Koto Baru hanya 2 jam perjalanan saja. 

Jika sudah sampai di pasar utama Koto Baru, silakan ganti kendaraan dengan menaiki kendaraan desa menuju Pandai Sikek. Nantinya, pengunjung akan turun di Rumah Tenun Pusako yang cukup terkenal di Pandai Sikek. Kalau sudah tiba di sini, maka pengunjung harus turun dan berjalan kaki menuju posko pendakian pertama yang berjarak 2 km. 

Di posko ini pendaki ataupun pengunjung harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Termasuk membayar retribusi serta identitas-identitas yang lainnya. Kalau proses administrasi sudah selesai, maka pendaki sudah bisa melanjutkan perjalanan ke titik awal pendakian yang jaraknya mencapai 2 km. Kalau sudah tiba di area yang banyak tiang listrik, berarti pendaki telah tiba di jalur pendakian pertama. 

Baca : Keindahan gunung leuser

Jam Buka Destinasi Gunung Singgalang

Sejatinya, tidak ada jam khusus untuk datang ke Gunung Singgalang. Namun, pendaki biasanya berangkat siang hari, supaya ketika tiba di Telaga Dewi, waktu sudah sore hari. Mereka hanya sebentar di sana untuk menikmati keindahan, setelah itu turun kembali. 

Namun kalau ingin melanjutkan ke puncak maka membutuhkan waktu 30 menit dari Telaga Dewi. Di sini, pendaki dan pengunjung bisa melihat Gunung Merapi dan sunsite di kejauhan. Sebuah panorama yang luar biasa indah, makanya atur kedatangan dan pastikan sore hari sudah tiba di puncak gunung. 

Ulasan pesona Gunung Singgalang di atas seharusnya menjadi motivasi pendaki di Indonesia untuk merasakan tantangannya. Apalagi di puncak terdapat Telaga Dewi yang selalu menawarkan keindahan panorama tidak terbantahkan. Jangan lupa pulangnya mampir ke Pandai Sikek dengan hasil tenun yang unik dan ionik. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close