Breaking News

Pesona Taman Nasional Gunung Leuser yang Bikin Takjub Turis

taman nasional gunung leuser

Di provinsi Sumatera terdapat satu destinasi elegan yang disebut Taman Nasional Gunung Leuser. Destinasi ini telah berhasil menyedot para wisatawan baik asing maupun mancanegara. Bahkan kabarnya, aktor sekelas Leonardo Di Caprio pun pernah berkunjung dan menyampaikan rasa takjubnya terkait hutan yang indah ini.

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan pesona Taman Nasional Gunung Leuser yang menjadikannya populer. Untuk itu, silakan baca sampai selesai supaya Anda mendapatkan destinasi rujukan yang bisa didatangi saat liburan nanti. Ini ulasan selengkapnya:

Pesona Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki paket destinasi yang sangat luar biasa. Di sini, Anda tidak hanya bisa menikmati hutan dan pegunungan, tetapi juga ada pantai yang eksotis dan bikin betah. Tak hanya itu, hutan hujan di taman ini juga indah dan diset khusus untuk kepentingan edukasi sekaligus pariwisata. 

Pesona taman Nasional Gunung Leuser yang berikutnya ialah, terdapat aneka spesies burung yang khas. Salah satunya burung endemik Sundaland. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan gajah sumatera, badak, si amang serta kedih yang mulai punah. 

Nah, kalau ingin mengetahui rupa dari raflesia, kantong semar, anggrek tanah dan daun payung raksasa yang ikonik, juga bisa datang ke taman ini. Pengunjung bisa belajar bersama pengelola yang siap memberikan informasi secara lengkap dan ilmiah. 

Baca : keindahan wisata di lembah harau sumatera barat

Sarana Wisata di Taman Nasional Gunung Leuser

Karena sudah menjadi destinasi wisata, bahkan telah berdiri tempat pelesir khusus seperti Bukit Lawang dan Desa Wisata, maka pihak pengelola pun melengkapi Taman Nasional Gunung Leuser dengan aneka sarana dan fasilitas. Pembangunan ini demi mempermudah pengunjung yang sedang melakukan perjalanan wisata. 

Sarana wisata yang ada di taman di antaranya ruang parkir yang luas, toilet, home stay, musholla hingga masjid yang jaraknya cukup dekat dari lokasi. Selain itu, tepat di kaki bukit terdapat beberapa warung kuliner yang menyediakan makanan khas Sumatera, Lampung dan Aceh. 

Agenda Wisata di Taman Nasional Gunung Leuser

Ada banyak kegiatan wisata di Taman Nasional Gunung Leuser. Selain bisa berjumpa dengan aneka flora dan fauna yang ikonik, pengunjung juga bisa melakukan hiking sampai ke atas bukit. Bahkan, bisa melakukan penelusuran hutan tropis yang di bagian tengahnya terdapat sungai kecil yang dipenuhi dengan batu-batu sungai yang eksotis. 

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas outbound, menaiki kano keliling sungai hingga masuk ke dalam gua dengan keamanan yang terjamin. Kalau hanya ingin duduk santai, maka gardu pandang di pinggir pantai juga layak untuk dicoba. 

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Leuser

Tiket masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser cukup terjangkau. Pengunjung cukup membayar Rp25.000 saja baik untuk hari biasa maupun di akhir pekan dan saat liburan. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah bisa berwisata di taman dengan puas tanpa harus membayar biaya tambahan. 

Lokasi Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser masuk ke dalam kawasan provinsi Sumatera dan Provinsi Aceh. Nah, kalau traveller berangkat dari Sumatera, coba pilih jalur yang ke destinasi Bukit Lawang. Jarak dari sini ke taman tidak terlalu jauh hanya 75 km saja yang bisa ditempuh dengan waktu 2-3 jam. 

Untuk itu, kalau liburan nanti Anda masih belum memiliki daftar tempat indah untuk liburan, maka berkunjung saja ke Taman Nasional Gunung Leuser. Dijamin, liburan lebih bermakna apalagi kalau berkunjungnya bersama seluruh anggota keluarga. 


Penulis : Tini

Type and hit Enter to search

Close