Breaking News

Pesona Alam Danau Singkarak Sumatera Barat

danau singkarak sumatera barat

Selain Danau Toba, di Sumatera juga terdapat satu destinasi danau populer yaitu Danau Singkarak. Danau ini berada di dua wilayah Sumatera Barat yaitu kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar yang termasuk kabupaten besar di provinsi ini. Sampai detik ini, pengunjung Danau Singkarak tidak pernah berkurang. 

Ada banyak pesona Danau Singkarak yang mampu menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Apalagi, danau ini memiliki ikon yang unik yaitu ikan bilih yang keberadaannya hanya di Danau Singkarak tidak di tempat yang lain. Untuk mengetahui pesona yang lebih lengkap, silakan baca di sini:

Pesona Alam Danau Singkarak 

Salah satu hal yang mempesona dari Danau Singkarak yaitu keindahan alamnya. Saking indahnya, ada seorang periset dan pelukis internasional dari Jerman, Ernst Haeckel yang mengabadikan estetika Danau Singkarak menjadi sebuah lukisan yang eksotis. Dari lukisan inilah, popularitas Danau Singkarak terdengar sampai ke luar negeri. 

Pesona Danau Singkarak yang berikutnya adalah, terdapat satu area yang dangkal. Biasanya, pengunjung memanfaatkan wilayah tersebut untuk mandi dan berenang. Pihak pengelola sendiri pun memberikan sarana khusus untuk area bernama Tanjung Mutiara tersebut. 

Baca : Destinasi lembah harau sumbar

Kegiatan Wisata di Danau Singkarak

Terdapat banyak kegiatan wisata yang bisa pengunjung lakukan di Danau Singkarak. Kegiatan yang pertama adalah berwisata kuliner. Di sini, terdapat beberapa warung makanan yang berjejer rapi di pinggir danau. Warung tersebut menjual aneka makanan khas Sumatera Barat dengan harga yang murah meriah. 

Kalau sedang ke Danau Singkarak, jangan lupa untuk berkeliling ke area danau bersama nelayan. Nantinya, ketika sudah sampai di spot pemancingan, pengunjung bisa memancing dan hasilnya bisa untuk makan bersama-sama di pinggir danau. Untuk jorannya sudah lengkap, pengunjung tinggal membayar sewanya saja. 

Kegiatan wisata yang paling oke di Danau Singkarak adalah berswa foto. Pihak pengelola telah membangun puluhan spot foto menarik belum lagi ratusan angle natural yang bagus untuk selfie. Jangan lupa, kalau sudah berfoto, silakan share hasilnya ke media sosial agar masyarakat lain juga ikut mengagumi angle destinasi. 

Alamat dan Rute Menuju Danau Singkarak

Danau Singkarak berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Untuk rute tercepat adalah melalui Kota Padang yang jaraknya hanya 75 km saja. Silakan pengunjung berangkat dari Padang, lalu pilih rute yang menuju Kabupaten Solok. Kalau sudah di pintu gerbang, pengunjung tinggal melihat papan penunjuk jalan saja. 

Rute kedua adalah melalui Bukit Tinggi. Jika dari sini, jaraknya lebih pendek yaitu 48 km saja. Silakan pengunjung berangkat dari Bukit Tinggi lalu masuk kawasan Padang Panjang. Jika sudah tiba di kawasan ini, pilih rute yang ke Ombilin baru memasuki kawasan Danau Singkarak. 

Baca : wisata yang perlu dikunjungi di sumbar

Jam Buka Danau Singkarak

Danau Singkarak terbuka untuk umum selama 24 jam non stop. Bahkan, pengunjung bisa langsung mampir ketika istirahat di perjalanan karena destinasi berada di pinggir jalan raya lintas provinsi. Sedangkan kalau ingin menginap bisa langsung menyewa hotel yang berada di sekitar danau. 

Tiket masuk ke Danau Singkarak gratis. Namun, kalau ingin menyewa perahu dan alat pancing, pengunjung harus membayar dengan harga yang terjangkau. Untuk itu, jangan lupa datangi saja Danau Singkarak saat liburan nanti. 

Itulah ulasan singkat tentang pesona Danau Singkarak yang berada di Sumatera Barat. Silakan masukkan ke dalam daftar destinasi wisata pilihan dan sebisa mungkin Anda mendatanginya agar tidak kecewa. Dijamin, hari libur lebih bermakna dan menyenangkan. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close