Breaking News

Tempat Wisata Tercantik di Sumatera

keindahan danau toba di sumatera

Di Indonesia, tepatnya di provinsi Sumatera Utara terdapat satu danau yang sangat indah bernama Danau Toba. Menurut riset, Danau Toba tergolong danau terbesar di nusantara yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan, kalau hari libur, pengunjung yang datang bisa mencapai ribuan orang termasuk wisatawan dari manca negara. 

Oleh sebab itu, pemerintah setempat terus mempercantik Danau Toba dengan aneka spot yang estetik. Bahkan, Pemda membiarkan suasana asri danau supaya pengunjung betah berlama-lama di sana. Alhasil, Danau Toba menjadi populer dan pengunjung layak menjadikannya sebagai sarana untuk menghilangkan penat dan pikiran yang stres. 

Daya Tarik Danau Toba

Daya tarik Danau Toba yang pertama terdapat pada keindahan alamnya yang eksotis. Di Kejauhan, pengunjung akan melihat deretan Gunung Barisan yang seakan mengelilingi danau. 

Sedangkan di sekitar danau sendiri terdapat hutan yang masih asri dengan aneka pohon pinus dan enau yang tersusun dengan rapi. Pemandangan ini yang membuat penampakan Danau Toba terlihat permai dan indah. 

Baca : wisata kali pasur di jogyakarta

Tak hanya itu, lekukan pesisir Danau Toba juga menghadirkan keindahan tersendiri. Termasuk keberadaan Pulau Samosir di tengah-tengah yang membuat danau ini terkesan artistik dan sedikit bernilai mistis. Terkadang pengunjung harus menyeberang untuk menikmati keindahan yang luar biasa di pulau tersebut. 

Daya tarik Danau Toba yang berikutnya terkait dengan daya tarik historis atau sejarah. Yang mana, danau ini terbentuk pasca terjadinya ledakan gunung api yang cukup dahsyat ratusan tahun yang lalu. 

Sebab ledakan tersebut, muncul kawah besar yang akhirnya menjadi danau yang indah. Sekalipun demikian, menurut sejarahnya pula akibat ledakan ini, hampir 60% mahluk hidup mengalami kepunahan sekaligus memakan banyak korban jiwa. 

Fasilitas Wisata di Danau Toba

Pemerintah setempat terus berbenah untuk menghadirkan Danau Toba sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia. Maka dari itu, lahirlah berbagai fasilitas wisata yang luar biasa, yang bisa menjadikan pengunjung berlama-lama pelesir di danau. Pemerintah juga menghadirkan fasilitas demi meningkatkan devisa negara dari sisi kepariwisataan. 

Di Danau Toba, terdapat ratusan spot foto buatan yang cukup ikonik. Sehingga, pengunjung tidak akan kekurangan angle menarik kalau sudah tiba di danau ini. Luar biasanya, semua hasil foto di spot tersebut maupun yang spot alami, tidak akan mengecewakan jika pengunjung mempostingnya di media sosial.

Pihak pengelola juga telah membangun menara pandang dengan ukuran tinggi yang cukup ideal dan aman. Di menara ini, pengunjung bisa melihat Danau Toba yang luas dari posisi atas. Dijamin pengunjung pasti puas dan tidak ingin beranjak pulang kalau melihat Danau Toba dari atas menara. 

Baca : Destinasi pulau satonda

Alamat dan Rute Menuju Danau Toba

Danau Toba berada di Bukit Barisan Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan lokasi keseluruhan danau berada di 7 kecamatan yang menandakan kalau destinasi ini memiliki area yang sangat luas. Untuk itu, sangat wajar kalau para ilmuan menyebut Danau Toba adalah danau terluas Indonesia. 

Rute tercepat menuju Danau Toba adalah melalui Kota Medan. Setelah sampai di wilayah ini, silakan pacu kendaraan menuju terminal Parapat sembari melihat papan penunjuk destinasi yang berada di pinggir jalan yang dilalui. Pengunjung bisa menggunakan Google Map atau bertanya langsung kepada masyarakat setempat untuk mencegah tersesat. 

Itulah review singkat tentang destinasi wisata Danau Toba. Semoga penjabaran ini bisa menjadi motivasi Anda untuk segera mendatanginya saat liburan nanti. Jangan lupa untuk membawa kamera tercanggih, sebab spot foto selfie di Danau Toba sangat luar biasa. 


Penulis : Tini



Type and hit Enter to search

Close