Breaking News

Olahraga Hebat yang Bisa Dilakukan Oleh Manula

olehraga hebat yang bisa dilakukan usia manula

Olahraga Hebat yang Bisa Dilakukan Oleh Manula - Rasa kepuasan pribadi dan persahabatan tidak ada yang bisa ditemukan saat berolahraga atau berolahraga secara tim. Seiring bertambahnya usia, banyak dari kita menjadi lebih sadar dan sadar akan risiko cedera, terutama saat tubuh dan tingkat kebugaran kita berubah. 

Jadi, latihan dan olahraga apa yang terbaik untuk manula? Ada berbagai pilihan yang tersedia, tetapi pada akhirnya itu tergantung pada individu dan tujuan pribadi mereka sendiri.

Berjalan

Berjalan-jalan adalah jenis Olahraga Hebat yang bagus untuk membantu membangun kesehatan tulang Anda dan juga baik untuk jantung Anda. Mengapa tidak mengumpulkan sekelompok teman dan mulai bergerak bersama? Anda akan berolahraga untuk hari itu dan juga sedikit bersosialisasi. 

Anda harus melakukannya selama 30 menit sehari setidaknya empat kali per minggu. Jika Anda khawatir akan melukai diri sendiri di jalur jalan yang tidak rata atau retak, treadmill adalah alternatif yang bagus.

Baca : Olahraga untuk penderita diabetes ibu hamil

Berenang

Berolahraga di air mengurangi dampak pada persendian Anda, yang menjadikannya pilihan populer bagi orang yang menderita radang sendi. Berenang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan otot Anda serta memperkuat ligamen dan tendon Anda juga. 

Jika Anda ingin meningkatkan intensitas, Anda bisa memakai sirip atau menggunakan pemberat kaki saat Anda berenang karena menambah daya tahan dan membuat otot Anda bekerja lebih keras. 

Taichi

Tai Chi adalah aktivitas berdampak rendah dan melibatkan gerakan lembut. Tidak diperlukan peralatan yang mewah dan mahal, jadi Anda bisa segera memulai. Saat melakukan Tai Chi, otot-otot Anda biasanya rileks daripada tegang, persendian tidak sepenuhnya terentang atau tertekuk, dan jaringan ikat tidak meregang. 

Ini berarti Anda meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot tanpa terlalu membebani tubuh Anda. Tai Chi juga bisa membantu untuk meningkatkan keseimbangan yang Anda miliki.

Apa Saja Olahraga Hebat yang Bisa Dilakukan Oleh Manula?

Yoga

Yoga adalah jenis orahraga yang tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik Anda , tetapi juga bisa membantu mengurangi stres karena sifat meditasi yang menenangkan dari berbagai gerakan dan peregangan. 

Ini adalah olahraga yang berdampak rendah  yang dapat meningkatkan keseimbangan inti, kekuatan, aliran pernapasan, dan fleksibilitas otot, terutama jika dilakukan beberapa kali seminggu.

Menari

? Menari adalah salah satu cara paling menyenangkan untuk melatih seluruh tubuh. Ini juga bisa meningkatkan tingkat energi, mengurangi risiko penyakit jantung, lalu meningkatkan memori dan suasana hati serta meningkatkan keseimbangan Anda. 

Jika Anda memiliki keseimbangan dan kemampuan yang terbatas, Anda dapat mencoba chair dance, yang merupakan olahraga berjenis duduk, atau line dance, yang mengurangi dampak dan tekanan pada persendian Anda.

Baca : Metode olahraga sederhana menurunkan lemak

Tenis

Kekuatan tulang dan keseimbangan adalah beberapa dari banyak manfaat bermain tenis. Berlari ke arah yang berbeda, memindahkan beban dari satu kaki ke kaki lainnya, dan mengayunkan raket dengan tangan Anda dan ini adalah olahraga yang sangat bagus. Tenis umumnya lebih cepat daripada olahraga lain, jadi penting untuk memulai dengan hati-hati jika Anda baru pertama kali bermain.

Golf

Golf adalah jenis Olahraga Hebat yang bisa menjaga persendian tetap bergerak karena gerakan yang terkait dengan mengayunkan stik dalam berbagai gerakan. Bermain golf meningkatkan sirkulasi darah, yang mendorong jantung bekerja lebih efisien dan membantu memperkuat otot-ototnya. Meskipun bukan olahraga berenergi tinggi, mengayun, memukul, dan berdiri di lapangan benar-benar bermanfaat. 


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close