Breaking News

Air Terjun Ponot Asahan

air terjun ponot asahan sumatera utara

Di Sumatera Utara terdapat satu destinasi air terjun yang sangat indah. Namanya adalah Air Terjun Ponot yang berada di Kabupaten Asahan Sumut. Destinasi ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik pengunjung lokal maupun turis mancanegara. Mungkin, sekarang waktu Anda untuk juga ikut mengunjunginya. 

Agar Anda lebih bersemangat untuk mengunjungi Air Terjun Ponot liburan nanti, maka di bawah ini terdapat beberapa ulasan terkait pesona curug. Silakan ambil catatan lalu baca uraian ini sampai selesai. Ini dia ulasannya:

Air Terjun Ponot Asahan

Air Terjun Ponot Asahan Sumut merupakan air terjun dengan ketinggian mencapai 250 m. Makanya, ada sebagian peneliti lingkungan yang menyatakan kalau curug ini memiliki ukuran tertinggi dibandingkan air terjun yang lain. Karena ketinggian inilah air yang jatuh ke dasar sangat deras mencipta percikan air hingga ke pinggir kali. 

Air Terjun Ponot merupakan anak dari sungai Asahan yang posisinya lebih tinggi di atasnya. Nah, karena curug berada di ketinggian yang maksimal, tentu udara di sini sangat sejuk. Apalagi air terjun sendiri berada di tengah hutan yang masih asri dan permai.

Baca juga : Destinasi keindahan danau toba 

Pesona Air Terjun Ponot Asahan

Air terjun Ponot Asahan merupakan destinasi curug yang sangat mempesona. Selain udara dan pemandangan yang sejuk, di sini juga terdapat ratusan batu kali dengan berbagai ukuran. Posisinya menyebar dari dasar curug hingga ke bagian hilir. Pengunjung bisa menduduki batu berwarna hitam tersebut sembari kaki bermain air kali. 

Daya tarik Air Terjun Ponot yang berikutnya ialah terdapat ratusan spot foto alami yang elegan. Dijamin, kalau Anda berfoto di sini, hasil fotonya pasti eksotis. Bahkan akan sedikit bernilai mistis jika di dalam foto juga terpotret ratusan kelelawar yang memang banyak di kawasan curug. 

Aktivitas Wisata di Air Terjun Ponot

Pihak pengelola Air Terjun Ponot Asahan telah memberi ruang khusus untuk berenang. Di sana, curugnya tidak terlalu deras, sungai pun tidak terlalu dalam. Kalau tidak ingin berenang, pengunjung bisa duduk santai saja sambil mengabadikan pemandangan menjadi foto selfie. 

Aktivitas wisata yang berikutnya adalah mendaki ke puncak air terjun. Namun, ini tidak direkomendasikan untuk pengunjung biasa kecuali Anda memang ahli dalam hiking. Pihak pengelola telah membuka aksesnya dengan menyusuri hutan yang teduh dan asri. 

Fasilitas Wisata Air Terjun Ponot

Untuk kenyamanan pengunjung yang berwisata, maka pihak pengelola telah membangun beberapa fasilitas wisata di Air Terjun Ponot. Salah satunya telah menyediakan beberapa warung kuliner yang dikelola oleh masyarakat setempat. Di sini, pengunjung bisa menikmati curug sembari bersantap makanan ringan yang lezat. 

Selain warung kuliner, di Air Terjun Ponot juga terdapat puluhan gazebo yang berada di sudut-sudut destinasi. Di sini, pengunjung bisa duduk santai sembari menikmati pemandangan air terjun yang luar biasa. Pengunjung juga diperbolehkan untuk makan-makan di gazebo asalkan tetap menjaga kebersihan lingkungan. 

Baca : Wisata air terjun aek sijorni

Lokasi dan Jalur Tercepat Menuju Air Terjun Ponot

Alamat Air Terjun Ponot berada di Desa Tangga Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Bandar Pulau Kabupaten Asahan Sumatera Utara. Sedangkan jalur tercepat ke lokasi melalui pusat kota Kisaran yang jarak tempuhnya hanya 3 jam saja dengan menggunakan kendaraan darat. 

Tiket Masuk Air Terjun Ponot

Tiket masuk ke Air Terjun Ponot langsung disatukan dengan biaya parkir. Kalau hari biasa biasanya pengunjung harus membayar tiket Rp15.000. Sedangkan kalau hari libur biaya tiket dan parkir naik menjadi Rp40.000. Harga yang murah tetapi kualitas wisata sangat mahal. 

Air Terjun Ponot telah menjadi ikon wisata baru di Sumatera Utara. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Indonesia tetapi juga ada yang datang dari luar negeri. Ini menandakan kalau destinasi memang luar biasa eksotis sehingga layak untuk dikunjungi saat liburan. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close