Breaking News

5 Air Terjun di Sumatera Utara dengan Pengunjung Terbanyak

destinasi wisata air terjun di sumatera utara

Sumut atau Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah destinasi cukup banyak. Termasuk destinasi curug atau air terjun, yang menyebar di beberapa kabupaten di daerah tersebut. Luar biasanya, air terjun di Sumut mampu menghadirkan keindahan panorama yang tiada tara. 

Terdapat beberapa destinasi air terjun di Sumatera Utara yang terkenal eksotis. Sebagian kecilnya kami rangkum menjadi listicle di bawah ini. Jadi, silakan pilih yang menurut traveller terbaik dan layak kunjung. Ini destinasi curug yang dimaksud:

1. Air Terjun Ponot

Di Asahan Sumatera Utara terdapat destinasi curug yang bernama Air Terjun Ponot. Destinasi ini terdiri dari dua tingkat dengan ketinggian yang standar. Sedangkan di sekeliling air terjun masih terdapat hutan yang permai dengan aneka flora dan fauna di dalamnya. 

Air terjun ini terbuka untuk umum yang ingin berkunjung ke sana. Pihak pengelola sendiri telah membangun sarana wisata yang lengkap seperti gazebo, lahan parkir dan toilet. Luar biasanya lagi, tiket masuk destinasi sangat murah per orang hanya membayar Rp5000 saja. 

2. Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala berada di Tapanuli Tengah dengan kadar keunikan yang luar biasa. Pasalnya, air terjun ini langsung mengarah ke Samudera Hindia yang artinya, pengunjung bisa menikmati air terjun sembari menikmati panorama pantai yang indah. Keunikan lainnya, air terjun mengalir melalui liang-liang batu granit berukuran raksasa. 

Sekalipun ketinggian air terjun tidak sampai 40 meter, tetapi pengunjung tetap suka untuk berkunjung ke destinasi ini. Apalagi di sekitar air terjun terdapat beberapa pulau yang asri dan layak mendapatkan kunjungan dari para turis. Untuk itu, wajar kalau destinasi ini tidak pernah sepi pengunjung. 

3. Air Terjun Lae Une

Air terjun populer di Sumatera Utara yang berikutnya adalah Air Terjun Lae Une. Destinasi ini berada di Pakpak Bharat dan termasuk ikon wisata di wilayah tersebut. Salah satu keunikan curug ini di antaranya lingkungan alam yang masih asri karena destinasi berada di tengah hutan. 

Destinasi yang tiket masuknya hanya Rp5000 per-orang ini, telah lengkap dengan fasilitas wisata yang memadai. Termasuk ada area pemancingan ikan Lae dengan lokasi agak sedikit ke bagian hilir dari air terjun. Di sini, pengunjung bisa memancing sembari duduk di atas batu kali yang eksotis dengan berbagai ukuran. 

4. Air Terjun Aek Sijorni

Air Terjun Aek Sijorni merupakan tempat wisata populer di Tapanuli Selatan. Bahkan, destinasi ini mendapatkan pengelolaan dari Dinas Pariwisata dan telah menjadi aset berharga untuk daerah. Hal ini sangat wajar, mengingat jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi tidak pernah berkurang. 

Sekalipun tidak begitu tinggi, air terjun Aek Sijorni tetap bagus dan eksotis. Selain itu, kejernihan air tidak pernah berubah sekalipun sedang musim penghujan. Keunikan berikutnya adalah air yang tidak terlalu deras memungkinkan pengunjung untuk berenang dan naik hingga ke puncak curug. 

5. Air Terjun Linggahara

Jika sedang berkunjung ke Rantau Selatan jangan lupa mampir di Air Terjun Linggahara. Ini merupakan destinasi eksotis yang berada tepat di tengah hutan lindung. Makanya, kalau traveller beruntung akan berjumpa dengan hewan yang terlindungi seperti tenggiling dan ayam hutan. 

Untuk datang ke Air Terjun Linggahara, traveller harus membayar tiket Rp15.000 per-orang. Namun pengunjung tidak perlu khawatir, dengan harga tersebut, pengunjung sudah bisa menggunakan fasilitas wisata yang lengkap. Termasuk berfoto di spot buatan yang ikonik serta duduk santai di gazebo yang penuh warna. 

Air terjun di Sumatera Utara yang ikonik di atas layak untuk masuk ke dalam daftar destinasi untuk liburan nanti. Apalagi kalau Anda memang sedang berkunjung ke Sumatera Utara yang hampir setiap kabupaten di sana memiliki wisata curug yang indah. Jadi, persiapkan budget-nya sekarang juga. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close