Wisata Air Terjun Tancak Kembar

keindahan pemandangan air terjun tanjak kembar

Wisata Air Terjun Tancak Kembar - Bondowoso adalah sebuah kabupaten di utara Jawa Timur. Kabupaten Bondowoso kaya akan sumber daya alam. Mulai dari pegunungan dan ada air terjun. Pegunungan tersebut antara lain Kawah Ijen, Kawah Wurung, Gunung Argopuro dan Gunung Raung. Itulah mengapa Bondowoso memiliki julukan sebagai Highland Paradise. 

Artinya, pada tahun 2021, Geopark Ijen diusulkan ke Unesco Global Geopark (UGG), dan objek wisata ini semakin menarik. Salah satu objek wisata yang paling indah adalah Air Terjun Tancak Kembar yang berada di Jawa Timur, Kabupaten Bondowoso, Kecamatan Pakem, Desa Andungsari dan jaraknya sekitar 18 km dari kota Bondowoso. Tancak sendiri berasal dari bahasa Madura yaitu artinya air terjun. 

Baca juga : Air terjun pulo agung bondowoso

Tancak Kembar adalah air terjun kembar. Berdasarkan mitologi setempat, kedua air terjun ini memiliki banyak legenda. Penduduk setempat menjaga sisi kiri air terjun dengan penjaga pria dan wanita di sebelah kanan. 

Tapi pastikan Anda tidak pernah meninggalkan Tancak Kembar sendirian. Nikmati keindahannya bersama orang tersayang. Hanya dengan begitu perjalanan Anda akan nyaman dan aman.

Air Terjun Tancak Kembar yang satu ini adalah air terjun di Bondowoso yang terletak di lereng Gunung Argopuro dan penuh misteri tentunya. Menurut penduduk setempat, semua orang yang mandi di air terjun ini masih berusia muda. Karena Dewi Rengganis mandi di air terjun ini.

Air Terjun Tancak Kembar Kembar 

lokasi air terjun tanjak kembar bondowoso

Air terjun yang satu ini memiliki sebuah ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Hebatnya, meski di musim kemarau ini, jumlah air yang mengalir ke air terjun ini tidak pernah berkurang. 

Air Terjun Tancak Kembar masih perawan karena belum terjamah oleh tangan manusia. Karena keterpencilannya, hampir tidak ada bangunan di daerah tersebut yang langka. Untuk sampai ke lokasi, wisatawan harus berjalan kaki sekitar satu jam dari desa terakhir. Pasalnya, kendaraan dilarang melintas di jalan tersebut.

Seperti apa Wisata Air Terjun Tancak Kembar?

Begitu sampai di lokasi, segala kepenatan terbayarkan dengan keindahan air yang mengalir melalui rimbunnya pepohonan yang disebut Air Terjun Tancak Kembar. Karena keindahan alam yang ditawarkan, air terjun ini tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung, terutama pada hari libur. Meski lalu lintasnya tidak bagus, medannya menantang, namun antusiasme para wisatawan tidak berkurang. 

Baca juga : Destinasi Puncak Patirana

Sejarah/Asal Mula Air Terjun Tancak Kembar

Latar belakang Air Terjun Tancak Kembar adalah kisah putri cantik Dewi Rengganis dari Majapahit. Dikatakan bahwa sang dewi pernah meninggalkan negara itu karena suatu alasan. Gunung Argopuro adalah tempat pembebasan yang dipilih oleh para dewa. Menurut penduduk setempat, dewi ini adalah penjaga gerbang Gunung Argopuro.

Dalam kesehariannya, Dewi Rengganis mandi di air terjun di lereng Air Terjun Tancak Kembar, Argopuro. "Tancak" berarti air terjun, oleh karena itu Tancak Kembar adalah air terjun berlantai dua. 

Memang ada dua air terjun yang bersebelahan, hanya berjarak 20 meter. Air terjun ini sering dijadikan tempat wisata pantai bagi Dewi Rengganis, sehingga konon setiap orang yang mandi akan awet muda di air terjun ini. 

Lokasi Air Terjun Tancak Kembar

Air terjun ini terletak di desa Andungsari di kota Bondowoso. Berjarak 5 km dari Kecamatan Pakem dan Kabupaten Bondowoso. Akses jalan sempit dan jalan terletak di persawahan dan hutan serta sangat sepi bagi pengendara. Itulah ulasan tentang wisata air terjun Tancak Kembar. Semoga bermanfaat.


Penulis : Novita


No comments for "Wisata Air Terjun Tancak Kembar"