Breaking News

Terapkan ini, Ketika Anda Memilih Oli Untuk Mesin

oli untuk kendaraan standar SNI

Memilih oli untuk mesin kendaraan tidak boleh sembarangan. Anda harus benar-benar menggunakan oli yang berkualitas tinggi supaya mesin tidak cepat aus. Sebab, jika mesin sudah kadung aus si pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya mahal untuk memperbaiknya. 

Oleh karena alasan di atas, maka dibuatlah kiat atau teknik memilih oli yang berkualitas untuk mesin. Semoga apa yang akan dijelaskan ini bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda. Ini dia tips yang dimaksud:

Baca juga : Kenali kendala oli bocor pada mobil

1. Pilih Oli yang Sesuai dengan Kendaraan

Kendaraan matic dengan kendaraan konvensional memiliki sistem pembakaran mesin yang berbeda. Itu artinya, kebutuhan pada oli juga berbeda yang membuat si pemilik kendaraan harus benar-benar memilih oli yang tepat. 

Nah, solusi untuk hal ini harus benar-benar mengetahui mana oli yang cocok dengan kendaraan. Jangan malu untuk bertanya kepada pihak deler ataupun bengkel supaya memiliki pemahaman yang lebih jelas terkait hal tersebut. 

2. Pilih Oli yang Masih Steril dan Segel 

Hati-hati dengan oli palsu yang terkadang kadar jumlahnya sudah tekor dan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Anda harus mengetahui ciri-ciri oli yang berkualitas dengan cara membelinya di dealer atau penjual sparepart kendaraan yang resmi dan berlisensi. 

Kendaraan adalah alat yang mahal dan mewah. Maka tentu harus merawatnya dengan baik termasuk memberinya oli yang tepat. Jangan tertipu harga murah, karena terkadang harga semacam ini yang menjadi ciri oli tidak bermutu. 

3. Pilih Oli Ber-SNI

Jika masih bingung dengan oli yang berkualitas, pilih saja oli yang sudah ber-SNI. Ini merupakan oli yang sudah terstandarisasi sehingga ada jaminan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Jika menggunakan oli ber-SNI, lebih tenang dan bisa menggunakan kendaraan dengan nyaman. Anda juga tidak perlu khawatir bakal mengeluarkan uang banyak untuk perawatan mesin, karena oli ber-SNI justru membuat mesin kendaraan lebih awet. 

4. Pilih Oli yang Tidak Cepat Over Hate

Ketika memilih oli untuk mesin, silakan memilih oli yang tidak cepat overhate atau tidak cepat panas. Pasalnya, jika oli cepat panas, komponen mesin bisa terkena imbasnya yang salah satunya ialah mengalami aus atau berkarat. 

Jika mesin berkarat, pemilik kendaraan tinggal menunggu waktu untuk melakukan perbaikan. Ironinya, biaya pergantian mesin untuk saat ini sangat mahal. Apalagi jika kendaraan merupakan kendaraan terbaru yang harga spare part-nya melambung tinggi. 

5. Sesuaikan Kadar Oli dengan Jarak Tempuh

Kadar oli tidak asal dibuat oleh perusahaan melainkan sudah disesuaikan dengan jarak tempuh untuk kendaraan tertentu. Artinya, kebutuhan akan oli untuk kendaraan yang satu tentu berbeda dengan kendaraan yang lain.

Oleh sebab itu, Anda harus menyesuaikan kadar oli dengan jarak tempuh kendaraan. Untuk hal ini tidak boleh salah atau oli akan tekor yang akan membuat kendaraan tidak bisa melaju dengan nyaman. Tak hanya itu, oli tekor juga bisa membuat mesin cepat rusak. 

Baca juga : Fungsi oli pada mesin kendaraan

6. Memiliki Kemampuan Melumasi Mesin dengan Lebih Lama

Salah satu fungsi oli adalah melumasi mesin supaya tidak lekas aus akibat adanya gesekan antar komponen. Jika oli mampu melumasi dalam waktu lama, berarti oli tersebut memang betul betul berkualitas tinggi. 

Anda sendiri harus mengetahui oli yang mampu melumasi mesin dengan baik. Caranya dengan bertanya langsung kepada pihak bengkel atau melihat komposisi yang berada di dalam kemasan. 

Itulah, beberapa trik memilih oli untuk mesin kendaraan yang bermutu. Jika teknik di atas dipilih, tentu Anda tidak perlu khawatir, mesin akan mengalami aus. Justru yang ada mesin semakin bandel dan pembakaran semakin maksimal. 


Penulis : Tini




Type and hit Enter to search

Close