Tren Teknologi Terbaru Tahun Ini

perkembangan teknologi terkini

Tren Teknologi Terbaru Tahun Ini - Tahun yang berlalu tidak diragukan lagi merupakan tahun yang berat bagi semua orang, dan tidak berlebihan jika dikatakan bahwa masyarakat masih beradaptasi dengan new normal. Fitur menonjol tahun 2020 adalah meningkatnya ketergantungan pada teknologi dan platform online.

Oleh karena itu, tahun baru telah menghadirkan beberapa teknologi menjanjikan yang dapat memimpin dengan meningkatkan pengalaman dan penggunaan konsumen dan bisnis di dunia digital ini. Dari semua teknologi yang menjanjikan itu, berikut adalah beberapa tren teknologi terbaru untuk didiskusikan dengan Anda hari ini. Jadi, mari kita mulai.

Baca juga : Teknologi Iot untuk lansia

Generasi Berikutnya dari Jaringan Seluler

Internet seluler generasi kelima akan memberi Anda jenis kecepatan yang sekarang didapat kebanyakan orang dari Wi-Fi. Ini akan mengarah pada peningkatan besar dalam cara aplikasi ditulis, digunakan, dan berinteraksi dengan pengguna. Ini juga melibatkan pertumbuhan berkelanjutan dari aplikasi sensitif data dan IoT (Internet of Things) objek fisik tertanam sensor yang berbagi data dengan dan terhubung ke internet, kendaraan otonom.

Telemedicine dan Telehealth yang Berkembang

Institusi kesehatan berusaha menurunkan paparan pasien dan pekerja terhadap Covid-19. Banyak praktik publik dan swasta telah mulai menerapkan lebih banyak penawaran telehealth seperti obrolan video pasien-dokter, diagnostik berbasis AI, dan pengiriman obat tanpa kontak. Kunjungan telehealth meningkat pesat pada tahun lalu, dan tren akan berlanjut tahun ini.

Teknologi Cloud Terdistribusi dalam Permintaan

Awan terdistribusi adalah layanan komputasi awan publik yang memungkinkan Anda menjalankan infrastruktur awan publik di berbagai lokasi. Ini berjalan tidak hanya di infrastruktur dan tempat penyedia cloud tetapi juga di pusat data penyedia cloud lainnya, bersama dengan pusat data pihak ketiga. Permintaan akan teknologi cloud terdistribusi membawa cloud publik lebih dekat ke lokasi dan jaringan pribadi tertentu.

Apa Saja Tren Teknologi Terbaru Tahun Ini?

Pertumbuhan AI, Robotika, dan Otomasi Industri

Tahun ini, Anda dapat mengharapkan untuk melihat permintaan yang sangat besar dan pengembangan AI (kecerdasan buatan) dan teknologi otomasi industri yang lebih cepat. Ketika rantai pasokan dan manufaktur mulai beroperasi penuh, masalah serius kekurangan sumber daya manusia juga meningkat.

Dalam situasi ini, memperkenalkan otomatisasi dengan bantuan robotika, kecerdasan buatan, dan internet of things akan menjadi solusi alternatif terdepan untuk mengoperasikan industri manufaktur. Ada beberapa perusahaan terkemuka yang melakukan otomatisasi industri dengan robotika dan integrasi AI. Industri juga merupakan salah satu kunci untuk produksi yang lebih baik.

Baca juga : Manfaat kemajuan teknologi

Mengatasi Serangan Siber dan Pelanggaran Data

Tuntutan akan teknologi yang lebih baik untuk keamanan siber selalu konsisten di antara para pengguna. Namun, dengan dunia terkurung di rumah di tengah penguncian dan meningkatnya penggunaan ruang online, jumlah pelanggaran data dan kejahatan dunia maya juga meningkat bersamaan. Peretas jahat mengekspos lebih dari 155 juta catatan pada tahun 2020 saja.

Dengan demikian, ada peningkatan fokus pada kebijakan berbasis data dan mencari berbagai cara untuk menangani serangan siber dan pelanggaran data. Juga, lakukan upaya untuk mendidik lebih banyak orang tentang kerentanan tersebut, dampaknya, dan bagaimana tetap aman.

Peningkatan Penggunaan Augmented Reality dan Virtual Reality

Realitas virtual dan augmented reality telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan pada tahun lalu. Teknologi imersif kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda, mulai dari bisnis hingga hiburan. Kedatangan pandemi telah meningkatkan adopsi teknologi ini ketika bisnis beralih ke model kerja jarak jauh. Itulah beberapa tren teknologi terbaru tahun ini.


Penulis : Novita


No comments for "Tren Teknologi Terbaru Tahun Ini"