Bagaimana Teknologi Membantu Memecahkan Tantangan Global?

peran penting teknologi

Bagaimana Teknologi Membantu Memecahkan Tantangan Global - Banyaknya peluang yang diberikan oleh teknologi baru sebagian besar digunakan untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi organisasi atau konsumen menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan.

Namun teknologi yang sama dapat diterapkan untuk membantu mengatasi berbagai tantangan yang lebih luas yang dihadapi masyarakat, mulai dari perawatan kesehatan hingga kelestarian lingkungan dan para pemimpin teknologi. Berikut adalah beberapa cara teknologi membantu memecahkan tantangan global utama: 

Baca juga : Kemajuan teknologi bagi kesehatan mental

Pendidikan

Teknologi kelas pintar adalah meruntuhkan dinding kelas tradisional dan membuka peluang baru bagi siswa dan guru. Bagi banyak siswa, terutama mereka yang berada di daerah terpencil, perkembangan cloud, konferensi video, dan teknologi nirkabel dapat menawarkan akses ke kelas, mata pelajaran, dan guru yang mungkin belum pernah mereka jangkau. 

Internet yang semakin cepat dan jangkauan jaringan yang canggih juga memberi mereka yang tidak dapat mendaftar di sekolah atau universitas kesempatan untuk mengakses kursus online gratis, atau bahkan belajar mandiri melalui situs-situs. Teknologi akan memainkan peran penting sebagai alat pelatihan bagi pekerja yang digantikan oleh otomatisasi.

Kemiskinan

Teknologi dapat membantu mengurangi kemiskinan dengan menciptakan lebih banyak pekerjaan dan memungkinkan mereka yang berada di negara berkembang untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Memiliki akses internet yang dipadukan dengan literasi digital dapat membuka lebih banyak peluang bagi lebih banyak orang untuk menghidupi diri sendiri secara ekonomi. 

Perubahan iklim

Kota pintar dan teknologi Internet of Things (IoT) dapat menciptakan gedung dan jalan yang lebih efisien, mulai dari pencahayaan cerdas hingga sistem pendingin dan pemanas udara yang tidak berpolusi. 

Aplikasi yang terhubung ke sensor dapat mengukur dan meningkatkan penggunaan air dan listrik. Sensor telah dipasang untuk memantau kebisingan kota, hujan, dan kualitas udara, dan sistem irigasi cerdas.

Bagaimana Teknologi Membantu Memecahkan Tantangan Global?

Keamanan publik

Berbagai teknologi dapat membantu meningkatkan keselamatan publik di seluruh dunia. Komunikasi dan aplikasi darurat berbasis lokasi dapat memungkinkan mereka yang berada dalam bahaya untuk mengetahui keberadaan mereka dan mencari bantuan dari penegak hukum atau orang lain di sekitar. 

Kesehatan

Digitalisasi rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya akan melihat transisi industri berbasis kertas yang sebagian besar menjadi lebih efisien, memungkinkan dokter untuk mengakses catatan dari mana saja, serta berinteraksi dengan pasien dan kolega terlepas dari lokasi mereka untuk memberikan perawatan kolaboratif dengan lebih baik.

Tenaga medis akan meningkatkan pengalaman pasien, mengurangi biaya untuk rumah sakit, dan mengarah pada perawatan berkualitas lebih tinggi di seluruh dunia. Teknologi Blockchain dan buku besar aman yang disediakannya dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah keamanan, skalabilitas, dan privasi di sektor perawatan kesehatan.

Baca juga : Bisnis teknologi di tahun 2021

Bantuan bencana

Inovasi dalam teknologi menyediakan yang baru dan lebih banyak lagi cara efektif untuk mengatasi akibat bencana, dari meningkatkan cara para penyintas dapat berkomunikasi, hingga membantu layanan darurat mendapatkan waktu dan informasi yang berharga. 

Pertanian

Menurut Organisasi Pangan, kita perlu menghasilkan 70% lebih banyak makanan pada beberapa tahun yang akan datang dibandingkan tahun sebelumnya untuk mendukung pertumbuhan populasi dunia. 

Petani dan perusahaan pertanian semakin banyak menggunakan teknologi pertanian praktis atau solusi 'bertani cerdas'pemantauan ternak, pengujian peralatan, pengukuran tanah dan cuaca. Itu saja mengenai teknologi membantu memecahkan tantangan global.


Penulis : Novita


No comments for "Bagaimana Teknologi Membantu Memecahkan Tantangan Global?"