Manfaat Teknologi IoT Bagi Lansia

jam tangan pintar untuk lansia

Manfaat Teknologi IoT Bagi Lansia - Jika Anda seorang senior yang ingin hidup lebih mandiri dan nyaman di rumah, perangkat IoT mungkin menjadi solusi yang bagus untuk masalah umum. Perangkat pintar perawatan kesehatan khususnya adalah salah satu sektor IoT yang tumbuh paling cepat.

Menunjukkan potensi luar biasa untuk membantu orang dewasa yang lebih tua merawat diri mereka sendiri dengan lebih mudah. Kali ini saya akan membahas manfaat teknologi IoT bagi lansia. Sebelum itu apakah Anda tau apa itu IoT? Nah alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penjelasan lengkapnya, simak berikut ini.

Baca juga : Cara daftar shopee food 

Apa itu IoT?

Istilah IoT berarti internet of things. Perangkat IoT adalah perangkat yang secara tradisional "bodoh", atau tidak terhubung ke internet, tetapi telah didesain ulang untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan Wifi. Perangkat IoT disebut “pintar”, seperti pada termostat pintar atau jam tangan pintar, karena perangkat tersebut mendukung internet.

Bagaimana IoT Bisa Bermanfaat Bagi Lansia?

Kenyamanan

Anda mungkin sudah memahami bagaimana perangkat IoT dapat membuat hidup lebih mudah bagi manula dari contoh sebelumnya. Salah satu cara terbesar mereka dapat membantu adalah dengan membuat tugas sehari-hari lebih mudah. Misalnya, membeli lebih banyak kertas toilet bisa sesederhana meminta speaker pintar Anda untuk membeli barang tersebut dan kemudian menunggunya sampai di pos.

Ini juga dapat mengurangi kebutuhan untuk bangun di malam hari, berkat perangkat yang dapat menyalakan kipas angin atau AC melalui ponsel Anda. Mobil pintar dapat membantu dengan menyimpan alamat yang sering Anda kunjungi dan menavigasi untuk Anda.

Apa Manfaat Teknologi IoT Bagi Lansia?

Keamanan

Perangkat IoT dapat membantu membuat kehidupan lansia mandiri lebih aman. Misalnya, Anda atau pengasuh Anda dapat memilih untuk memasang sensor gerak yang memperingatkan responden jika tidak ada gerakan yang terdeteksi dalam jangka waktu yang lama.

Ini berarti bantuan akan datang lebih cepat setelah jatuh atau sakit. Perangkat IoT juga dapat melacak perubahan kualitas udara, suhu, kelembaban, atau karbon monoksida, memberi tahu pemilik rumah atau pengasuh jika levelnya turun di bawah level yang dapat diterima.

Aplikasi Kesehatan

Perawatan kesehatan adalah salah satu aplikasi teknologi IoT yang paling menjanjikan. Perangkat IoT perawatan kesehatan dapat memantau semuanya, mulai dari kepatuhan pengobatan hingga tekanan darah. Seorang senior dapat membeli kotak pil berkemampuan internet, misalnya, untuk membantu memastikan mereka minum obat sesuai resep.

Atau pasien diabetes dapat menggunakan jam tangan pintar untuk memantau kadar glukosa mereka dan secara otomatis mencatatnya secara online, tanpa perlu tusukan jari. Perangkat ini dapat membantu manula hidup dengan lebih mandiri dan tenang.

Baca juga : Teknologi dapat merubah industri pertanian

Keamanan Rumah

Perangkat pintar menunjukkan potensi untuk meningkatkan keamanan rumah melalui kunci pintar, kamera, dan sensor. Perangkat ini dapat memperingatkan pemilik rumah jika ada pembobolan atau aktivitas yang tidak biasa di luar rumah mereka. Mereka juga dapat membantu manula memantau rumah mereka secara mandiri, tanpa hanya mengandalkan perusahaan keamanan rumah.

Pengguna ini dapat mengakses umpan kamera, membuka dan mengunci pintu, dan mengaktifkan atau menonaktifkan sensor langsung dari ponsel cerdas mereka. Lansia juga dapat menggunakan perangkat pada teknologi IoT untuk memantau alarm asap dan detektor karbon monoksida di perangkat pribadi mereka. Mereka dapat mematikan alarm asap dari telepon mereka jika mereka mengalami alarm palsu dari makan malam yang terbakar.


Penulis : Novita


No comments for "Manfaat Teknologi IoT Bagi Lansia"