Breaking News

Gejala Asap Mobil Hitam dan Solusi Mengatasinya

gejala asap mobil hitam

Hampir seluruh pengguna mobil merasa panik dan khawatir jika muncul gejala asap mobil hitam. Tak hanya mengganggu kenyaman para pengguna jalan lain, asap yang menghitam juga dapat menjadi pertanda bahwa mobil anda sedang dalam kondisi mesin yang tidak bersahabat. 

Mengenal Gejala Asap Mobil Hitam

Umumnya, muncul asap hitam terjadi sebab proses pembakaran yang tidak sempurna sehingga mesin berimbas pada asap knalpot yang tidak wajar. Selain asap hitam yang pekat, biasanya muncul bau gosong.

Jangan anggap remeh, kenali beberapa faktor dan gejalanya pada ulasan berikut ini.

Baca juga : Kenali tanda oli mobil bocor

1. Filter udara sudah kotor

Sudahkah anda memeriksa filter baru-baru ini? Awas, jika sudah kotor maka tak heran asap dan knalpot jadi menghitam. Alasannya, jika komponen ini sudah penuh oleh kotoran maka peranannya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Imbasnya, terjadi penyumbatan di saluran penting hingga berujung asap yang tidak bersahabat. Oleh sebab itu, rajin-rajin membersihkan dan mengganti filter secara berkala dapat mencegah dari gejala asap hitam. 

2. Bahan bakar yang tercampur 

Pernahkah anda sering mengganti jenis bahan bakar yang berbeda? Meskipun spele, namun siapa sangka imbasnya justru dapat mengancam kesehatan mesin terutama busi. Alasannya, busi gagal membakar bahan bakar dengan optimal. Karena kehilangan kinerjanya, emisi gas yang dihasilkan berubah pekat hitam hingga menimbulkan pedih di area mata.

3. Kerusakan sistem injeksi

Jika sistem injeksi sedang bermasalah, maka akan menimbulkan percampuran kadar rasio bensin dan udara menjadi tidak sempurna ketika masuk ke ruang bakar.

4. Macetnya Idle air control (IAC)

Tahukah anda fungsi dari komponen ini?

Tergolong vital sebab fungsinya sebagai pengatur udara yang akan menbawa kedalam bahan bakar melewati saluran idle dalam throttle body. 

Normalnya, kondisi katup yang terbuka lebar penuh maka udara yang masuk pun lebih banyak.

Sebaliknya, kondisi katup yang hanya membuka sedikit maka udara yang masuk pun sedikit karena tertahan. Bersamaan dengan bensin yang tersupplai secara terus-menerus imbasnya udara dan bensin menjadi tidak seimbang. Jadi hal inilah yang menyebabkan knalpot menghitam. 

Solusi Mengatasi Asap Mobil Hitam

Jangan panik. Kondisi asap mobil hitam dapat diatasi dengan mudah dengan beberapa cara berikut ini;

1. Setel ulang karburator

Umumnya, setel ulang karburator menjadi cara umum dalam mengatasi asap mobil hitam. Cukup setel ulang campuran bahan bakar dari baut penyetal pada karburator.

Baca juga : fungsi oli bagi mesin mobil

2. Memperbaiki sistem injeksi yang bermasalah

Jika lampu engine sudah menyala, berarti sudah terdeteksi kerusakan pada sensor atau bagian injektor. Jangan mencoba untuk mengatasi secara individu sebab dikhawatirkan terjadi kerusakan lebih parah akibat bongkar pasang yang salah karena komponen ini erat kaitannya dengan sistem.

Oleh sebab itu, sebaiknya mendatangi bengkel berpengalaman. Dengan menggunakan tools khusus dan canggih, masalah injeksi yang bermasalah yang teratasi dengan mudah.

3. Membersihkan ruang silinder

Kapan terkahir kali anda membersihkan ruang silinder? Dengan membersihkan secara berkala, asap hitam dicegah dengan maksimal. Pasalnya, bahan bakar yang berlebihan menjadi salah satu sebab asap knalpot menghitam pekat, Oleh sebab itu, jangan abai terhadap kebersihan mesin, salah satunya ruang silinder.

Itulah beberapa gejala dan solusi dalam mengatasi asap mobil hitam pekat. Jangan lupa untuk membawa mobil kesayangan anda ke bengkel terdekat yang berpengalaman agar mendapatkan check up dan solusi yang tepat dibutuhkan oleh mobil anda. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close