Breaking News

Kemajuan Teknologi yang Mendukung Kesejahteraan Kesehatan Mental

perkembangan teknologi jaman sekarang

Kemajuan Teknologi yang Mendukung Kesejahteraan Kesehatan Mental - Kondisi kesehatan mental lazim di tempat kerja, tetapi apakah kemajuan teknologi akan berdampak lebih besar pada kesejahteraan psikologis? Ini disebut Revolusi Industri Keempat danperubahan cepat yang melibatkan kemajuan teknologi yang akan membawa perilaku baru, mobilitas yang lebih besar, dan globalisasi. 

Ini adalah prakiraan untuk masa depan pekerjaan dan pasar yang dicirikan oleh robotika, Kemajuan Teknologi dari kecerdasan buatan (AI), data besar, dan internet. Bertentangan dengan masa depan ini adalah ramalan untuk kesehatan mental dan kesejahteraan kita. 

Baca juga : Bisnis digital menghasilkan jutaan rupiah

1. Data dan komunikasi

Kami memiliki kemampuan untuk mengatur dan menyortir data dalam jumlah besar yang dapat menginformasikan pengambilan keputusan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini, ditambah dengan banyaknya volume data yang tersedia dari sensor arus lalu lintas, perangkat lingkungan, dan smartphone, memberi kita informasi yang tak tertandingi. 

Data besar telah membantu kami memahami tentang prevalensi kondisi kesehatan mental. Ini telah membimbing dan memberdayakan orang untuk mencari bantuan untuk diri mereka sendiri dan orang lain, mendobrak penghalang dan tabu sosial yang terkait.

2. Aplikasi kesehatan mental

Kita dapat menggunakan aplikasi untuk semua jenis aktivitas sehari-hari, termasuk untuk kesehatan mental. Aplikasi semacam itu sudah terbukti populer. Aplikasi tersebut dapat membantu menciptakan suasana hati yang positif, mengurangi stres, dan memerangi kecemasan. Ini sudah tersedia dengan smartphone dan dapat diakses di mana saja. 

Mereka dapat menawarkan dukungan kepada remaja dan dewasa muda, khususnya, yang merasa nyaman menggunakan teknologi seluler dan diperkirakan mengalami lebih banyak stres dan kecemasan dibandingkan kelompok lain. Meskipun ada banyak aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan individu dengan kecemasan dan depresi tingkat rendah.

Apa Saja Kemajuan Teknologi yang Mendukung Kesejahteraan Kesehatan Mental?

3. Teknologi pelacakan tempat kerja

Teknologi ini sudah digunakan di banyak organisasi. Perangkat untuk pengemudi pengiriman adalah contoh yang baik tentang bagaimana sistem GPS dapat merekam posisi dan kemajuan pengemudi dan waktu istirahatnya. Pelacakan informasi yang lebih pribadi, termasuk kesehatan dan kesejahteraan, tidak tersebar luas tetapi terus berkembang di mana staf ditawari pelacak kebugaran. 

4. Realitas virtual

Meskipun merupakan area yang relatif baru, realitas virtual telah membantu individu menghadapi situasi dalam dunia simulasi yang mereka anggap sulit atau tidak mungkin dalam kehidupan sehari-hari. Ini telah digunakan untuk membantu orang-orang dengan gangguan stres pasca-trauma dan mereka yang mengalami kecemasan atau depresi. 

Baca juga : Memilih bisnis teknologi digital menjanjikan

5. Otomasi

Memindahkan uang di ponsel cerdas, memindai bahan makanan di supermarket, mencari resep secara online, dan tes mata otomatis adalah semua aktivitas yang kita anggap remeh. Mungkin menakutkan ketika kami pertama kali mencobanya, tetapi tugas berbasis mesin ini sudah rutin sekarang. Otomatisasi berpotensi membebaskan kita dari beberapa tugas yang paling menantang secara fisik. 

Hal tersebut dapat membebaskan kita dari aktivitas tempat kerja yang membosankan, membosankan, dan berisiko.  Tentu saja, para pekerja yang digantikan oleh otomatisasi akan membutuhkan keterampilan dan dukungan baru untuk mencari pekerjaan lain. Contoh Kemajuan Teknologi dan otomatisasi ini dapat menumbuhkan fleksibilitas yang lebih besar di tempat kerja. 

Dan peluang untuk bekerja dari rumah. Mereka dapat membantu menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik untuk beberapa orang, dan untuk orang lain, memungkinkan akses penting ke pekerjaan yang mungkin membuat mereka dikecualikan.


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close