Breaking News

Inovasi Industri Otomotif Terbaru Pada Tahun ini

komponen elektronik tercanggih pada mobil

Inovasi Industri Otomotif Terbaru Pada Tahun ini - Sebuah survei komprehensif tentang tren industri otomotif yang diharapkan pada tahun ini mengungkapkan teknologi yang berpusat pada informasi memainkan peran sentral di masa depan industri. Industri ini mengadopsi teknologi baru dalam operasinya pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Kendaraan Otonom (AV)

Kendaraan otonom bertujuan untuk meminimalkan kebutuhan pengemudi manusia dan terlihat siap untuk mengubah transportasi sehari-hari. AV memperluas jangkauan transportasi jarak jauh. Misalnya dengan mengurangi kecelakaan yang disebabkan karena kelelahan atau kelalaian pengemudi. Inovasi Industri Otomotif AV dilengkapi dengan teknologi pengenalan canggih.

Baca juga : Teknologi terbaik pada industri otomotif

Konektivitas

Kendaraan hadir dengan identitas digital anti rusak yang membedakannya dari kendaraan lain dalam jaringan. Pelacakan informasi kendaraan yang mudah untuk berbagai masalah penggunaan seperti asuransi, keselamatan pengemudi, pemeliharaan prakiraan, dan manajemen lini. Berbagi informasi kendaraan tidak hanya membantu pelanggan individu tetapi juga mengubah seluruh ekosistem seluler.

Elektrifikasi

Menipisnya cadangan bahan bakar fosil dan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh penggunaannya menyerukan untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik (EV). Untuk adopsi lebih banyak, EV bisa lebih mahal. Baterai tidak cukup, pengisian daya yang lemah. Masalah seperti distribusi daya kapal dan jaringan pengisian berbasis energi terbarukan perlu ditangani.

Mobilitas Bersama

Dengan kendaraan terhubung, model bisnis baru telah muncul yang berfokus pada mobilitas bersama sebagai alternatif kepemilikan kendaraan tradisional. Hal ini memungkinkan mobilitas-sebagai-layanan (MaaS) dan mencegah kendaraan yang tidak digunakan. Solusi tersebut memenuhi persyaratan kota atau bisnis tanpa menambah kendaraan baru, sehingga mengurangi waktu tunggu armada dan polusi yang disebabkan oleh kendaraan bensin atau diesel.

Apa Saja Inovasi Industri Otomotif Terbaru Pada Tahun ini?

Kecerdasan Buatan (AI)

Teknologi kecerdasan buatan seperti pembelajaran mesin , pembelajaran mendalam , dan visi komputer menemukan aplikasi dalam otomatisasi robot dalam industri otomotif. Ini memandu mobil self-driving, mengelola armada, membantu pengemudi untuk meningkatkan keselamatan dan meningkatkan layanan seperti inspeksi kendaraan atau asuransi. AI juga menemukan aplikasi dalam manufaktur otomotif.

Data Besar & Analisis Data

Di era data besar, analitik data tingkat lanjut menginformasikan berbagai keputusan sepanjang siklus hidup kendaraan. Data yang dikumpulkan dari kendaraan memungkinkan pemeliharaan prediktif, memberi tahu manajer tentang armada mereka, dan memperingatkan otoritas terkait jika terjadi kecelakaan. Selain itu, data otomotif pelanggan menemukan aplikasi dalam mendorong penjualan, mengoptimalkan rantai pasokan, dan menyempurnakan desain produk untuk kendaraan baru.

Antarmuka Manusia-Mesin

Saat mobil self-driving dan mobil terkoneksi mengubah lanskap otomotif, secara fundamental akan mengubah cara pengemudi berinteraksi dengan kendaraan. Antarmuka manusia-mesin (HMI) menggunakan umpan balik berbasis suara atau haptic untuk mengoperasikan kendaraan. Ini memperluas cakupan bagaimana dan aspek apa dari mobil yang dikendalikan pengguna. 

Hasilnya, permukaan seperti itu membuat pengalaman berkendara lebih aman dan menyenangkan. Bentuk lain dari HMI termasuk asisten virtual pintar yang membantu pengemudi dan pengendara berinteraksi dengan kendaraan dan penyedia layanan lainnya.

Baca juga : Komponen elektronik otomotif pada mobil

Blockchain

Blockchain menemukan banyak aplikasi di industri otomotif. Ini termasuk berbagi data kendaraan melalui jaringan yang aman untuk konektivitas, transportasi perkotaan, dan pengiriman. 

Hal ini juga digunakan untuk memeriksa pasokan dan pengikatan komponen atau untuk memastikan bahwa bahan baku dan komponen bersumber dari sumber yang sah dan terpercaya. Itulah ulasan tentang inovasi Industri Otomotif terbaru pada tahun ini. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close