Breaking News

5 Penyebab Mesin Kendaraan Mudah Panas Hingga Overheat

perawatan servis berkala pada mobil

Yang namanya mesin yang sedang aktif tentu lama-kelamaan mesin tersebut akan panas. Akan tetapi, kalau mesin mudah panas, berarti juga ada masalah di dalam mesin tersebut. Anda harus mencari penyebab mesin kendaraan mudah panas tersebut supaya kendaraan masih bisa digunakan dengan nyaman. 

Oleh karena alasan tersebut, maka baik kiranya dijelaskan tentang penyebab-penyebab mesin mudah panas. Paling tidak, tujuan saya ialah supaya Anda benar-benar merawat kendaraan dengan baik serta mencegahnya mengalami kerusakan yang parah. Ini dia penyebab yang dimaksud:

Baca juga : Daftar mobil terbaru 2021

1. Air Radiator Mengering

Kalau air radiator mengering, efek negatifnya akan menimpa mesin yaitu mudah overheat. Sebab, fungsi air radiator atau collier ialah untuk mendinginkan suhu mesin supaya tidak terjadi pemanasan yang parah. 

Masalahnya, air radiator mengering tidak hanya disebabkan oleh Anda yang lupa mengisi air-nya, tetapi juga disebabkan oleh adanya kebocoran di dalam radiator itu sendiri. Oleh sebab itu, jika radiator terus mengalami kekeringan, segera periksa komponen tersebut dengan lebih seksama. 

2. Radiator Mengalami Kebocoran

Mesin kendaraan cepat panas kadang juga disebabkan oleh radiator yang mengalami kebocoran. Sehingga, sekalipun terus mengisi air radiator secara rutin, efeknya tetap sia-sia, karena tidak ada cairan yang melekat di dalam radiator. 

Resikonya yang bakal diterima ialah, mesin kendaraan akan bermasalah dengan pendingin. Yang ada mesin terus memanas yang berpotensi merusak pada komponen-komponen yang lain. Oleh sebab itu, silakan periksa radiator secara rutin untuk memastikan komponen tetap bagus. 

3. Karet Penutup Radiator Tidak Rapat

Karet penutup radiator memiliki peran yang sangat penting bagi mesin kendaran. Sebab, penutup inilah yang menjaga suhu panas dan suhu dingin mesin tetap stabil. Kalau karet penutup tidak rapat, tentu air panas yang keluar akan membuat mesin semakin panas. 

Untuk itu, Anda harus terus menjaga karet penutup agar bisa menutup dengan sempurna. Sehingga, ada sedikit pengurangan suhu yang bisa membuat mesin kendaraan tetap awet dan tahan lama. Untuk itu, silakan jaga komponen ini dengan baik. 

4. Kipas Radiator Tidak Berfungsi

Kipas radiator adalah perangkat untuk mengurangi suhu panas pada mesin kendaraan. Jika perangkat yang juga disebut dengan istilah fun mesin ini mengalami kerusakan, tentu mesin akan mudah panas bahkan akan mengalami overheat. Apalagi jika Anda menggunakan kendaraan untuk perjalanan jarak jauh. 

Solusinya ialah, silakan lakukan perawatan terbaik untuk kipas radiator. Jika perlu lakukan pembersihan secara berkala minimal setiap enam bulan sekali atau bersamaan dengan ganti oli mesin. Ini bisa menjadi syarat kendaraan tetap bagus dan berlari kencang. 

Baca juga : Mobil type keluaran 2020

5. Kadar Oli Tekor

Berhati-hatilah bagi yang suka menyepelekan waktu pengisian oli, karena hal ini juga bisa menimbulkan panas berlebihan pada mesin. Jika oli tidak ada atau tekor, tentu mesin tidak terlumasi dengan baik, sehingga timbul gesekan ekstrem yang tidak diinginkan. 

Solusi untuk masalah ini ialah, silakan isi ulang oli secara teratur minimal enam bulan sekali. Jika kendaraan selalu dibawa ke lokasi yang jauh, mungkin waktu pengisian olinya bisa dipercepat hingga tiga bulan sekali. 

Itulah penyebab mesin kendaran mudah panas yang perlu diketahui. Usahakan masalah ini tidak dibiarkan berlarut-larut atau kendaraan akan rusak dengan cepat. Anda juga bakal rugi biaya service yang hingga saat ini nominalnya terus bertambah.


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close