Breaking News

Manfaat Kedelai Hitam Bagi Tubuh

manfaat kedelai hitam

Kedelai hitam merupakan bahan dasar yang digunakan untuk membuat kecap. Selain itu, kedelai hitam juga  dapat dikonsumsi layak seperti kedelai biasa. Tekstur maupun rasa juga tak banyak berbeda. Kandungan yang ada pada kedelai hitam dapat mencegah berbagai penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh. 

Kandungan dalam kedelai hitam meliputi vitamin B12, serat, magnesium, zat besi dan antioksidan. Selain itu, kedelai hitam juga mempunyai kadar lemak dan karbohidrat rendah. Kacang kedelai juga sangat cocok untuk pelengkap makanan yang iasanya disajikan pada burger, burrito dan juga tambahan pada salad.

Manfaat yang dapat diperoleh dari kedelai hitam adalah :

1. Dapat Mengurangi Kolestrol

menjaga kolesterol

Dalam kedelai hitam terdapat kandungan zat antosianan dan isoflavone yang dapat berfungsi untuk mengurangu kolestrol. Selain itu, kandungan potein dan karbohidrat dapat mencegah radikal bebas yang mampu menyerang tubuh. Untuk hasil yang maksimal konsumsilah kedelai hitam secara teratur dan juga rajin berolahraga.

2. Meminimalkan resiko penyakit jantung

menjaga jantung

Pada kedelai hitam juga mengndung asam alfalinolenat yang dapat menjaga kesehatan pada jantung. Cara yang mengkonsumi kedelai hitam dapat dilakukan dengan menggoreng, merebus atau dibuat sup.

Baca juga : Cara membuat susu kedelai

3. Dapat Mencegah Obesitas

program diet

Apabila Anda mengalami masalah terkait dengan berat badan, alangkah baiknya mengkonsumi kedelai hitam secara rutin. Kedelai hitam dapat membantu program diet karena mengkonsumsi kedelai hitam dapat menjadikan rasa kenyang dan juga dapat menurunkan nafsu makan.

4. Dapat Mencegah Kanker

menghindari penyakit kanker

Seperti halnya kedelai biasa, dalam kedelai hitam juga memiliki fungsi yang mirip dengan horman estrogen yang berperan untuk mengurangi resiko terjadinya kanker seperti kan ker payudara dan kanker prostat

5. Dapat menjaga gula darah

mencegah gula darah

Apabila Anda mengkonsumi kedelai hitam secara rutin dapat menjadikan gula darah menjadi stabil. Hal ini tentunya dapat meminilkan resiko terjadinya penyakit dalam tubuh.

6. Memiliki banyak nutrisi

nutrisi baik untuk tubuh

Kedelai hitam juga makanan sehat yang mengadung lemak rendah, karbohidrat dan juga protein yang tinggi. Nutrisi lain yang terdapat pada kedelai hitam adalah magnesium,zat besi, riboflavin, antioksidan, serat, vitamin K dan mangan.

7. Dapat menjaga kesehatan tulang

kesehatan tulang

Dalam kedelai terdapat zinc, zat besi, magnesium, tembaga dan mangan yang berfungsi untuk mejaga kelenturan, struktur, dan kekuatan tulang. Sehingga, dengan rutin mengkonsumsi kedelai hitam membuat tulang dan sendi menjadi lebih kuat.

Baca juga : Cara membuat kecap manis

8. Dapat menurunkan tekanan darah

identifikasi tekanan darah

Salah satu cara yang yang dapat dilakukan oleh penderata hipertensi untuk menjaga tekanan darah adalah dengan mengurangi konsumsi sodium. Dalam kedelai hitam, kadar sodiumnya rendah. Selain itu kandungan kalsium, potasium dan magnesiuam yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

9. Baik untuk pencernaan

memelihara pencernaan tubuh

Serat yang ada pada kedelai hitam dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan juga dapat mencegah sembelit. Akan tetapi, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apabila terjadi masalah pada pencernaan,

10. Dapat membuat Anda berenergi

senam hidup sehat

Pada satu cangkir kedelai hitam mimiliki lima belas protein dan juga lima belas serat. Dengan dua kandungan tersebut dapat membuat anda kenyang dalam jangka waktu yang lama. Apabila dalam tubuh tidak tercukupi serat dan protein maka tubuh akan merasa lemah lesu. 

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kedelai hitam.  Hanya saja kekurangan dari kita terlalu banyak mengkosumsi kedelai hitam dapat menyebabkan ketidaknyaman serta dapat menimbulkan gas dalam tubuh.  Apabila Anda mengalami efek samping tersebut maka anda dapat mengkonsumsi kedelei hitam sedikit demi sedikit.


Penulis : Anis Nurul A




Type and hit Enter to search

Close