Breaking News

Intip Peluang Usaha Tanaman Hidroponik Dan Analisanya Lengkap

Kini peluang usaha hidroponik menjadi ladang bisnis yang cukup digemari oleh masyarakat. Meksipun mudah dilakukan, namun sebaiknya calon pengguna harus tahu beberapa peluang usaha tanaman hidroponik dan analisanya yang kemungkinan terjadi. Oleh sebab itu, setidaknya calon pengguna dapat mengetahui lebih dalam terkait seberapa besar keberhasilan usaha hidroponik yang dilakukan. 

Selengkapnya simak ulasan berikut ini. 

Peluang Usaha Tanaman Hidroponik

peluang tanaman hidroponik untuk petani dan pencinta tanaman

Faktanya, usaha tanaman hidroponik tergolong bisnis pertanian modern yang cocok digunakan pada lahan yang sempit. Maka tidak heran bila banyak masyarakat khususnya perkotaan yang mulai menggeluti usaha tanaman hidroponik.

Baik usia muda maupun tua, peluang usaha hidroponik sangat terbuka lebar bagi siapa saja dengan keuntungan berlipat. Bisnis hidroponik tergolong cukup menjajikan dengan biaya murah sebab menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan dirumah. Lalu untuk bahan baku dapat dijumpai dengan mudah pada toko pertanian terdekat.

Keuntungan Usaha Hidroponik

Banyak keuntungan yang didapatkan dari usaha tanaman hidroponik. Selain banyak dilirik oleh banyak masyarakat, keuntungan lainnya sebagai berikut;

- Tanaman dibutuhkan oleh pihak hotel, restoran, tempat makan, kantor, pabrik, dan lainnya

- Harga yang dibanderol kisaran dari Rp 4 ribu hingga Rp 40 ribu per kg

- Dapat dilakukan pada lahan sempit

- Cocok untuk peluang pasar perkotaan 

Baca juga : Cara supaya tanaman cepat berbuah

Kerugian Usaha Hidroponik

Dibalik keuntungan sudah pasti terdapat kerugian. Seyogyanya, kerugian dapat mendatangi usaha apapun termasuk bisnis hidroponik. Dari segi kekurangan, bisnis tanaman hidroponik memiliki tingkat persaingan ketat dan tinggi.

Meskipun spele, namun kerugian bisnis tersebut tidak bisa dianggap remeh sebab sebagai pemula anda harus paham betul tentang strategi marketing yang baik dan kualitas tanaman yang dihasilkan dapat memenuhi kepuasan calon konsumen.

Alasan Binis Tanaman Hidroponik

Alasan bisnis tanaman hidroponik dianggap menguntungkan sebab kini masyarakat semakin terbius stigma kesadaran dalam menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit, khususnya dalam pandemi. Maka tidak heran bila banyak bisnis sayur mayur yang dialihkan dengan menggunakan sistem hidroponik.

Tanpa perlu menyewa lahan, teknik hidroponik dapat dilakukan di perkarangan rumah atau halaman belakang rumah. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan khususnya masyarakat perkotaan sebab tidak perlu menyewa lahan tanah.

Baca juga : Mengenal dasar budidaya tanaman hidroponik

Analisa Umum Keuntungan Bisnis Usaha Tanaman Hidroponik 

Lalu berapa keuntungan yang didapat?

Ambil contoh sayuran selada. Faktanya, selada menjadi jenis sayuran yang paling banyak dibutuhkan oleh restoran dan tempat makan sebagai pelengkap lalapan. 

Jika ditotal, pembelian bibit dan nutrisi sayur sekitar Rp 30 ribu hingga proses penanaman Rp 50 ribu per kg. Ketika panen tiba, anda sudah dapat mengantongi 20 kg. Nah, disini anda sudah dapat mengakumulasi harga profit yang dihasilkan.

Untuk memulai bisnis tersebut, pastikan anda merancang beragam anggaran seperti;

-Biaya pembibitan

-Biaya vitamin tanaman

-Karung

-Botol bekas

-Vaksin tanaman

-Kompos

-Biaya transportasi

Nah, rentang harga pun bervariasi tergantung pada besaran jumlah kilo gram yang hendak ditargetkan.

Namun yang perlu diingat, pastikan anda memilih benih berkualitas, vaksin terbaik, kompos super, dan lainnya yang memang harus diprioritaskan terbaik agar hasil tanaman menjadi kualitas super. 

Kesimpulan

Bisnis hidroponik merupakan salah satu peluang usaha yang cukup mudah dilakukan oleh siapapun. Tanpa ribet, tanaman hidroponik dapat dilakukan hanya di perkarangan rumah. Bagi anda yang berminat menjalani bisnis hidroponik, pastikan anda telah mengetahui tanaman sayuran yang ditargetkan, bahan analisa, serta rincian anggaran detail yang dibutuhkan. Selamat Mencoba !!


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close