Breaking News

Cara membersihkan kaca yang bersih

Ilustrasi pembuatan kaca. Pixabay

Cara membersihkan kaca yang bersih tentu itulah yang menjadi harapan kita, tetapi kita tidak pandai atau bisa untuk membersihkannya kaca akan tampak buram. Mengenal lebih dalam apa itu kaca ? kita simak dibawah ini :


Kaca berasal dari bahan yang bersifat cair namun memiliki kepadatan tinggi, dan struktur amorf. Atom-atom didalamnya tidak membantuk suatu jalinan yang beraturan, seperti kristal, atau biasa disebut gelas.

Kaca biasanya dibuat dari silika, campuran batu pasir dengan fluks yang menghasilkan kekentalan dan titik leleh yang tidak terlalu tinggi. Kemudian dicampur lagi dengan bahan stabilisator supaya lebih kuat.

Kaca jendela, lampu, dan botol, tergolong sebagai kaca sodolime yang terbuat dari silika, fluks soda, dan stabilisator lime atau tanah liat kapur dengan magnesia, yang sedikit dicampur dengan alumina. 



Jenis kaca yang tahan panas adalah kaca borosilikat. Kaca ini terbuat dari silika, alumina dan soda mempunyai titik leleh yang tinggi dan tidak mudah pecah jika dipanaskan.

Penyebabnya kaca tidak pecah adalah koefisien muatannya amat kecil, kaca seperti ini bisa disebut pireks. Kaca silika yang dileburkan atau kuarsa yang melebur sendiri, dan 99% silika mempunyai titik leleh lebih besar, koefisien mual yang rendah, tembus radiasi ultraungu dan inflamerah.

Warna hijau pada kaca berfungsi untuk menunjukan adanya ionfero, warna ini dapat dihilangkan dengan cara menambahkan natrium nitrat atau mangaan dioksida pada tahap pembuatan.

Untuk membuat kaca warna biru kita bisa menggunakan kabolt oksida, unggu dengan mangaan oksida, juga merah emas atau selen, kuning dengan uranium oksida atau perak, cokelat dengan ionfero, hitam dengan iridium oksida atau campuran oksida lain misalnya kobalt, mangaan, dan besi nikel).

Kaca susu diciptakan dari salah satu atau hasil campuran dari kalsium fluorida, arsen trioksida, aluminium oksida, seng oksida, dan kalsium fosfat. 

Kaca aman adalah kaca yang tahan benturan, kaca ini terbuat dari dua lapis kaca yang direkatkan satu sama lain menggunakan lapisan tipis dari seluosa asetat atau bahan plastik lainnya.


1. Cara membersihkan kaca yang bersih dan bening

Kaca yang bersih dan bening tentu yang selalu kita inginkan. Ada suatu cara membersihkan kaca yang mudah yaitu :
  • dengan menggunakan satu ember air ditambah dengan satu sendok makan garam, diaduk sampai rata.
  • Koran bekas dimasukkan ke dalam air tersebut sampai basah.
  • Koran yang telah basah tersebut diusap-usapkan pada seluruh kaca.
  • Setelah itu kaca diusap-usap dengan koran bekas yang kering maka kaca pun akan kelihatan bersih dan bening.  
Baca juga : Cara membersihkan kain terkena noda

 
Itulah cara membersihkan kaca yang bersih dengan menggunakan alat yang sederhana dan bisa kita praktikkan dirumah. Anda juga bisa mengunjungi artikel yang membahas jenis kain di situs resmi www.engkongwiri.blogspot.com 


Sumber : Ir. Tutik N. Sutarto, M.P, Ir. Sutarto. dan wakipedia.org

Type and hit Enter to search

Close