Breaking News

Pemupukan tanaman anggrek yang benar


Pemilihan pupuk, selain memperhatikan unsur apa yang kiranya diperlukan oleh tanaman anggrek, juga perlu diperhatikan tingkat pertumbuhan tanaman anggrek, tanaman yang masih kecil, tanaman yang menjelang berbunga, dan tanaman dewasa mempunyai tingkat keperluan pupuk yang berbeda. sekalipun tanaman anggrek dapat tumbuh di alam dengan baik tanpa harus dipupuk, tetapi pemupukan tanaman anggrek diperlukan untuk memperoleh pertumbuhan dan pembuangan yang sesuai dengan yang kita harapkan. 

Untuk menyuburkan tanaman, dapat digunakan pupuk organik maupun anorganik (baik alam maupun buatan). hendaknya selalu diingat bahwa fungsi pupuk adalah untuk membantu pertumbuhan, di samping sinar matahari, air, dan udara. anggrek membutuhkan unsur makan tertentu untuk tumbuh dan berkembang. unsur itu dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu unsur mikro, unsur makro, dan unsur-unsur tanaman.
  • Unsur makro adalah nitrogen (N), Phospor (P), dan Kalium (K). ketiga unsur makanan itu, merupakan makanan utama dan boleh dianggap sebagai makanan pokok yang mutlak harus tersedia.
  • Unsur mikro adalah calsium (Ca), megnesium (Mg), belerang (S), natrium (Na), unsur-unsur itu dibutuhkan dalam jumlah yang relatif sedikit juga dibandingkan dengan NPK dan boleh dianggap sebagai makanan pembantu.
  • Unsur-unsur tambahan adalah baron (B), tembaga (Cu), cobalt (Co), mangan (Mn), besi (Fe), silikon (Si), seng (Zn), molybdemum (Mo), dan chlor (CI). unsur-unsur ini dibutuhkan dalam jumlah sedikit.
Semua unsur dari ketiga kelompok tadi diperlukan oleh tanaman dalam perbandingan yang berbeda. kekurangan salah satu unsur, akan menghambat pertumbuhan salah satu unsur, akan menghambat pertumbuhan bunga dan mengurangi produksi bunga. umumnya, media anggrek yang digunakan mengandung unsur-unsur tambahan mikro sehingga kekurangan unsur ini jarang terjadi dalam budidaya anggrek. unsur-unsur makro adalah NPK yang harus selalu tersedia. penyediaan ini dapat dilakukan dengan cara pemupukan. pupuk yang hanya mengandung satu unsur saja ialah pupuk nitrohen (N), phospor (P), dan kalium (K). pupuk ini disebut dengan pupuk tunggal.

Selain pupuk yang diberikan pada media tanaman dan serap melalui akar, juga tersedia pupuk yang dapat disemprotkan pada daun yang disebut dengan pupuk daun. pada umumnya, kandungan harga pupuk daun terdiri dari unsur makro dan mikro yang diperlukan oleh tanaman. contoh pupuk daun adalah gandasil D, gandasil B, babyfolan, dekastar, dan lain-lain. pupuk daun tersedia dalam bentuk kristal maupun cairan.

Baca Juga : Penanaman anggrek

Tanda-tanda tanaman anggrek yang kurang pupuk

  • kekurangan unsur nitrogen (N) dapat dikenali pada pertumbuhan anggrek yang kerdil, daun berwarna pucat kekuning-kekuningan dan daun gugur sebelum waktunya. batang menjadi keriput dan tidak berisi.
  • kekurangan unsur phospor (P) ditandai oleh daun yang berbintik cokelat dan ujungnya berwarna cokelat, sistem perakaran tidak subur, bunga mekar tidak baik, warnanya tidak bagus dan mudah gugur.
  • kekurangan unsur kalium (K) akan mengakibatkan timbul gejala yang hampir sama dengan kekurangan unsur nitrogen dan phospos.
Dalam memilih pupuk, selain kita memperhatikan unsur apa yang kiranya diperlukan oleh tanaman anggrek, juga perlu diperhatikan tingkat pertumbuhan tanaman yang kecil, menjelang berbunga. tanaman yang sudah dewasa mempunyai tingkat  keperluan pupuk yang berbeda. oleh karena itu, di pasaran tersedia berbagai pupuk yang perbandingan NPK nya berbeda-beda.

Dalam memupuk anggrek selain menggunakan pupuk buatan, kita bisa juga memanfaatkan limbah dapur seperti air kelapa, air cucian beras, air cucian daging/ikan. air tersebut dapat disiramkan pada tanaman anggrek setelah terlebih dahulu dicampur dengan air biasa.

Teknik memupuk tergantung pada pupuk yang adak kita pakai. pada pupuk NPK, biasanya terdapat dalam bentuk ;

  • Butiran. Pemakaiannya ditaburkan pada pangkal batang, dekat dengan akar anggrek. kemudian NPK dan unsur mikronya akan larut bersama siraman air.
  • Tepung. Dengan cara disiramkan, terlebih dahulu dilarutkan 2 gram per liter air, kemudian disiramkan pada tanaman. untuk anggrek sebaiknya disiramkan pada daun karena daun anggrek mampu menyerap langsung makanan.

Selain disiramkan bisa juga disemprotkan dengan menggunakan sprayer setelah pupuk dilarutkan dalam air. cara ini adalah yang baik sebab butiran air akan menjadi kecil-kecil sehingga bisa merata. membasahi seluruh permukaan daun. saat yang paling tepat untuk penyemprotan adalah pagi hari antara pukul 08.00-10.00, atau sore hari antara pukul 15.00-17.00. sebab pada saat-saat tersebut sedikit sekali terjadi penguapan dari daun yang menyebabkan bahan makanan lebih banyak diserap oleh daun. untuk penggunaan pupuk cair, cara pemakaiannya sama dengan bentuk tepung. kalau pupuk cair terlebih dahulu dilarutkan dengan 2 cc pupuk/liter air

Pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang

Pupuk kandang yang sering digunakan adalah kotoran sapi, kambing, ayam, kuda, dan lain-lain. pupuk kandang selain berisi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek, juga dapat membantu dalam penyimpanan air. pemakaian pupuk kandang sebaiknya disterilkan terlebih dahulu dengan cara menggoreng sangan agar bakteri dan jamur mati. untuk pemupukan anggrek vanda gouglas, yang paling baik adalah menggunakan pupuk kuda.

Sumber : Ir. Wahyu Handoko

Type and hit Enter to search

Close