Pembuatan es krim sederhana dan enak


Es krim adalah makanan ringan yang dibekukan. seperti yang di ketahui makanan ini banyak digemari bagi anak-anak maupun orang dewasa, rasa yang lembut dan manis dengan bahan dasar susu dan bisa ditambahkan bahan perasa membuat makanan ini sangat digemari. bagi siapa saja yang ingin membuat es krim dibuat secara sederhana alat-alat yang diperlukan agak banyak karena memerlukan alat listrik.

Alat-alat yang dibutuhkan adalah
  • gelas ukur,
  • timbangan,
  • lemari es,
  • pencampur (mikser), dan
  • alat pembuat (pengaduk) es krim.
Bahan yang diperlukan untuk membuat es krim, yaitu :
  • susu segar = 2,5 liter,
  • kepala susu = 300 ml
  • gula pasir = 800 gram,
  • tepung jagung/ meizena = 800 gram
  • telur ayam = 6 butir
  • gelatin (bahan pemekat) = 2 gram
  • garam = 5-10 gram,
  • zat pewarna makanan (sesuai dengan aroma yang diinginkan), dan
  • esen (vanili, moka, sitrun, strawberi)

Fungsi bahan pada pembuatan susu es krim sebagai berikut.

Setiap bahan dalam pembuatan es krim memiliki fungsi atau manfaat yang berbeda-beda. semuanya akan dapat mempengaruhi hasil akhir es krim. lemak susu akan memberikan rasa dan tekstur serta meningkatkan kenampakan es krim. selain itu, lemak juga merupakan sumber kalori dan lemak pada susu sehingga akan menambah nilai energi pada es krim.

Kepala susu banyak mengandung lemak susu. harganya pun lebih mahal daripada skim, yaitu bagian susu yang tidak mengandung lemak susu. selain sebagai pemanis es krim, gula juga berfungsi menurunkan titik beku dari campuran bahan es krim sehingga es krim tidak membeku pada lemari es. gula untuk pemanis dapat berupa krosa dari gula tebu maupun gula bit atau dekstrosa dari sirup jagung. dapat juga campuran sukrosa dan dektrosa ini dipakai sebagai pemanis.

Gelatin atau gum berfungsi sebagai bahan penstabil es krim. artinya, es krim tidak terlihat berair tetapi akan tampak kompak atau susu merata ke seluruh bagian. di samping itu, gelatin atau gum sebagai bahan penstabil akan memberikan ketampakan es krim lebih kering (mirip krim pada kue) serta memperbaiki tesktur es krim. bahan penstabil itu juga dapat memperkecil ukuran kristal es krim sehingga es krim tampak lebih lembut komposisinya.

Kuning telur merupakan bahan emulsi alam yang baik. bahan pengemulsi ini akan membantu pemecahan lemak susu. dengan demikian, tidak terbentuk gumpalan-gumpalan selama pembekuan dan pencampuran. kuning telur sebagai bahan pengemulsi juga membantu dalam pembentukan tekstur dan kekompakan es krim.

Esens (bahan penambah aroma) sebagai pengharum es krim. bahan pengharum yang sering digunakan yaitu vanili. akan tetapi, dapat juga ditambahkan cokelat, strawberi, nanas, dan rasa buah lainnya. kadang kadang dalam pembuatan es krim, seringkali ditambahkan kacang-kacangan, seperti kacang mede, kenari, atau buah-buahan.


Cara pembuatan es krim

  1. pisahkan kuning telur dari putih telur karena putih telur tidak dipakai dalam pembuatan es krim.
  2. campurkan bahan cair, yaitu susu segar dan kuning telur. kemudian, pertahankan atau simpan campuran tersebut pada suhu 43 derajat celcius (suam-suam kuku)
  3. tambahkan bahan kering (skim, krim, gula dan garam) ke dalam campuran yang hangat tadi, dan lakukan pengadukan sampai semua bahan larut. 
  4. keesokan harinya, campuran/adonan es krim yang sudah didinginkan diaduk lagi dengan pengaduk. kemudian, simpanlah adonan tersebut pada suhu -5,5 derajat celcius di bawah nol derajat selama  kurang lebih 12 jam. proses pembekuan harus cepat. hal itu untuk mencegah pembentukan kristal es yang benar-benar sehingga tekstur es krim menjadi kasar.
  5. kemudian, es krim yang sudah dilakukan pada suhu -5,5 derajat celcius dibawah nol, disimpan lagi pada suhu -34 derajat celcius di bahaw nol dalam lemari es. untuk itu, pengontrolan suhu dalam lemari es harus diatur agar mencapai suhu -34 derajat celcius di bawah nol. tujuan menyimpan es krim pada suhu -34 derajat celcius dibawah nol adalah (untuk memperkuat tesktur es krim agar lebih keras, dan untuk membekukan sisa-sisa air adonan es krim yang belum membeku. 
  6. setelah es krim mengeras maka es krim siap untuk dimakan atau dijuah.

Pengemasan dan penyimpanan es krim

Es krim dapat dikemas dengan menggunakan karton, plastik maupun alat-alat yang terbuat dari plastik. kadang-kadang sebelum dibungkus, es krim dimasukan lebih dahulu ke dalam kerupuk atau kue tipis khusus untuk es krim. es krim harus disimpan dalam lemari es atau kotak es dengan suhu 10 derajat celcius di bawah nol sehingga es krim masih tetap membeku selama dalam penyimpanan.

Pengawetan es krim

Es krim tidak perlu ditambahkan dengan bahan kimia sebagau bahan pengawet. meskipun es krim mengandung nilai gizi yang cukup tinggi karena sudah mengalami pembekuan, jasad renik tidak dapat menyerang es krim. pada suhu di bawah 0 derajat celcius, jasad renik tidak dapat tumbuh. dengan demikian, salah satu cara pengawetannya, yaitu dengan cara pembekuan seperti pada es krim.

Sumber : Ir. Wahyu Handoko

No comments for "Pembuatan es krim sederhana dan enak"