Breaking News

Keindahan Air Terjun Si Piso Piso yang Ikonik

destinasi air terjun si piso piso medan

Di Provinsi Sumatera Utara terdapat satu destinasi wisata yang sangat luar biasa. Namanya adalah Air Terjun SI Piso Piso yang tidak pernah sepi dari pengunjung apalagi saat liburan. Luar biasanya lagi, sarana wisata di sini sudah sangat lengkap sehingga pengunjung akan betah berpelesir ke air terjun. 

Destinasi Air Terjun Si Piso Piso tidak kalah dengan Coban Rondo di Batu Malang Jawa Timur. Air terjun andalan Bumi Karo ini juga berada di tengah alam yang asri dengan aneka flora dan fauna yang ikonik. Makanya, akan sangat rugi sekali kalau Anda ke Sumatera tetapi tidak mampir ke Air Terjun Si Piso Piso. 

Daya Tarik Air Terjun Si Piso Piso

Air Terjun Si Piso Piso merupakan tempat wisata alam yang sangat indah serta memiliki daya tarik yang luar biasa. Curug sendiri berada di tengah hutan pinus yang luas dan rindang. Sungguh tidak bisa membayangkan betapa sejuknya kalau Anda berkunjung ke tempat ini. 

Luar biasanya lagi, Air Terjun Si Piso Piso berjarak cukup dekat dengan Danau terbesar di Sumatera yaitu Danau Toba. Lokasi air terjun yang berada di atas ketinggian membuat Anda juga bisa menikmati panorama Danau Toba di kejauhan. Menurut masyarakat setempat, aliran air terjun nantinya akan masuk ke danau terbesar tersebut. 

Air di Curug Si Piso Piso sangat jernih dan bening. Bahkan, tepat di pertemuan antara air yang turun dari atas dengan air di dasar memancarkan cahaya yang penuh warna. Pengunjung menyebutnya cahaya pelangi abadi yang rugi kalau Anda tidak mengabadikan menjadi angle foto menarik. 

Baca : Wisata taman labirin simalem sumatera utara

Sarana Wisata Air Terjun Si Piso Piso

wisata si piso piso

Karena pengunjung terus bertambah dari waktu ke waktu, maka pemerintah setempat pun mulai menggarap sarana wisata di Air Terjun Si Piso Piso. Selain sudah ada lahan parkir, pengelola juga telah membangun gardu pandang. Yang mana dari sini, pengunjung bisa melihat Danau Toba dari ketinggian. 

Di sekitar curug juga terdapat beberapa warung kuliner berharga murah. Pengunjung bisa mencicipi masakan khas Sumatera sembari duduk santai di atas gazebo yang tersebar di sekitar air terjun. Sedangkan di pintu gerbang destinasi terdapat warung yang berjualan buah tangan dan cindera mata. 

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Si Piso Piso

Air Terjun Si Piso Piso berada di Desa Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara. Kalau Anda berangkat dari Medan, maka rute tercepat ke air terjun adalah melalui Kota Kabangjare. Jaraknya cukup dekat hanya memakan waktu dua jam perjalanan dengan kendaraan darat. 

Jika sudah tiba di kota ini, maka pacu kendaraan ke arah Danau Toba. Jaraknya sudah sangat dekat dan waktu yang Anda butuhkan hanya setengah jam saja. Kalau sudah tiba di sini, maka silakan melihat papan penunjuk jalan atau bertanya kepada masyarakat setempat. 

Baca : Destinasi wisata danau siombak medan

Jam Buka Destinasi Air Terjun Si Piso Piso

Sejatinya Air Terjun Si Piso Piso terbuka selama 24 jam untuk publik. Akan tetapi, pihak pengelola tidak merekomendasikan untuk berkunjung di malam hari, karena alasan keamanan. Apalagi kalau malam, penerangan di sekitar curug sangat terbatas. 

Namun Anda bisa menginap di homestay yang berada di luar pintu gerbang. Di sini suasananya juga sangat asri karena berada tepat di depan barisan hutan pinus yang rindang. Jadi, kalau Anda ingin berkunjung ke air terjun pagi hari, maka menginap saja di rumah peristirahatan tersebut. 

Jadi kalau Anda sedang berkunjung ke Sumatera, jangan lupa mampir ke Air Terjun Si Piso Piso. Dijamin memuaskan dan pasti Anda enggan untuk beranjak pulang. Selamat berlibur dan silakan nikmati sensasinya. 


Penulis : Tini


Type and hit Enter to search

Close