Breaking News

Ide Tanaman Hias di Halaman Minimalis

Untuk mengisi aktivitas selama di rumah, banyak orang-orang yang saat ini melakukan budidaya tanaman hias. Budidaya memiliki banyak manfaat diantaranya adalah mempercantik kebun atau rumah dan dapat memberikan udara yang sejuk. 

Bahkan membudidaya tanaman dapat berdampak pada psikologis seseorang yaitu dapat mengurangi rasa stress dan rasa cemas. Apalagi ketika berinteraksi dengan tamanan hias tersebut seperti menyira, menyentuh, member pupuk dan menikmati keindahannya. 

Apabila uluran rumah kecil biasnya mempengaruhi tamannya sehingga dalam  artikel kali ini akan dibahas mengenai tamanan hias yang dapat dibudidayakan di halamam rumah yang minimalis.

1. Lidah Mertua

tanaman hias lidah mertua

Lidah mertua atau disebut dengan sanseviera adalah tanaman yang cocok ditanam di depan rumah dan tentunya mudah sekali untuk tumbuh. Lidah mertua dapat berfungsi untuk mengilangkan racun, rumah menjadi lembak dan dapat memberikan efek relaksasi. Selain dapat ditanam di depan rumah, lidah mertua juga dapat diletakkan pada kamar tidur karena pada malam hari lidah mertua dapat melepaskan oksigen.

2. Lili Paris

Lili Paris juga disebut dengan spiner plant  kadang juga ada yang menyebutnya sebagai bunga perdamaian. Manfaat dari tanaman ini adalah dapat meningkatkan aliran energi di rumah dan dapat mengurangi polusi. Tanaman ini cukup mudah dalam penanam dan perawatannya.  

3. Gelombang Cinta

Tanaman ini pernah menjadi tanaman termahal dan banya digemari oleh masyarakat karena memiliki daun yang bergelombang dan warnanya hijau mengkilap.  Cara perawatan gelombang cinta pun cukup mudah yaitu dengan menyiramnya secara .

4. Anggrek

Tanaman anggrek merupakan tanaman yang banyak digemari oleh masyarakat. Jenis anggrek yang paling popular adalah cattleya, dendrobium, dan anggrek bulan. Media tanam anggrek dapat berupa arang, pakis, potongan kayu, sabuk kelapa atau arang.

5. Kamboja Jepang

Istilah lain dari kamboja jepang adalah tanaman adenium. Tumbuhan ini berbungga dalam jangka waktu yang lama akan tetapi sekali berbunga biasabnya banyak dan cantik. Tumbuhan ini juga dapat memiliki banyak cabang apabila kita sering memangkasnya. Harga kamboja jepang cukup murah yaitu berkisar 30 ribu ke bawah.

6. Stephania

Karena tamanan ini mirip dengan kentang maka banyak yang menyebutnya sebagai tanaman kentang. Tanaman ini memiliki harga yang cukup mahal. Jenis stephania yang popular di Indonesia yaitu nova, erecta dan suberosa. Menanan stephania harus memiliki sikap yang sabar dan harus terus belajar mengenai media tanam yang tepat untuk jenis tanaman ini.

7. Palem

Tanaman palem memiliki banyak ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Daunya menjulang ke atas yang mempunyai fungsi untuk menyerap zat kimia negative. Perawatan tanaman palem dapat dilakukan dengan cara menyiram 3-4 kali dalam seminggu, hal tersebut tentunya mudah, Bukan ?

8. Sri Rezeki

Nama latin tumbuhan sri rejeki adalah aglaonema. Karakteristik dari tanaman ini adalah daunnya berwarna corak terang dan guratan yang terlihat jelas. Cara perwatan sri rezeki pun cukup mudah dengan cara menyiramnya dan memberikan vitamin secara berkala

9. Kaktus Mini

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang banyak digemari oleh masyarakat. Kaktus adalah tumbuhan sukulen yang mudah dalam perawatannya. Kaktus ini dapat menyimpan air pada batangnya sehingga memiliki volume air yang cukup besar dan sangat membantu tumbuhan ini untuk bertahan hidup di tempat yang gersang.  Jenis kaktus yang biasa ditanam meliputi kaktus zebra, fairy castle, dan parodia.


Penulis : Anis Nurul A


Type and hit Enter to search

Close