Breaking News

Tips Membiasakan Cuci Tangan Sejak Dini

membiasakan mencuci tangan
Sumber : Pixabay

Hidup sehat diawali dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang terus dilakukan, misalnya kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Terutama di masa pandemi COVID-19 mencuci tangan menjadi hal yang penting untuk kita lakukan.  Dengan kita sering mencuci tangan maka kita juga sedang mengurangi terjadinya penularan penyakit. Bahkan pemerintah pun sudah menginformasikan melalui berbagai media akan pentingnya mencuci tangan sebagai salah satu protocol kesehatan di masa pandemi. Kebiasaan waktu mencui tangan biasanya dilakukan ketika sebelum dan sesudah makan, setelah buang air, setelah bepergian dan aktivitas lain yang sekiranya berhubungan dengan tangan.

Meskipun kebiasaan tersebut terlihat sederhana namun bagi anak-anak mencuci tangan bukanlah hal yang mudah. Mereka hanya sibuk pada aktivitas bermainnya hingga lupa untuk mencuci tangan. Padahal secara sadar maupun tidak sadar akan sering menyentuh hidung, mata  dan mulut. Sedangkan kuman yang masuk ke tubuh melalui pintu hidung, mata maupun mulut dapat merugikan tubuh. Dengan demikian, kita sebagai orang tua hendaknya untuk membiasakan anak-anak kita agar terbiasa dan disiplin dalam mencuci tangan menggunakan sabun. 

Cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak cuci tangan adalah

1. Lakukan Cuci Tangan

Usia anak-anak biasanya suka dengan mengamati dan meniru apa yang dilakukan orang lain. Mulailah kebiasaan mencuci tangan dari diri sendiri. Apabila anak-anak sering melihat kita sendiri mencuci tangan maka kemungkinan besar ia juga akan melakukannya. 

2. Ingatkan Anak untuk cuci tangan

Agar anak terbiasa untuk mencuci tangan maka kita sebagai orang tua juga harus rajin mengingatkan anak untuk selalu mencuci tangan.

3. Buatlah Peraturan di Rumah Anda

Buatlah peraturan di dalam rumah Anda untuk wajib mencuci tangan. Misalnya  ketika akan makan apabila tidak mencuci tangan maka peraturannya tidak boleh makan, kemudian setelah bepergian ketika akan masuk rumah apabila tidak cuci tangan mak peraturannya tidak boleh masuk. Hal tersebut tentunya dapat membuat anak semakin disiplin untuk mencuci tangan menggunakan sabun, bahkan bukan hanya anak-anak tapi juga anggota keluarga yang lain. 

4. Buatlah Cerita Dongeng

Anak-anak biasanya juga senang jika diberikan cerita, terutama saat tidur. Buatlah cerita yang menarik akan pentingnya cuci tangan dan bahayanya apabila kita tidak disiplin cuci tangan. Apabila menyampaian tersebut dikemas dalam cerita maka anak akan mudah mengerti dan memahami. Apabila ia tahu berbagai bahaya yang timbul karena tidak mencuci tangan dari cerita tersebut maka ia biasanya takut dan akan selalu mencuci tangan.

5. Cuci tangan dengan bernyanyi

Cara lain yang dapat kita lakukan untuk mengajarkan anak disiplin mencui tangan adalah ajak cuci tangan dengan bernyanyi lagu-lagu kesukaan anak. Dengan bernyanyi anak akan menjadi senang dan tidak menjadikan cuci tangan sebagai beban yang menghalangi anak  ketika ingin melakukan berbagai hal. Lagu-lagu tersebut dapat diulang agar anak tidak buru-buru. 

6. Sediakan sabun yang menarik

Saat ini sabun tersedia dengan berbagai macam bentuk yang menarik. Carilah bentuk yang disukai oleh anak sehingga membuat anak rajin mencuci tangan dengan sabun. Hal tersebut dirasa lebih efektif karena anak-anak suka hal-hal yang menatrik misalnya bentuk boneka, bentuk hewan dan juga bentuk-bentuk lain yang menarik.

Hal itu yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk membiasakan anak kita suka mencuci tangan menggunakan sabun. Biasakan pola hidup sehat sedini mungkin agar kita terhindar dari berbagai kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Penulis : Anis nurul


Type and hit Enter to search

Close