Peristiwa PKI madiun 1948

Partai Komunis Indonesia adalah sebuah partai politik di Indonesia yang telah bubar. PKI adalah partai komunis non-penguasa terbesar didunia setelah Uni soviet dan tiongkok.

Ilustrasi peristiwa 1948 madiun. mediaindonesia.com

Sejak itu, yang pada akhirnya dihancurkan pada tahun 1965 dan dinyatakan sebagai partai terlarang pada tahun berikutnya dan sampai saat ini.

Pada kongres ISDV di semarang mei 1920, nama organisasi dirubah menjadi Perserikatan Komunis di Hindia (PKH). 

Semua adalah ketua partai dan Darsono menjabat sebagai wakit ketua. Sekretaris, bendahara dan tiga dari lima anggota komite adalah belanda. PKH adalah partai komunis pertama di asia yang menjadi bagian dari Komunis Internasional.

Peristiwa di Madiun 1948 setelah penandatanganan perjanjian Renville, dan hasil kesepakatan perundingan Renville dianggap menguntungkan belanda. 

Sebaliknya, Indonesia menjadi pihak yang dirugikan dengan semakin sempit wilayah yang dimiliki. Hal ini memberikan beberapa keyakinan Indonesia bahwa mereka mampu menandingi secara militer.


Unit gerlnya dan milisi dibawah pengaruh PKI diperintahkan untuk membubarkan diri. Di Madiun kelompok militer PKI menolak untuk pergi dan pelucutan senjata dari para anggota yang dibunuh pada bulan September pada bulan yang sama. 

Pembunuhan itu memicu pemberontakan kekerasan. Hal ini memberikan alasan untuk menekan PKI. 

Hal ini diklaim oleh sumber-sumber militer bahwa PKI telah mengumumkan proklamasi "Republik Soviet Indonesia".

Pada tanggal 18 september dengan menyebut Musso sebagai presiden dan Amir Syarifuddin sebagai perdana menteri. Pada saat bersamaan PKI mengecam pemberontakan dan meminta tenang.

Pada tanggal 30 september Madiun di ambil alih oleh TNI di Divisi Siliwangi. Ribuan kader partai terbunuh dan 36.000 orang dipenjara. 

Di antara beberapa pemimpin di eksekusi termasuk Musso yang dibunuh pada 31 Oktober saat tertangkap di Desa Niten kecamatan Sumorejo, Ponorogo. 

Diduga ketika Musso melarikan diri dari penjarn. Rekontruksi partai dimulai pada tahun 1949. dikutip peristiwa PKI madiun wakipedia.


No comments for "Peristiwa PKI madiun 1948"