Fenomena Gerhana Stroberi hiasi langit ahir pekan

Di akhir pekan ini, di langit Indonesia akan mengalami fenomena Gerhana Penumbra atau yang di sebut Gerhana Stroberi. di negara barat, bulan purnama pada bulan juni dikenal dengan julukan gerhana stroberi.
Ilustrasi gerhana bulan. Pixabay

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyebutkan Gerhana Penumbra akan terjadi besok 6 juni 2020. Gerhana Penumbra akan dimulai pada jam 00,45 WIB. Fenomena Gerhana ini akan berada dipuncaknya pada jam 02.24 WIB dan selesai pada jam 04.04 WIB.


Julukan Gerhana Stroberi sendiri di berikan oleh suku Algonquin yang merupakan suku pribumi Amerika Serikat. Nama itu berkaitan dengan tanda musim panen buah Stroberi di kawasan timur laut Amerika Serikat. Ini merupakan musim panen yang relatif singkat.

Fenomena bulan purnama atau yang disebut juga Gerhana Stroberi ini bisa dilihat pada hari jum'at sore (5/6/2020) waktu Amerika Serikat dan Sabtu (6/6/2020) di Indonesia.

Ketika Gerhana Stroberi terjadi, 57% cahaya matahai akan tertutup banyangan penumbra Bumi. Sehingga, cahaya Bulan Purnama di momen fenomena ini tidak secerah biasanya, seperti dilansir Forbes.

Sebetulnya nama Gerhana ini memiliki julukan lain seperti bulan Mawar, bulan Mead atau bulan Madu.

Sebutan bulan Mead adalah digunakan oleh bangsa Eropa dulu. Arti Mead adalah minuman yang terbuat dengan teknik fermentasi madu yang dicampur dengan air lalu dicampur dengan buah-buahan, rempah biji-bijian. Di negara lain Mead di namakan sebagai anggur madu.

Dari segi budaya gerhana bulan mempunyai mitos yang berkaitan dengan terjadinya petanda baik dan buruknya. Orang mesir melihat gerhana sebagai induk babi yang menelah bulan untuk waktu yang singkat, senemtara budaya lain melihat gerhana bulan bagaikan bulan ditelan hewan lain, seperti jaguar datal tradisi suku Maya, atau katak berkaki tiga di Cina. 

Beberapa masyarakat itu adalah iblis yang menelan bulan, dan mereka bisa mengusirnya dengan cara melemparkan batu dan mengutuknya. Orang-orang yunani berada di depan waktu mereka ketika mengatakan bahwa bumi bulat dan menggunakan bayangan dari gerhana bulat tersebut sebagai bukti. beberapa orang hindu percaya bahwa pentingnya mandi di sungai gangga setelah gerhana terjadi karna itu akan mendapatkan keselamatan.

Sumber : cnnindonesia.com dan wakipedia.com


No comments for "Fenomena Gerhana Stroberi hiasi langit ahir pekan"