Breaking News

Cara menanak nasi yang enak

Ilustrasi beras enak,pulen, dan harum. Pixabay

Cara menanak nasi yang enak dan tidak mudah basi tentunya adalah yang kita harapkan, tetapi sering sekali kita temui nasi yang lembek dan cepat sekali basi atau bau, meskipun beras yang kita masak tersebut berasal berasal beras yang baik.

Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi jika kita telah mengetahui cara memasak nasi yang baik sehingga nasi menjadi enak dan tidak mudah basi. Caranya sangat mudah, yaitu dengan sebagai berikut.
  1. Cucilah berasnya sampai bersih, kemudian dimasak dengan menggunakan panci. Setelah mendidih atau airnya habis atau nasi sudah setengah masak maka panci diturunkan.
  2. Isilah panci serba guna dengan air sampai batas dan ditutup, kemudian dimasak sampai airnya mendidih.
  3. Sebelum nasi dituangkan ke dalam panci serba guna, pada tutup panci yang berlubang-lubang itu yang terletak di dalam panci diberi alas kain atau beberapa lembar daun pisang, baru nasi yang setengah matang tersebut dimasukkan ke dalam panci serba guna dan ditutup.
  4. Tunggulah nasi tersebut sampai masak. Hasilnya tidak akan mengecewakan karena kita akan memperoleh nasi yang enak dan tidak mudah basi.


Bagaimana jika yang akan kita masak berasnya kurang bagus, bau apek, dan rasanya tidak enak serta hambar, sedangkan yang kita inginkan adalah nasi yang enak rasanya dan tidak mudah basi. Harapan ini dapat tercapai apabila kita mau melakukan hal sebagai berikut.
  1. Bilasan air untuk mencuci beras diambil setengahnya, kemudian air tersebut diberi satu sendok makan kapur sirih, lalu diaduk di dalam air bilasan tersebut.
  2. Beras yang akan dimasak direndam terlebih dahulu di dalam campuran atau larutan tersebut selama kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu beras yang sudah direndam dibilas atau dicuci dengan air bersih sampai bersih.
Maka dengan cara menanak nasi yang enak ini kita akan memperoleh nasi yang pulen, enak dan harum baunya. Selamat mencoba dan terimakasih.

Sumber : Ir. Tutik. N. Sutarto, M.P. Ir. Sutarto

Type and hit Enter to search

Close