Breaking News

Belajar dirumah


Di tengah terjadinya wabah COVID 19 di Indonesia, Belajar mengajar biasanya dilakukan di Sekolah sekarang dilakukan dirumah. Selain itu, masalah yang perlu diperhatikan adalah siswa kesulitan dalam pelajaran yang harus membutuhkan penjelasan dari gurunya terutama untuk pelajaran Matematika. 


Dalam kondisi seperti ini kita paham bahwa kebijakan Pemerintah yang dipatuhi. Siap tidak siap, berbagai upaya untuk menerapkan pembatasan sosial harus dilaksanakan untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas. Antara lain menerapkan belajar dirumah. 

Pada tanggal 12 maret 2020 kemendikbud menerbitkan surat edaran terkait pencegahan dan penanganan COVID 19. Yang pertama surat edaran nomor 2 tahun 2020 tentang pencegahan dan penanganan virus COVID 19 di lingkungan kemendikbud. Ke dua surat edaran no 3 tahun 2020 tentang pencegahan COVID 19 pada satuan pendidikan yang beri isi langkah-langkah pencegahan berkembangnya virus COVID 19 di lingkungan satuan pendidikan

Ada beberapa cara untuk meningkatkan belajar dirumah yaitu.

1. Cara mengajari anak belajar dirumah

Orang tua siswa pun dilibatkan dalam program ini, agar mereka juga patuh tidak keluar rumah kalau tidak sangat penting selama wabah penyebaran COVID-19 ini. Meskipun siswa tidak bisa bertatap muka, Guru sudah mempersiapkan pelajaran yang akan disebarkan melalui aplikasi grup di Hp yang telah disepakati bersama.

Tugas yang diberikan kepada siswa dan dipantau oleh orang tua apa yang dikerjakan oleh anak tersebut. Tugas yang diberikan melalui aplikasi grup whatsapp. dan hasil pekerjaan belajar juga di berikan melalui grup tersebut.

Cara belajar dirumah ternyata meningkatkan antusias siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Setiap harinya guru dan orang tua melaporkan perkembangan belajar dirumah.

Yang menarik, adanya kegiatan belajar dirumah ini membuat orang tua yang enggan dalam berkomunikasi kini antusias. diharapkan kedepan orang tua dan sekolah bekerja sama dalam pembelajaran lebih tinggi.

Penugasan yang diberikan oleh guru juga disesuaikan dengan kompetensi dasar yang penting relevan dengan tujuan pembelajaran yang dicapai. bisa juga tugas yang dikerjakan yakni membersihkan rumah seperti menyapu, cuci piring dan mengepel rumah.


2. Cara belajar dirumah yang efektif

Yang perlu dilakukan bagaimana cara membuat belajar yang nyaman. Ada banyak  cara bagaimana membuat mood cara belajar diantaranya mendengarkan musik, atau dengan gaya belajar yang kita sukai sendiri. 

Merangkum pokok pelajaran mencacat pokok pelajaran, ambil intisari poko pelajaran tersebut fungsinya agar mudah untuk mengingatnya dan mudah untuk memahami pelajaran tersebut.

Mengerjakan tugas dengan kerja kelompok, metode ini dikatkan metode yang paling efektif karna dalam suasana belajar kelompok cukup santai dan otak menjadi rileks sehingga pelajaran mudah diserap. Selain itu pelajaran yang sulit bisa dipecahkan bersama dengan mudah. 

Belajar sambil praktik, hal ini dilakukan agar cara belajar tidak bosan. Misalnya, pelajaran IPA tentang mengenal hewan dan tumbuh-tumbuhan. dengan cara pembelajaran seperti ini membuat pelajaran mudah dimengerti.

Belajar rutin tetapi tidak perlu lama-lama. hal ini dilakukan supaya apa yang kita pelajari tidak lupa, cukup 45 menit sampai 1 jam. Belajar dilakukan pagi hari dan sore. cara ini sangat efektif dan pikiran kita juga tetap dalam keadaan rileks.

Memahami pelajaran tetapi bukan menghafat adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri kita ingat ketika ujian. Menghafat bukan hal yang salah tetapi kurang efektif. 

Type and hit Enter to search

Close