Breaking News

Cara membuat karamel susu sederhana dan enak


Karamel susu merupakan hasil olehan susu yang berbentuk seperti manisan. rasanya manis tetapi tekstur lebih lunak dibandingkan dengan permen jenis lainnya. karamel susu dibuat menaikkan nilai ekonomis susu segar. kadang-kadang apabila hendak menjual susu segar ke werung atau tempat penjualan pedagang kali lima, susu kita tidak diterima karena masih belum diberi campuran bahan lain seperti air, air beras, atau santan. jadi, susu segar tadi dapat dimanfaatkan menjadi karamel susu.

Cara membuat karamel susu tidak begitu sulit, cukup dengan menggunakan alat yang sederhana. selama proses pembuatan karamel, kita perlu memperhatikan sifat-sifat susu segar.

Alat-alat yang dipakai untuk membuat karamel susu, yaitu.

  • wajan/penggoreng,
  • pengaduk kayu,
  • kompor/pemanas,
  • termometer,
  • loyang berukuran p x l x t (30 x 20 x 2 cm),
  • pisau antikarat,
  • kertas minyak,
  • gelas ukur,
  • timbangan, dan
  • penggaris.

Bahan-bahan yang dipakai, antara lain.

  • susu segar,
  • cokelat bubuk,
  • gula putih atau gula merah, dan pengharum.

Cara membuat karamel susu sebagai berikut.

  1. mula-mula ukurlah susu segar sebanyak 5 liter.
  2. tambahkan gula putih atau gula merah, kurang lebih 2-3 kg. apabila menggunakan gula putih, pilihlah gula yang bersih dan putih warnanya. penggunaan gula merah untuk memperoleh rasa karamel susu seperti gula merah. untuk itu, pilihlah gula yang bersih, tidak mengandung kotoran.
  3. apabila gula yang digunakan kurang bersih campulah gula ke dalam susu segar dan aduklah terus sampai larut. kemudian, campuran gula dan susu ini disaring.
  4. masaklah campuran susu dan gula yang bebas dari kotoran di atas api sedang. selama pemasakan, campuran itu harus diaduk terus menerus agar tidak gosong. apabila bagian bawahnya gosong maka karamel susu akan berbau sangit dan agak pahit.
Suhu pemanasan diperhatikan antara 60-70 derajat celcius. hal itu dimaksudkan agar larutan gula dan susu tidak pecah protein susunya. jadi, selama pemanasan dijaga terus apinya agar susu tidak sempat mendidih. apabila larutan gula dan susu mendidih protein susu akan pecah dan lemak susu akan keluar. akibatnya, karamel susu tidak dapat dipotong dan tekstur akan lembek/meleleh. pemanasan dihentikan apabila campuran gula dan susu membentuk gulali atau sulit menetes apabila dituang.
  • apabila ingin memperoleh karamel susu dengan rasa cokelat atau buah-buahan, sebelum pemanasan ditambahkan bahan pembentuk aroma.
  • penambahan bubuk cokelat akan diperoleh karamel susu yang berwarna cokelat dengan rasa cokelat. sebelum cokelat dicampur ke dalam  susu segar, sebaiknya cokelat bubuk dilarutkan dengan air panas. perbandingan cokelat bubuk dan air panas = 2:1. setelah larut  dan dingin, cokelat barulah dicampurkan ke dalam susu segar. cokelat bubuk itu dapat juga diganti dengan pasta cokelat. apabila yang digunakan pasta cokelat, cokelat tidak perlu dicairkan lebih dahulu.
  • apabila akan digunakan pembentu aroma yang memiliki rasa buah-buahan maka cara menambahkan aroma itu seperti bila menambahkan cokelat pasta, yaitu sebelum dilakukan pemanasan.
5. setelah pemanasan dilakukan gulali susu tersebut dicetak dalam loyang. sebaiknya, sebelum gulali mulai dicetak, loyang diolesi mentega atau minyak pada bagian permukaan.

6. lakukan pendinginan dengan cara mendiamkan gulali susu/karamel susu dalam loyang. tanda-tanda pendinginan selesai, yaitu karamel susu dapat dipotong dengan pisau yang sudah diolesi minyak goreng atau mentega.

7. setelah dingin karamel susu dipotong-potong dengan ukuran panjang 2- 2,5 cm, lebar 1- 1,5 cm, dan tinggi 1- 1,5 cm. sebelum pemotongan dilakukan, pisau antikarat diolesi dengan minyak goreng.

8. setelah dipotong-potong. karamel susu dikemas atau dibungkus. pengemasan karamel susu dapat menggunakan kertas minyak. karamel susu dikemas satu persatu. apabila akan dijual, karamel susu dapat juga dikemas dalam kantong plastik. pengemasan dalam kantong plastik hendaknya ditata rapi sehingga tampak lebih menarik. isi kemasan dalam kantong bisa 10-50 bungkus karamel susu.

Baca juga : Cara membuat yoghurt

kadang-kadang, pengemasan bergantung pada. permintaan konsumen, harga jual, dan besar atau kecilnya kantung plastik.

sumber Ir. Wahyu Handoko 

Type and hit Enter to search

Close