Breaking News

Daun sirih penawar racun lebah


Sirih termasuk tanaman menjalar. Cara menanamnya tidak sukar yaitu potonglah di bawah ruas tangkai sirih yang berakar kemudian tanamkan pada tanah yang cukup gembur. Lalu disiram setiap pagi dan petang.

Manfaat daun siri.
  1. Penawar racun lebah. Apabila terkena sengatan lebah, ambillah beberapa daun sirih, remas-remaslah dan gosokkan pada bagian yang terkena sengatan lebah.
  2. Obat pencuci mata. Ambil 3 helai daun sirih, rebuslah dengan 1 liter air hingga mendidih beberapa waktu kemudian biarkan sampai dingin. Kemudian bisa dipakai untuk mencuci mata.
  3. Obat kumur. Rebuslah 10 helai daun sirih dengan 1 liter air sampai memdidih beberapa saat kemudian biarkan sampai dingin. Air tersebut bisa dipakai berkumur untuk menyembuhkan sakit gigi dan tenggorokan.
  4. Obat penyakit kudis. Jumlah daun sirih yang direbus antara 10 sampai 15 lembar. Kemudian disebus 1 liter air. Jika air sudah dingin cucilah kudis dengan air sirih tersebut. Agar cepat sembuh, hendaknya sering dicuci.
  5. Hidung berdarah mimisan (jawa). Gulunglah selembar daun sirih dan masukkan ke lubang hidung yang berdarah. Gulungan daun sirih itu hendaknya dibentuk seperti corong.
  6. Menguatkan gigi. Dulu banyak sekali ditemui orang makan daun sirih (nginang, bahasa jawa). Daun sirih dimakan bersama dengan gambir, pinang, dan kapur. Hal ini sebenarnya baik sekali buat kesehatan gigi. Namun, warna air liur menjadi merah dan warna gigi lambat laun menjadi merah kehitam-hitaman, kadangkala menjadi hitam sama sekali. Padahal, orang masa kini menyukai warna gigi yang putih bersih sehingga kebiasaan memakan daun sirih secara berangsur-angsur mulai ditinggalkan dan langka sekali kita jumpai orang memakan daun sirih.


Type and hit Enter to search

Close