Tumbuh-tumbuhan Adas/ Manfaat Tanaman Adas




Kegunaan :
Buah Bermanfaat untuk mengatasi sakit perut (mules). perut kembut, rasa penuh di lambung, mual, muntah, diare,sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan, batuk berahak, sesak napas (asma), batuk berdahak, haid (nyeri haid, haid tidak teratur), air susu ibu (ASI) sedikit, putih telur dalam kencing (proteinuria), susah tidur (insomia), buah pelir turun (orchidoptosis), usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis), pembengkakan saluran sperma (epididimis), penimbunan cairan di dalam kantung buah zakar (hidrokel testis), mengurangi rasa sakit akibat batu dan membatu menghancurkannya, rematik gout, dan keracunan tumbuhan obat atau jamur.

Daun berkhasiat mengatasi batuk, perut, koilk, rasa haus, dan meningkatkan penglihatan.
Cara Pemakaian :
Buah adas sebanyak 3-9 g direbus, atau buah adas digiling halus, lalu diseduh dengan air mendidih untuk diminum sewaktu hangat, daun dimakan sebagai sayuran atau direbus, lalu diminum.
Pemakaian luar, buah kering digiling halus lalu digunakan untuk pemakaian pada sariawan, sakit gigi, sakit telinga, dan luka, minyak adas juga dapat digunakan untuk menggosok tubuh anak yang masuk angin.

Nama Latin dari jenis tumbuhan ini F officinale all, Anethum, bangsa Umbellales, turunan Umbelliferrae / Apiaceae, marga Feoniculum, Jenis Feoniculum vulgara mill.

Nama Daerah jenis tumbuhan ini Das Pedas, Adeh manih, Adas, Adase.
Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

No comments for "Tumbuh-tumbuhan Adas/ Manfaat Tanaman Adas"