Breaking News

Kue bangkit khas siak





Kue Bangkit

kue bangkit merupakan salah satu kue tradisional khas daerah Siak yang masih  tetap lestari sampai sekarang. kue bangkit menjadi salah satu kue khas yang biasanya disajikan pada momen hari raya idul fitri. warna kue bangkit putih kekuningan dan biasanya diberi hiasan berwarna merah di atasnya. tekstur kue bangkit sangat halus dan gampang remuk. kue bangkit akan lumer di dalam mulut dan mempunyai rasa yang renyah ketika dikunyah.

bahan utama untuk membuat kue bangkit ini adalah tepung tapioka, telur, gula halus, santan, daun pandan, dan pewarna makanan untuk menghias.

untuk membuatnya, mulai dengan penyaringan tepung bersama dengan daun pandan selama kurang lebih 75 menit dengan menggunakan api sedang sampai tepung terasa lebih ringan dan menguning kemudian angkat dan dinginkan. kemudian alasi loyang dengan menggunakan margarin dan panaskan oven bersuhu 160 derajat. setelah itu, kocok kuning telur sampai mengembang, kemudian masukkan air santan dan aduk hingga rata. langkah selanjutnya adalah mengayak tepung ke atas wadah yang bersih kemudian tambahkan adonan telur dan gula halus dengan secara bertahap, masukkan sisa santan aduk dengan menggunakan tangan sampai adonan benar-benar kuat untuk dicetak. tidak terlalu kering atau terlalu basah. selanjutnya, giling adonan setebal 1 cm dan dicetak sesuai dengan selera. panggang adonan dalam oven selama 25 menit pada suhu 160 derajat dan untuk menghias bisa menambahkan pewarna di atasnya.

terimakasih semoga informasi ini bermanfaat.


Type and hit Enter to search

Close