Breaking News

Pesona Destinasi Wisata Pulau Satonda

Pesona Destinasi Wisata Pulau Satonda - Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa wisata Dompu, Sumbawa di Nusa Tenggara Barat disebut sebagai surga bagi pecinta alam. 

Ya, provinsi yang satu ini memiliki banyak sekali daerah yang menyimpan keindahan yang sangat luar biasa.  Pulau Satonda merupakan daratan yang terbentuk dari letusan gunung berapi dari dasar laut jutaan tahun yang lalu. 

Pulau Satonda terlihat memukau jika dilihat dari puncak Gunung Tambora. Di sana Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan juga pantai yang bersih. 

Anda juga bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat berbagai terumbu karang yang indah dan fauna dasar laut yang menakjubkan, seperti bintang laut, penyu sisik, dan berbagai ikan hias.

Pulau Satonda Memiliki Danau di Tengah-tengah Pulau

keindahan danau di pulau satonda NTB

Jika Anda pernah mendengar tentang Pulau Kakaban yang terletak di Kepulauan Derawan, maka Pulau Satonda memiliki bentuk pulau yang mirip dengannya, yaitu adanya danau di tengah pulau. 

Bedanya, jika Pulau Kakaban merupakan pulau karang atau atol, maka Pulau Satonda kabarnya terbentuk dari gunung api purba yang meletus. Letusan dahsyat tersebut mengakibatkan terbentuknya kaldera, kemudian terisi air hujan, dan akhirnya membentuk danau.

Baca juga : Pemandian air panas guci

Mitos Pulau yang Terlarang

Keindahan dan pesona pulau ini tidak lepas dari cerita masyarakat sekitar, yaitu tentang pulau yang disebut terlarang. Sebagian orang percaya, pulau ini juga merupakan pulau terkutuk, siapapun tidak boleh menghuninya. 

Menurut cerita, pulau ini merupakan tempat pengasingan seorang putri cantik dari Kerajaan Sanggar yang bernama Putri Dae Minga.

Konon, saat itu Putri Dae diperebutkan oleh banyak orang dari berbagai kerajaan karena pesona wajahnya. Akhirnya memicu perselisihan antar kerajaan. Karena tidak ingin terjadi perkelahian, Raja Sanggar akhirnya mengasingkan putrinya ke Pulau Satonda. 

Mengakhiri depresi, akhirnya Putri memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan menenggelamkan dirinya di Danau Satonda.

Apa Saja Pesona Destinasi Wisata Pulau Satonda?

danau satonde

Sebelum tenggelam, Putri mengeluarkan kutukan sekaligus sumpah terakhirnya. "Tidak ada wanita yang bisa anggun dan cantik pada saat yang bersamaan. Jika dia anggun, maka dia tidak cantik. Jika dia cantik, maka dia tidak anggun".

Sumpah ini ditujukan kepada semua wanita, agar nasib mereka tidak sama dengannya, dan tidak ada lagi gadis tak berdosa yang harus dikorbankan seperti dia.

Selain itu, di pantai pulau ini Anda akan menemukan banyak pohon yang disebut Pohon Kalibuda atau Pohon Harapan. 

Dinamakan demikian, karena menurut masyarakat setempat, pohon ini dipercaya dapat mengabulkan segala permintaan dengan menggantungkan apa saja yang dimilikinya dan memanjatkan doa kepada leluhur dengan mengambil tempat di sekitar pohon.

Baca juga : wisata pantai pulau panjang kabupaten jepara

Lokasi dan Tiket Masuk

Destinasi wisata Pulau Satonda merupakan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini terletak di lepas pantai utara yaitu Pulau Sumbawa. 

Pulau yang satu ini termasuk kedalam wilayah Kabupaten Dompu, 3 kilometer dari Selat Sanggar di Laut Flores dan secara administratif berada di wilayah Desa Nangamiro di Kecamatan Pekat.

Untuk mencapai Pulau Satonda dari daratan, penyeberangannya bisa dari Labuan Kenanga. Dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Biaya retribusinya hanya Rp 10.000, sangat murah dan Anda bisa segera menikmati pemandangan yang sangat indah tentunya. 

Ini adalah fenomena alam yang mengesankan dan oleh karena itu layak untuk dilestarikan dan dilindungi.


Penulis : Nuvita


Type and hit Enter to search

Close