Breaking News

Faktor Penting yang Bisa Mempengaruhi Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar

membakar kalori tubuh

Faktor Penting yang Bisa Mempengaruhi Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar - Jika Anda pernah mengikuti kelas kebugaran di mana detak jantung setiap orang dan perkiraan pembakaran kalori ditampilkan di layar, Anda tahu bahwa statistik ini bervariasi dari orang ke orang. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa, secara umum, pria cenderung membakar lebih banyak kalori daripada wanita.

Berat Badan

Semakin banyak berolahraga, semakin banyak Kalori yang Anda Bakar per sesi. Kalori hanyalah ukuran energi, jadi semakin Anda menimbang, semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan tubuh. 

Dengan kata lain, dari dua orang dengan berat yang berbeda, yang lebih berat akan membakar lebih banyak kalori, karena mereka memiliki pengeluaran energi yang lebih besar saat bergerak.

Orang dengan tubuh yang lebih besar juga cenderung memiliki organ dalam yang lebih besar, yang merupakan faktor penting dalam berapa banyak kalori yang dibakar selama latihan dan istirahat, karena organ-organ ini dan prosesnya membutuhkan energi. Ada hingga 43 persen variasi total pembakaran kalori di antara orang-orang dapat dijelaskan oleh perbedaan ukuran organ dalam mereka.

Baca : Cara menjaga kesehatan tubuh selalu fit

Massa Otot

Disinilah segalanya menjadi sedikit lebih rumit. Seseorang dengan massa otot lebih banyak akan membakar lebih banyak kalori daripada orang lain yang beratnya sama tetapi memiliki lebih sedikit otot. 

Jaringan otot akan membakar jauh lebih banyak kalori daripada jaringan lemak itu sendiri. Namun klaim tentang berapa banyak kalori yang akan dibakar oleh satu pon otot sering dilebih-lebihkan. 

Jenis Kelamin

Umumnya, pria membakar lebih banyak kalori saat istirahat dan saat berolahraga daripada wanita. Tapi tidak ada yang ajaib mengapa hal ini terjadi dan itu karena pria cenderung lebih besar daripada wanita, dan mereka memiliki lebih banyak massa otot daripada wanita dengan usia dan berat yang sama. Pria umumnya membakar 5 hingga 10 persen lebih banyak kalori daripada wanita saat istirahat.

Apa Saja Faktor Penting yang Bisa Mempengaruhi Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar? 

Dan persentase ini biasanya meningkat dengan olahraga dan sementara wanita tentu saja dapat menambah massa otot melalui latihan kekuatan, perbedaan fisiologis berarti bahwa, secara umum, wanita tidak bisa kurus seperti pria. Wanita secara genetik cenderung untuk meletakkan lebih banyak lemak untuk mendukung produksi hormon dan melahirkan anak.

Lemak tubuh penting untuk fungsi seperti menyimpan energi, melindungi organ dalam, dan mendukung fungsi utama seperti pertumbuhan, kekebalan, produksi hormon, reproduksi, dan metabolisme. 

Pria membutuhkan setidaknya 2 hingga 5 persen lemak tubuh untuk menunjang kesehatan, sedangkan wanita membutuhkan minimal 10 hingga 13 persen. Jumlah minimum ini mungkin tidak cukup. 

Baca : Garam baik untuk wajah

Meskipun tidak ada rekomendasi resmi untuk persentase lemak tubuh yang optimal, studi yang paling banyak dikutip tentang topik tersebut menyatakan bahwa kisaran sehat untuk orang dewasa di bawah usia 40 adalah 8 hingga 20 persen untuk pria dan 21 hingga 33 persen untuk wanita. Konon, hubungan antara kesehatan dan lemak tubuh itu kompleks dan tidak sepenuhnya dipahami.

Alih-alih mengkhawatirkan bagaimana berhubungan saat melahirkan Anda memengaruhi pembakaran kalori Anda, fokuslah pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan. Intinya adalah bahwa pria dan wanita harus fokus pada pembentukan otot dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Itulah ulasan tentang faktor penting yang bisa mempengaruhi banyaknya Kalori yang Anda Bakar. Semoga bermanfaat.


Penulis : Novita


Type and hit Enter to search

Close